5 Mesin Raksasa yang Pernah Dibuat (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Keajaiban teknologi, telah mampu menciptakan mesin-mesin “gigantisme” yang pernah dibuat oleh manusia. Mesin-mesin ini dibuat berdasarkan kebutuhan manusia untuk mengefisienkan pekerjaan dalam suatu bidang tertentu. Misalnya di bidang pertambangan dan teknologi ruang angkasa. Berikut uniknya.com, sajikan 5 mesin raksasa yang pernah dibuat:

 

1. Terex 33-19 “Titan”

TEREX 33-19 “Titan” adalah truk angkut yang dirancang oleh Divisi TEREX General Motors dan dirakit di General Motors Divisi Diesel London pada tahun 1973. Hanya satu jenis 33-19 yang pernah diproduksi dan itu adalah yang terbesar, kapasitas truk angkut tertinggi di dunia selama 25 tahun lamanya. Setelah 13 tahun masa penggunaan, 33-19 dipensiunkan dan sekarang sebagai obyek wisata di Sparwood, BC, Kanada.

 

[spoiler]

Terex 33-19 "Titan" (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Caterpillar 797

Caterpillar 797 adalah truk angkut mekanik powertrain yang dikembangkan dan diproduksi di Amerika Serikat oleh Caterpillar Inc khusus untuk penambangan produksi tinggi dan aplikasi konstruksi berat di seluruh dunia. Dalam produksi sejak tahun 1998, seri 797 merupakan Caterpillar terbesar, yang juga truk kapasitas angkut tertinggi. Saat ini generasi ketiga model 797F, menawarkan salah satu truk kapasitas muatan angkut terbesar di dunia, sampai dengan 400 ton (363 t) dan merupakan terbesar di dunia.

 

[spoiler]

Caterpillar 797 (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Komatsu D575

Dibangun oleh Komatsu Jepang D575-3 Model SD (SuperDozer) adalah buldoser terbesar di dunia, dan yang paling kuat. Dilengkapi dengan mesin diesel dua belas silinder yang mampu menghimpun tenaga sebesar 1.150 tenaga kuda (HP), sebesar 1.165 tenaga kuda (hp). Daya dukung pisau dozer tidak kurang dari 69 m3

 

[spoiler]

Komatsu D575 (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Big Bud 747

Big Bud 747, adalah nama sebuah traktor yang dibuat khusus yang dibangun di Havre, Montana pada tahun 1977. Ia memegang rekor untuk traktor pertanian terbesar di dunia. Dibangun oleh Ron Harmon dari Northern Manufacturing Company dan dengan biaya sekitar $ 300.000. Big Bud 747 dibuat untuk Rossi Brothers; petani kapas dari Bakersfield, California, di mana mesin ini digunakan selama 11 tahun.

 

[spoiler]

Big Bud 747 (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Volvo NH15 BP Tanker

Volvo NH15 BP Tanker pada perinsipnya merupakan mobil tanki yang digunakan untuk mengangkut minyak mentah dari kilang minyak. Mobil tangki ini,  menjadi spesial karena membawa tangki gandengan yang melebihi gandengan pada umumnya. Mobil ini pada umumnya digunakan di daerah terpencil di Argentina, Australia, Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada.(**)

 

[spoiler]

Volvo NH15 BP Tanker (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: tenorama.com, uniknya.com, Juli 2012

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com