5 Bahasa yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Oleh : Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: Bahasa merupakan suatu bagian penting dalam komunikasi antar manusia. Sebagian besar bahasa yang kini digunakan di berbagai belahan dunia merupakan bahasa asli nenek moyang bangsa masing-masing, sehingga wajar jika di setiap negara mempunyai bahasa yang berbeda-beda. Bahasa inggris merupakan bahasa dengan banyak pengguna di belahan bumi walaupun ada beberapa versi, sehingga bahasa ini menjadi bahasa internasional yang hampir di setiap negara mempelajarinya. Pernahkah Anda mendengar bahasa Chamicuro, Basque, Tok Pisin, Miao languages, dan Sarsi? bahasa tersebut merupakan bahasa asing yang jarang digunakan dan bahkan hanya beberapa orang saja yang mengerti.

 

1. Bahasa Chamicuro

 

[spoiler]

Bahasa Chamicuro (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Chamicuro adalah salah satu bahasa langka yang hanya memiliki delapan penutur asli yang hidup saat ini. Ini adalah bahasa resmi suku Chamicuro di Peru (wilayah orang Chamicuro yang tersisa dan masih hidup antara 10 sampai 20 orang). Selain bahasa asli suku, sebagian dari mereka juga bisa berbahasa spanyol. Meskipun demikian, sudah ada kamus untuk bahasa mereka. Jadi ada sedikit harapan bahwa bahasa mereka akan bertahan ke masa depan.

 

2. Bahasa Basque

 

[spoiler]

Bahasa Basque (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Bahasa Basque digunakan oleh penduduk di sepanjang perbatasan Prancis dan Spanyol yang berjumlah lebih dari 600.000 orang. Orang Basque juga merupakan sebagian besar penduduk dari wilayah yang dikenal sebagai Negeri Basque Utara di Perancis dan wilayah otonom Navarro di Spanyol. Beberapa ilmuwan menyimpulkan bahwa itu adalah bahasa terakhir yang masih hidup dari beberapa bahasa yang hampir punah di daerah tersebut sebelum bahasa Indo-Eropa yang juga hampir punah. Sistem tulisan bahasa Basque berbasis Latin.

 

3. Bahasa Tok Pisin

 

[spoiler]

Bahasa Tok Pisin (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Meskipun luas wilayah negaranya  kecil, namun pulau-pulau yang membentuk Papua Nugini ini sangat padat penduduk dan mempunyai beragam bahasa, lebih dari 800 bahasa yang diucapkan dan menjadikannya tempat yang mempunyai bahasa paling beragam di dunia. Hanya tiga bahasa yang diakui sebagai bahasa resmi negara termasuk bahasa Tok Pisin, bahasa Inggris berbasis kreol, menjadi salah satu dari mereka.

 

4. Bahasa Hmongic

 

[spoiler]

Bahasa Hmongic (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Orang-orang Miao adalah sebuah kelompok etnis minoritas di Cina, mereka berbicara menggunakan bahasa Miao, bahasa yang diketahui orang-orang Miao sebagai bahasa Miao tetapi juga disebut bahasa Hmongic. Bahasa-bahasa Hmongic adalah jenis Hmongic dari keluarga bahasa Hmong-Mien. Bahasa ini sama sekali tidak berhubungan dengan bahasa lain seperti Cina Kanton dan Mandarin. Mungkin aspek yang paling menarik dari bahasa ini adalah sistem penulisan yang digunakan. Secara tradisional orthographically diwakili oleh rendering yang berbeda dari sistem tulisan Tionghoa, ssistem itu dibuat khusus untuk bahasa Miao, yang secara longgar didasarkan pada abjad Latin. Saat ini, kebanyakan pengguna bahasar Miao menulis menggunakan abjad Latin standar.

 

5. Bahasa Sarsi

 

[spoiler]

Bahasa Sarsi (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Juga dikenal sebagai Sarcee, bahasa ini digunakan oleh suku T’ina Tsuu penduduk asli Amerika. Suku Tsuu T’ina hidup di Kanada bagian selatan, bahasa Sarsi sebenarnya terkait dengan bahasa Navajo yang diucapkan oleh penduduk asli Amerika di Amerika selatan. Kedua bahasa ini berasal dari Athabaskan jenis dari keluarga bahasa Na-Dene, Navajo milik suku.(**)

 

Sumber : dari berbagai sumber, uniknya.com, Agustus 2012

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com