bannersss


[Spotlite] Aktivitas Dokumentasi Terunik di Dunia

Oleh:  Afina Fatharani (kontributor uniknya.com )& Tim uniknya.com

[UNIKNYA.COM]: Dokumentasi pribadi merupakan catatan atau rekaman, baik gambar, suara, maupun video, yang dapat dijadikan sebagai bukti sejarah, kenangan ataupun nostalgia dalam kehidupan pribadi seseorang. Berbicara masalah sesuatu yang berkaitan dengan sejarah dan dokumentasi, setiap individu juga pasti memiliki hari bersejarah dan layak didokumentasikan. Berbagai macam cara pendokumentasian bisa kita lakukan untuk hari bersejarah tersebut. Beberapa orang di belahan dunia ini juga melakukan pendokumentasian hari bersejarahnya. Bahkan bisa dibilang cukup unik, seperti yang uniknya.com rangkum berikut ini.

 

1. Memotret Anak Selama 13 Tahun

Salah satu wujud kasih sayang orangtua kepada buah hatinya bisa diwujudkan dengan membuat sebuah dokumentasi, seperti yang dilakukan Munish Bansal, seorang ayah dari Gillingham. Untuk mengabadikan momen tumbuh kembang dua anaknya, Suman dan Jay, Munish memotret keduanya. setiap hari Foto-foto hasil jepretannya tersebut kemudian dibingkai setiap bulan.

Pemotretan yang dilakukan Munish berlangsung selama 13 tahun, dan telah menghasilkan 8500 gambar digital. Semua foto kedua anaknya tersebut disimpan dalam album yang sudah mencapai 600 buah.

Munish yang berprofesi sebagai seorang akuntan, melakukan pemotretan pertamanya saat anak pertama, Suman lahir pada 1996. Setelah pemotretan pertama, Munish berpikir kejadian tersebut harus dilakukannya setiap hari. Setelah berjalan selama tiga tahun, dengan menghasilkan 365 foto Suman, Munish melakukan hal serupa terhadap anak keduanya, Jay.  Ada dua momen yang paling disukai Munish, yakni saat berada di sekolah dan makan bersama keluarga. Dua momen tersebut dianggap penting karena dianggapnya mereka tengah dalam kondisi ceria.

Selain didokumentasikan dalam bentuk foto dan dibingkai sebuah album, foto-foto tersebut kini di-posting  dalam situs web milik Munish. Munish bersama sang istri, Rita, berjanji tetap akan melakukan hobinya tersebut hingga kedua anaknya sudah cukup umur untuk meninggalkan rumah mereka.

[spoiler]

Memotret Anak Selama 13 Tahun (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

 

[/spoiler]

 

2. Dokumentasi Kehamilan Melalui Film

Cara mendokumentasikan sejarah dalam kehidupan selanjutnya dilakukan sebuah keluarga kecil yang tidak disebutkan dengan jelas identitasnya. Cara yang satu ini bisa dibilang sangat unik, karena yang didokumentasikan adalah kehamilan yang berlangsung selama 9 bulan. Namun, film-film tersebut mengalami proses editing hingga berdurasi 1 menit 35 detik dan di-posting di jejaring sosial youtube. Film tersebut telah disaksikan lebih dari 9 juta pengguna youtube sejak 10 Maret 2012 lalu.

Film tersebut diawali saat sang wanita menggulung bajunya sambil memperlihakan perutnya yang masih rata. Selajutnya sang suami mencium perut perempuan itu yang masih rata, hal tersebut memperlihatkan hubungan asmara tiga insan yang mengagumkan. Beberapa detik kemudian diperlihatkan adanya perubahan latar belakang dengan maksud keluarga kecil tersebut telah pindah rumah.

Dan yang paling menarik dari film dokumenter tentang kehamilan tersebut terjadi di detik 30 hingga 60. Dalam rentang waktu 30 detik tersebut terlihat bagaimana perubahan perut sang ibu yang semakin lama semakin membesar sehingga proses kehamilannya seakan berlangsung cepat. Proses editing dalam 30 detik terakhir ditandai dengan ciuman sang suami pada perut istrinya dan lahirnya seorang bayi yang dinamai keduanya Amelie Amaya.

Sebuah dokumentasi kehidupan yang unik.

 

[spoiler]

Dokumentasi Kehamilan Melalui Film (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

 

[/spoiler]

 

 

3. Potrait Diri Selama 5,5 Tahun

Pendokumentasian perubahan diri yang cukup unik juga diperlihatkan seorang wanita yang hanya mencantumkan identitas singkatnya dengan nama Clickflashwhirr. Wanita ini mendokumentasikan foto dirinya setiap hari selama 5,5 tahun. Dan semua foto tersebut diunggah melalui youtube  setelah mengalami proses editing.

Dalam film youtube  selama 70 detik tersebut tergambarkan bagaimana proses transisi dari remaja hingga awal dirinya menjadi dewasa. Sebagian besar perubahan hanya terlihat dari tata rambut yang sering berubah-ubah. Namun, cara mendokumentasikan ala Clickflashwhirr yang kreatif sejak 26 September 2006 hingga 12 Mei 2011 tersebut menjadi sangat menarik dan unik, hingga mengundang lebih dari 3 juta pengguna youtube  untuk melihatnya. Dari 3 juta orang yang telah melihatnya, 10 ribu menyatakan suka akan proses kreatf Clickflashwhirr dalam melakukan pendokumentasian, dan hanya 450 pengguna youtube saja yang menyatakan tidak suka.

Selain bisa dilihat melalui youtube, dokumen lain dari wanita yang merahasiakan identitas aslinya tersebut, bisa dilihat di jejaring social lainnya,yaitu flickr  yang berupa transisi foto dari hari ke hari.

 

[spoiler]

Potrait Diri Selama 5,5 Tahun (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Mendokumentasikan Pertumbuhan Anak Hingga 10 Tahun

Keajaiban tumbuh kembang seorang anak sejak bayi, sering kali membuat kita merasa terkagum-kagum sekaligus heran. Tentu saja karena pertumbuhan tersebut menyisakan rahasia besar dari Sang Pencipta.

Seperti yang dilakukan seorang ayah tanpa disebutkan identitasnya yang selama 10 tahun melakukan pemotretan terhadap anak perempuannya. Foto yang diambil dari putrinya yang dituliskan bernaman Natalie tersebut dilakukan sejak bayi. Semua foto hasil karyanya di-posting  di youtube dengan durasi 1,5 menit saja. Karena ditampilkan secara cepat, setiap lembar foto tersebut seperti hidup dan Natalie tampak tumbuh dan berkembang.

Foto dari orang tua yang mungkin merasa pertumbuhan anak-anaknya tumbuh terlalu cepat itu mendapat apresiasi tinggi dari pengguna youtube. Bahkan jumlah pengakses tumbuh kembang Natalie dari bayi hingga menjadi bocah lucu tersebut mencapai satu juta orang.

 

[spoiler]

 [/spoiler]

 

Itulah film-film di mana proses dokumentasi dilakukan. Karena kreativitas yang kita kembangkan cara mendokumentasikan hari bersejarah bisa semakin menarik, dan tentu saja akan sangat penting karena sangat membantu kita saat mengingat momen penting itu. Jika kita punya cara lain dalam mendokumetasikan hari bersejarah, jangan ragu untuk dilalukkan.

Sumber: Berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

One Response to [Spotlite] Aktivitas Dokumentasi Terunik di Dunia

  1. Pingback: 16.432 Pembatik Cilik Pecahkan Rekor MURI | ambangbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com