bannersss


5 Serangga yang Memiliki Rekor Luar Biasa (Bagian I)

Oleh: Rudi Riono

[UNIKNYA.COM]: Serangga merupakan makhluk hidup paling banyak di dunia ini, mereka hidup menyendiri ataupun berkelompok. Nah tidak ada salahnya jika kita menyinggung beberapa serangga yang dapat mencetak rekor dengan keunikan dan keanehan yang mereka buat, berikut uniknya.com 5 serangga dengan rekor yang mereka buat (Bagian I):

 

1. Serangga Paling Merusak: Desert Locus

Jika rayap seperti di atas menyebabkan banyak kerusakan pada rumah, itu belum apa-apa jika dibandingkan dengan kerusakan yang dihasilkan oleh Desert Locus. Mereka masing-masing makan dengan ukuran yang sama dengan berat tubuhnya. Mereka memakan hampir semua jenis sayuran, mulai dari dedaunan, bunga, buah, padi hingga biji-bijian. Tahun 2003-2005 merupakan periode penyerangan desert locus paling buruk di Afrika Barat. Mereka telah menginvasi lebih dari 20 negara, dan biaya yang telah dikeluarkan untuk memerangi mereka melebihi 400 juta dolar AS. Kerusakan yang dihasilkan pada perkebunan bernilai lebih dari 2,5 milyar dolar AS.

 

[spoiler]

Desert Locus (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Serangga dengan Berumur Panjang: Queen of Termites

Serangga ini diketahui mampu hidup selama 50 tahun. Mereka bahkan dikabarkan telah ada di bumi sejak 200 juta tahun yang lalu. Serangga ini memakan kayu-kayu kering dan menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah dibanding kebakaran dan badai. Ratunya dapat menelurkan 5.000–7.000 butir telur per hari.

 

[spoiler]

Queen of Termites (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Serangga Paling Mengganggu: No-See-Um

Serangga ini merupakan lalat yang sangat kecil yang hidup secara kelompok dan terbang dalam arah yang tidak jelas. Mereka dapat melewati celah-celah pintu atau jendela. Mereka biasanya hidup di tempat yang ada sumber airnya. Hanya yang betina yang menggigit dan menghisap darah, dengan tujuan mendapatkan protein untuk membesarkan telur-telurnya.

 

[spoiler]

No-See-Um (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Serangga Paling Cantik: Sunset Moth dari Malagasy

Sayap serangga ini sebenarnya tidak memiliki pigmentasi apapun. Warna yang muncul di sayapnya berasal dari cahaya yang mengenai pita-pita mikro pada sayapnya sehingga memunculkan refraksi warna. Serangga ini aktif pada siang hari, ketika serangga dari family yang sama aktif pada malam hari. Mereka berasal dari Madagascar dan Amerika Selatan, dan sayapnya berganti warna dari biru ke hijau keemasan dan lalu ke warna kuning ketika dilihat dari sisi yang berbeda.

 

[spoiler]

(sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Semut Paling Berbahaya: Black Bulldog Ant dari Australia

Secara literatur, semut ini diketahui pernah membunuh manusia. Serangga ini merupakan jenis yang paling primitif dari semua semut dan sangat agresif. Panjangnya sekitar 1 inchi dan dapat tumbuh hingga 2 inchi. Sesuai namanya, semut ini hanya ditemukan di Australia dan gerakannya pun sangat cepat.(**)

 

[spoiler]

Black Bulldog Ant dari Australia (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Blogspot.com,uniknya.com,Juli 2012

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com