bannersss


5 Proyek Prestisius Stadion Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Pada tahun 2018 nanti, negara federasi Rusia, akan menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dari penyelenggaraan akbar Piala Dunia ke-21 FIFA. Beragam cara dan persiapan dilakukan negara yang dahulunya bernama Uni Soviet ini dengan sangat serius. Salahsatunya, melalui pengadaan dan pembaharuan beberapa stadion lama maupun baru yang kelak nantinya digunakan sebagai lokasi turnamen digelar. Mau tahu, seberapa serius pihak Rusia merealisasikan semu stadion ini. Mari kita intip beberapa rencana stadion yang akan dibangun berikut:

 

1. Stadion Krasnodar, (50.000 penonton)

Krasnodar Stadion adalah deskripsi dari sebuah stadion sepak bola yang diusulkan akan dibangun di Krasnodar, Rusia. Stadion ini diperuntukan untuk gelaran  Piala Dunia FIFA 2018 nanti, dimana Rusia menjadi tuan rumahnya. Stadion ini juga merupakan rumah bagi FC Kuban Krasnodar dari Liga Premier Rusia, yang sedianya menggantikan Kuban Stadium. Stadion Krasnodar direncanakan memiliki kapasitas 50.015 penonton.

 

 

[spoiler]

Stadion Krasnodar (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

2. Stadion Rostov-na-Donu, (45.000 penonton)

Stadion Rostov-na-Donu atau Stadion SKA SKVO adalah sebuah nama stadion multi-guna yang terletak di Rostov-na-Donu, Rusia. Saat ini memang digunakan terutama untuk pertandingan sepak bola dan merupakan kandang untuk FC SKA Rostov-na-Don. Stadion yang sedang diperbaharui ini berkapasitas 11.000 orang, namun ketika rekonstruksi selesai-direncanakan berkapasitas lengkap 25.000 orang.

 

 

[spoiler]

Stadion Rostov-na-Donu (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

3. Stadion Samara, (45.000 penonton)

Samara Stadion adalah deskripsi dari sebuah stadion sepak bola yang diusulkan akan dibangun di Samara, Rusia. Stadion Samara pada waktunya, akan digunakan sebagai salahsatu stadion penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2018 nanti. Di stadion ini pula, tuan rumah FC Krylia Sovetov Samara dari Liga Premier Rusia, bermarkas. Stadion Samara menggantikan Metallurg Stadium. Kelak jika sudah selesai, akan memiliki kapasitas 44.918 penonton.

 

 

[spoiler]

Stadion Samara (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

4. Stadion St. Petersburg, (60.000 penonton)

FC Zenit Arena adalah sebuah stadion yang terletak di Saint Petersburg, yang saat ini sedang dibangun. Stadion ini akan menjadi home base-nya FC Zenit-Saint Petersburg. Stadion ini direncanakan akan dibuka pada tahun 2015. Stadion ini akan memiliki kapasitas 62.000 orang. Stadion ini dibangun pada lokasi di mana Stadion Kirov berada sebelum dihancurkan.

 

 

[spoiler]

Stadion St. Petersburg (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

5. Stadion Ekaterinburg(44.000 penonton)

Central Stadium adalah sebuah stadion multi arena di Yekaterinburg, Rusia. Stadion yang kini sedang diperbaharui ini sedianya menjadi tempat berlangsungnya even akbar Piala Dunia FIFA 2018, yang kelak diadakan di bekas negeri tirai besi ini.

 

 

[spoiler]

Stadion Ekaterinburg (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Tambahan:

 

Stadion Kazan, (45.000 penonton) 

Stadion Rubin Baru Kazan adalah nama stadion baru di Kazan, Rusia yang saat ini dalam pembangunan. Setelah selesai pada tahun 2012 ini, stadion ini akan menyelenggarakan pertandingan sepak bola dari  Liga Premier Rusia. Stadion ini juga akan menjadi tuan rumah Summer Universiade football competition 2013 juga kompetisi akbar Piala Dunia FIFA 2018. Kapasitasnya akan akan menjadi sekitar 45.000.(**)

[spoiler]

Stadion Kazan (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

 

Sumber: dari berbagai sumber, uniknya.com, Juli 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com