bannersss


5 Serangga yang Memiliki Rekor Luar Biasa (Bagian II – Habis)

Oleh: Rudi Riono

[UNIKNYA.COM]: Serangga merupakan makhluk hidup paling banyak di dunia ini, mereka hidup menyendiri ataupun berkelompok. Nah tidak ada salahnya jika kita menyinggung beberapa serangga yang dapat mencetak rekor dengan keunikan dan keanehan yang mereka buat, berikut uniknya.com 5 serangga dengan rekor yang mereka buat (Bagian II – Habis):

1. Serangga Terbang Tercepat: Horse Fly

Serangga ini dapat terbang dengan kecepatan 90 MPH (mil per jam). Ia juga memiliki manuver yang sangat baik di udara. Ia dapat berbelok dan berganti arah dengan kecepatan cahaya. Ia juga memiliki mata yang sangat besar, dan dapat melihat dengan sudut hampir 360 derajat.

 

[spoiler]

Horse Fly (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Serangga Terberat: Goliath Beetle

Serangga ini berasal dari keluarga scarab beetle, dan suka memakan tanaman mati. Ia memiliki panjang 2 hingga 4,3 inchi dan berat sekitar 3 hingga 3,5 oz (sekitar 28,35 gram). Mereka memainkan peran penting dalam ekosistem sebagai dekomposer, pemecah unsur atau zat organik dalam rangka daur ekologi dng hidup dr atau merusak protoplasma yg mati.

 

[spoiler]

Goliath Beetle (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Serangga Terpanjang: Giant Stick Insect

Panjangnya sekitar 163 mm, dan jika dihitung ketika kakinya semua terentang, panjangnya menjadi 295 mm. Pada beberapa kasus, panjangnya bisa mencapai 20 inchi. Ada lebih dari 3.000 spesies dari serangga ini yang ditemukan, dan beberapa dari mereka memiliki sayap dan dapat terbang.

[spoiler]

Giant Stick Insect (sumber: blogspot.com,uniknya.com)


[/spoiler]

 

4. Serangga Ternyaring: Brevisana brevis

Spesies jangkrik ini bunyinya dapat terdengar hingga 1 mil jauhnya. Pada jarak dekat, bunyinya dapat mencapai 120 dB. Sebagai pembanding, musik pada diskotik ‘hanya’ berukuran 100 dB.

 

[spoiler]

Brevisana brevis (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Serangga dengan Bentuk Teraneh: Thorn Bug

Ukuran dan warna serangga ini sangat bervariasi, namun biasanya, serangga dewasa berukuran tinggi sekitar 0,5 inchi dan berwarna hijau. Mereka ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan, Meksiko, dan Florida Selatan. (**)

 

[spoiler]

Thorn Bug (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: blogspot.com, uniknya.com, Juli 2012

One Response to 5 Serangga yang Memiliki Rekor Luar Biasa (Bagian II – Habis)

  1. Pingback: Poster Terbesar di Solo Catatkan Rekor MURI | ambangbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com