bannersss


5 Kesalahpahaman Orang Terhadap Kaum Gypsy

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Gypsy, merupakan nama suatu kaum yang juga dikenal dengan nama Romani. Mungkin Anda mengenalnya dari tampilan sebuah film-film barat yang banyak menyebarkan persepsi stereotipe (pandangan subyektif) terhadap mereka (gypsy). Di beberapa film barat anak-anak gypsy digambarkan sebagai anak naka, aneh, kemudian pemudanya dianggap penggoda perempuan dan pencuri, sementara perempuanya hanyalah berprofesi sebagai cenayang ataupun tukang ramal. Nah sekarang uniknya.com, merangkum 5 kesalahpahaman orang terhadap kaum gypsy atau Romani:

 

1. Mengenalkan Budaya Kebebasan

 

[spoiler]

Mengenalkan Budaya Kebebasan (Image by SCOTT HEPPELL / AP,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Romantisasi potret kehidupan kaum gypsy yang terlihat bebas, memisahkan diri dari tatanan norma dan nilai masyarakat sekitar. Mereka hidup berpindah-pindah dengan menggunakan kereta dan melakukan apapun yang mereka inginkan. Namun hal tersebut tidak semuanya benar, pada kenyataannya di benua Eropa para gypsy seringkali dipaksa untuk tinggal di luar kota atau bahkan di daerah kumuh sekalipun. Mereka pun dipersulit untuk mendapatkan kependudukan dan hak seperti warga masyarakat lainnnya. Padahal seandainya mereka diberikan hak dan kewajiban yang sama, mereka akan baik-baik saja.

 

2. Tidak Berpendidikan

 

[spoiler]

Tidak Berpendidikan (Image Via: thegypsychronicles.net,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Di berbagai tempat yang dipadati oleh populasi Romani (gypsy), seperti Cheska (Rep.Ceko), mereka mendapatkan diskriminasi di dalam bidang pendidikan. Bahkan sebanyak 65-75% anak – anak para Romani harus mendapatkan pedidikan di ‘sekolah khusus’ sebelum beranjak remaja, walaupun sebenarnya tidak ada peratura yang membenarkan adanya diskriminasi secara genetis.

 

3. Mereka Dapat Meramal

 

[spoiler]

Mereka Dapat Meramal (Via: guardian.co.uk,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Walaupun ada benarnya bahwa beberapa perempuan gypsy mendapatkan uang dari pekerjaan mereka sebagai seorang peramal. Namun tidak semua perempuan dan lelaki hanya mampu bekerja dengan cara demikian, tidak di era milenia saat ini. Dari mereka bahkan sukses dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang jurnalisme.

 

4. Gaya Berpakaian yang Buruk

 

[spoiler]

Gaya Berpakaian yang Buruk (Source: yourenotspecialbecause.files.wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kebanyakan orang berpikir kaum gypsy merayakan halloween di sepanjag tahun, hal ini disebabkan karena gaya berpakaian mereka. Aksesoris mereka yang mencolok seperti kalung rantai emas, gigi emas dan celana baggy, semua mereka gunakan sehingga terlihat bertabrakan (mismatch). Namun demikian gaya pakaian mereka menginspirasi orang-orang di sekitarnya, bahkan ketika beberapa dari mereka sudah berbusana lebih modern dan dinamis mengikuti tren. Gypsy di Amerika sudah tidak berpakaian konvesional lagi, sebagaimana para pendahulunya.

 

5. Menikah Muda

 

[spoiler]

Menikah Muda (Image by Christopher Furlong / Getty Images,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Bagi kaum Romani (gypsy), keluarga adalah nomor satu. Namun satu hal yang paling banyak disalahpahami adalah pernikahan mereka, ada anggapan bahwa kaum gypsy banyak melakukan pernikahan di usia muda. Sebenarnya, walaupun pernikahan mereka diatur oleh masing-masing keluarga (dijodohkan), tetapi pernikahan tersebut dilakukan setelah mereka dewasa –tradisi tersebut terdapat pada kaum gypsy yang tinggal di Amerika Utara, namun lebih umum lagi terdapat di dalam kebudayaan Indian dan beberapa subkontinen lainnya. Selain itu, ‘promiscous’ (hubungan sedarah) tidaklah benar, mereka tidak menikah sesama anggota keluarga dekat mereka. Bahkan para kaum lelaki dan perempuannya tidak diperbolehkan untuk memperlihatkan kakinya di depan umum. (**)

 

Sumber: Buzzfeed.com, uniknya.com, Juli 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com