bannersss


5 Projek Prestisius Stadion Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Pada tahun 2018 nanti, negara federasi Rusia, akan menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dari penyelenggaraan akbar Piala Dunia ke-21 FIFA. Beragam cara dan persiapan dilakukan negara yang dahulunya bernama Uni Soviet ini dengan sangat serius. Salahsatunya, melalui pengadaan dan pembaharuan beberapa stadion lama maupun baru yang kelak nantinya digunakan sebagai lokasi turnamen digelar. Mau tahu, seberapa serius pihak Rusia merealisasikan semu stadion ini. Mari kita intip beberapa rencana stadion yang akan dibangun berikut:

 

1. Stadion Volgograd, (45.000 penonton)

Central Stadium adalah sebuah stadion berbagai arena di Volgograd, Rusia, yang merupakan rumah bagi SC Rotor Volgograd. Kapasitas stadion adalah 32.120 orang dengan rencana perluasan kedepannya hingg berkapasitas ke 45.015 orang. Pada waktunya, stadion ini untuk digunakan pada Piala Dunia FIFA 2018.

 

 

[spoiler]

Stadion Volgograd (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

2. Stadion Yaroslavl, (44.000 penonton)

FC Shinnik Yaroslavl adalah klub sepak bola di divisi utama yang berbasis di Yaroslavl. Klub ini juga, nantinya menempati sebuah stadion sepak bola baru yang akan dibangun di Yaroslavl dalam tujuan sebagai tempat diselenggarakannya beberapa pertandingan di Piala Dunia 2018 FIFA yang kelak Rusia menjadi tuan rumahnya.

 

 

[spoiler]

Stadion Yaroslavl (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

3. Stadion Sochi, (44.000 penonton)

Stadion Olimpiade Fisht akan dibangun di Sochi Olimpiade Park baru, yang merupakan lokasi dari sebuah kuburan massal penaklukan Rusia dari kaukus selama abad ke-19. Kapasitas stadion akan menjadi 40.000 orang pada saat dibuka pada tahun 2012 ini. Fasilitas stadion ini akan menjadi pusat pelatihan dan tempat untuk Tim Sepakbola Nasional Rusia setelah Olimpiade. Stadion Olimpiade Fisht juga salah satu stadion utama dari gelaranPiala Dunia FIFA 2018 mendatang.

 

 

[spoiler]

Stadion Sochi (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

4. Kaliningrad Stadion, (45.000 penonton)

Kaliningrad Stadion adalah deskripsi dari sebuah stadion sepak bola yang diusulkan akan dibangun di Kaliningrad, Rusia pada waktunya saat Piala Dunia FIFA 2018. Stadion ini juga akan menjadi tuan rumah FC Baltika Kaliningrad dari Divisi Pertama Rusia, menggantikan Baltika Stadium. Kelak stadion ini akan memiliki kapasitas 45.015 penonton.

 

 

[spoiler]

Kaliningrad Stadion (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

5. Stadion Nizhny Novgorod, (45.000 penonton)

Nizhny Novgorod Stadion adalah deskripsi dari sebuah stadion sepak bola yang diusulkan akan dibangun di Nizhny Novgorod, Rusia pada waktunya saat Piala Dunia FIFA 2018 mendatang. Ini juga akan menjadi tuan rumah FC Volga Nizhny Novgorod dari Liga Premier Rusia, menggantikan Lokomotiv Stadium. Kapasitasnya nanti mencapai 44.899 penonton.

 

 

Tambahan:

 

Stadion Luzhniki , (89.000 penonton)

Stadion Luzhinski adalah stadion olahraga terbesar di Rusia, terletak di Luzhniki, Moskwa. Stadion ini berkapasitas 84.745 kursi. Stadion ini mulai dibuka tahun 1956. Stadion ini pun pernah menjadi tempat Olimpiade Musim Panas 1980 (saat itu kapasitas mencapai 103.000 penonton). Merupakan markas klub Torpedo Moskwa, dan Spartak Moskwa. Sejak tahun 2002 stadion ini mulai menggunakan rumput buatan yang lebih sesuai dengan cuaca Moskwa yang sangat dingin. Oleh UEFA, stadion ini diberikan rating stadion 5 bintang, dan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2008.

 

 

[spoiler]

Stadion Luzhniki (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Stadion Saransk, (40.000 penonton)

Yubileyniy Stadium adalah sebuah stadion sepak bola sedang dibangun di Saransk, Rusia yang kelak akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya beberapa pertandingan Piala Dunia FIFA 2018. Stadion ini juga akan menjadi tuan rumah dari FC Mordovia Saransk dari Liga Premier Rusia, menggantikan Stadion Start. Kapasitas stadion ini mencapai 45.015 penonton.(**)

 

[spoiler]

Stadion Saransk (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

 

Sumber: dari berbagai sumber, uniknya.com, Juli 2012

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com