bannersss


5 Protein Berbahaya Bagi Manusia (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Protein adalah unsur utama pembentuk sel kehidupan, juga merupakan salah satu alasan kita berada di planet ini bersama. Namun protein juga mampu menjadi sebuah momok yang menakutkan karena kerusakkan yang diakibatkannya, dengan kata lain protein pun dapat menjadi sebuah racun. Berikut uniknya.com merangkum 5 protein yang berbahaya bagi manusia (bagian I):

 

1. Racun Botulinum

 

[spoiler]

Racun Botulinum (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Botulinum kali pertama ditemukan pada sebuah produk daging yang dikemas tidak sempurna, dan merupakan racun yang paling berbahaya bagi manusia. Bayangkan saja racun sekecil 100 nanogram batolinum murni dapat membunuh manusia, dengan waktu reaksi yang berbeda-beda mulai dari enam jam hingga sepuluh hari. Racun ini bekerja dengan menyerang dan melumpuhkan otot untuk bernafas, sehingga manusia akan mati seperti tercekik.
Batolinum juga merupakan racun yang terdapat di dalam produk-produk komersial botox, protein ini akan melumpuhkan otot-otot sehingga keriput yang terdapat di wajah akan berkurang dan hilang.

 

2. Tetanospasmin

 

[spoiler]

Tetanospasmin (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tetanospasmin merupakan protein beracun yang menyerang syaraf, sehingga membuat otot menjadi kejang menyerupai gejala tetanus. Dan ketika syaraf telah diserang, maka otot-otot tubuh manusia akan menjadi sensitif.

Bagi manusia, bersentuhan dengan tetanospamin merupakan hal yang sangat berbahaya. Disebutkan bahwa tetanaospasmin sebesar 200 nanogram atau sama dengan 1500 kali berat semut saja mampu bisa berakibat kematian bagi manusia.

 

3. Verotoxin

 

[spoiler]

Verotoxin (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Verotixin merupakan sebuah protein beracun yang sering ditemukan di dalam kotoran hewan ternak, sehingga keberadaannya paling dekat dengan manusia sehingga mudah tersebar.

Racun ini bekerja dengan membuat sebuah campuran protein di dalam pembuluh darah kecil yang terdapat di dalam ginjal dan saluran pencernaan. Setelah membentuk protein yang baru maka pembuluh darah kecil itu akan hancur dan mengakibatkan kegagalan fungsi organ.

 

4. Abrin

 

[spoiler]

Abrin (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Abrin dikenal juga sebagai kerabat dari ricin – protein beracun mematikan, yang biasanya ditemukan di dalam rosary pea (sejenis biji saga). Karenanya tidak heran apabila protein abrin ini diberi label CDC karena sangat mematikan dan tidak memiliki anti-toksinnya. Abrin juga dikenal sebagai agen potensial untuk terorisme kimiawi, karena dapat digunakan sebagai senjata kimia-biologi.

Gejala dari keracunan abrin adalah muntah yang berlebihan, buang air berdarah dan halusinasi, setelah itu dalam jangka waktu tiga hari manusia yang mengalami keracunan abrin akan mengalami kematian akibat komplikasi kerusakan pada limpa, ginjal dan hati.

 

5. Conopeptides

 

[spoiler]

Conopeptides (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sebuah rangkaian pendek dari molekul yang terbentuk dari asam amino sebagai unsur pembentuk proteinnya. Conopeptides adalah protein beracun yang berasal dari siput laut beracun. Siput laut ini menyalurkan racunnya (peptides) melalu sengatan gigi kecilnya (radula). (**)

 

Sumber: io9.com, uniknya.com, Juli 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com