5 Maskot Olimpiade yang Unik (Bagian – II Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Pesta Olimpiade Musim Panas 2012, akan segera berlangsung di Kota London, Inggris. Perhelatan pesta olahraga empat tahunan yang diikuti oleh banyak negara di dunia, secara antusias para olahragawan-olahragawati menanti perhelatan ini dan mengikutinya dengan penuh bangga, karena mewakili harga diri dan kebanggaan bangsa dan negaranya.

Satu yang selalu ada dalam perhelatan olimpiade selain api abadi selama pesta berlangsung, adalah kehadiran maskot. Ia menjadi ciri, penanda pernah diadakannya sebuah pesta bergengsi di sebuah negara, selain itu ia juga menjadi duta wisata dan budaya yang mewakili negaranya. Berikut uniknya.com merangkum 5 maskot olimpiade yang unik (bagian 1):

 

1. Izzy

 

[spoiler]

Izzy (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Izzy mungkin salag satu maskot yang paling mengundang rasa penasaran. Untuk kali pertama Izzy diperkenalkan setelah Olimpiade 1986 di Bacerlona berakhir, dan diberi nama “Whatizit”. Maskot ini diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama DESIGNefx, maskot ini kemudian mengalami beberapa perubahan, hingga akhirnya digunakan sebagai maskot olimpiade yang berlangsung di Atlanta, Georgia. Sosok Izzy tidak mewakili dan berhubungan dengan nasionalisme ataupun budaya masyarakat Amerika Serikat. Bahkan bentuk Izzy pun sulit untuk disimpulkan, sesuatu yang bernuansa era komputer dan digital, ataupun sesuatu yang menandakan era silikon?

 

2. Hakon dan Kristin

 

[spoiler]

Hakon dan Kristin (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Hakon dan Kristin adalah sosok anak-anak Norwegia yang menjadi maskot Olimpiade Musim Dingin 1994 di Lillehammer. Keluguan mereka sebagai anak-anak tidak dapat disembunyinkan –mengajak bersalaman, tersenyum dan melambaikan tangan. Hakon dan Kristin tampil dengan busana khas kaum Viking yang mendiami daratan sebagian besar Skandinavia, kehadiran mereka meluluhkan citra seorang lelaki Viking yang terkenal tangguh, seram, kasar dan brutal.

 

3. Magique

 

[spoiler]

Magique (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pada 1992 ketika berlangsung Olimpiade Musim Dingin di Albertville, Perancis, hadirlah Magique sebagai maskot yantg menyimbolkan imajinasi, impian dan ide-ide untuk mendapatkan cita-cita yang luhur. Magique adalah hantu salju, tubuhnya merupakan perpaduan antara burung dan manusia. Bahkan dikabar Magique merupakan sosok yang lebih banyak dipilih untuk mewakili Perancis, dibandingkan Chamois (kambing gunung).

 

4. Hidy dan Howdy

 

[spoiler]

Hidy dan Howdy (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Nama kedua maskot ini, lebih popular dan mudah untuk diingatkan serta diucapkan. Hidy dan Howdy merupakan sebuah sapaan yang dilakukan oleh para cowboy (masyarakat pedesaan Amerika), mereka mewakili keramahan peradaban budaya masyarakat barat yang ada di Kanada. Pasangan maskot ini meramaikan Olimpiade 1988 di Calgary, sosoknya mernyerupai beruang cokelat. Namun lucunya baik jantan dan betinanya tidak dapat dibedakan secara fisik, karena betina seperti jantan yang menggunakan celana perempuan.

 

5. Schneeman si Manusia Salju

 

[spoiler]

(sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Ketika Kota Innsbruck, Austria menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin 1976, mereka pun membutuhkan maskot yang bisa mewakili kebanggaan dan harga diri negaranya. Memanfaatkan musim dingin yang sedang berlangsung, pihak penyelenggara pun membuat maskot berupa orang-orangan salju/manusia salju yang menggunakan topi cowboy, maskot tersebut kemudian diberi nama Scheenman. Makna yang ingin disampaikan oleh Scheenman ini adalah kesederhanaan. (**)

 

Sumber: listverse.com, uniknya.com, Juli 2102.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com