bannersss


5 Cupcake Unik di Dunia

Oleh:  Afina Fatharani (kontributor uniknya.com) & Tim uniknya.com

[UNIKNYA.COM]:Apa yang membuat Anda tertarik mengonsumsi makanan?. Yang pasti tentu saja rasanya, karena rasa yang menjadi penggugah selera kita saat makan. Selain rasa yang membuat kita akan tertarik dengan suatu makanan adalah kemasannya. Dengan kemasan atau tampilan menarik, selera kita bisa semakin tinggi. Untuk itu kini produsen makanan selalu mengutamakan tampilan produk yang dijajakannya selain rasa.

Berbicara tampilan makanan, ada kudapan yang selalu tampil cantik untuk menarik para pembelinya. Salah satu nya cupcake yang memiliki banyak bentuk dan rasa sebagai daya tariknya. Jenis kue dengan cita rasa manis ini, juga sering kali dijadikan sebagai media menuangkan ide dan kreasi. Cupcake bisa dikreasikan dengan bentuk yang beragam. Begitupun dengan rasa manis yang bisa digabungkan dengan rasa lainnya.

Berbicara mengenai cupcake, berikut ini spotlite akan menampilkan beberapa hal yang berkaitan dengan kue manis ini, seperti sejarah, hargam ukuran, dan keunikan lainnya. Penasaran? Saksikan tayangan berikut ini:

 

1.   Sejarah Cupcake

Jika Anda sangat menyukai cupcake, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui sejarah dari kue ini. Menurut beberapa literatur yang pernah membahas cupcake, disebutkan kue ini berkembang di AS pada abad ke-19 dengan bentuk yang sudah beragam. Namun, menurut food timeline web, sejarawan makanan belum bisa memastikan dari mana nama cupcake berasal.

Ada dua teori yang menerangkan asal mula nama cupcake. Pertaman, kue biasa dimasak dalam cangkir, dan kedua bahan yang digunakan untuk membuat kue ini diukur dan ditimbang menggunakan cangkir, atau dalam bahasa inggris bernama cup. Hingga akhirnya berkembang dengan nama cupcake.

Pada awalnya cupcake terkadang disebut measure cake, karena sang pembuat mudah mengingat pengukuran bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya, seperti satu cangkir mentega, dua cangkir gula, tiga cangkir tepung, dan bahan lainnya yang juga menggunakan cangkir sebagai alat ukur. Namun, dalam perkembangannya penamaan cupcake berasal dari cara membuat kue tersebut. Karena membuat kue dengan menggunakan pemanggang memakan waktu lama dan terkadang hasilnya sedikit hangus, maka berkembang cara baru, yakni membuat kue dengan menggunakan cetakan cangkir alumunium. Saat pergantian abad dari 19 sampai 20, mulai populer membuat cupcake di dalam cangkir. Karena bentuk seperti cangkir dan mudah dibawa kemanapun inilah, si kue manis semakin digemari.

Dan yang utaman, bahan untuk membuat kue ini sangat mudah didapat, sehingga kapan saja Anda bisa membuatnya. Dengan kemudahan itulah kreasi cupcake semakin banyak dan terus berkembang.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

2.   Cupcake Termahal

Yang menarik dari cupcake berikutnya, yakni dari segi harga. Ternyata nilai ekonomis dari cupcake bisa mencapai jutaan rumah, seperti cupcake yang diberi nama The Golden Phoenix. Cupcake yang dijual di Bloomsbury’s Cupcakes, Dubai ini mencapai 9,4 juta per porsi. Cupcake ini memang cukup istimewa karena terbuat dari kombinasi cokelat dan emas yang dapat dimakan.

The Golden Phoenix diracik dari komposisi bahan-bahan unggulan yang terjamin kualitasnya. Mentega organik, tepung organik dari Inggris sengaja diimpor. Bubuk cocoa premium amedei porcelena yang dipakai juga sengaja didatangkan dari Italia, vanilla berkualitas tinggi Uganda, dan semua bahan tersebut disempurnakan dengan emas 23 karat yang bersifat edible, atau aman untuk dikonsumsi.

Kemewahan The Golden Phoenix bukan hanya dari bahan yang dipakainya, tapi juga tempat penyajian dari kue ini. Nampan yang digunakan terbuat dari emas 24 karat dan dibawa dengan troli maria antoinette princess tea trolley yang juga terbuat dari emas 24 karat.

Menurut pendiri Bloomsbury’s Cupcakes, shafeena Yusuf Ali, ide pembuatan kue ini memakan waktu hingga beberapa minggu, mulai dari pencarian resep hingga bahan yang berkualitas nomor satu. Tujuan pembuatan kue ini member tampilan baru pada trend cupcake. The Golden Phoenix juga membuat cupcake terlihat cantik dan seenak mungkin.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

3.   Cupcake Terbesar

Yang unik selanjutnya, yakni dilihat dari ukurannya. Di Menneapolis, Amerika, sebuah cupcake seberat 75 kg, berhasil dibuat. Dengan ukuran berat sebesar itu, cupcake dinyatakan sebagai cupcake terbesar di dunia. Cupcake yang dipajang di Menneapolis Mall of America tersebut memiliki tinggi hingga sekitar 30 cm, dan lebar setengah meter.

Cupcake terbesar tersebut memiliki isi berupa fudge seberat 8 kilogram, gula krim penghias berwarna kuning dengan berat sebesar 30 kg. kue yang dibuat produsen hiasan kue, cakes.com tersebut menurut juri Guinness World Records, Danny Girton JR, merupakan hasil karya yang seru dan sangat kreatif.

Juru bicara perusahaan yang membuat cupcake terbesar itu, Jamie Miller mengatakan, pihaknya memutuskan untuk memberikan cupcake kecil kepada pada pelanggan mall, karena lebih sehat dengan ukuran yang kecil dan krum hiasan yang lebih kecil juga. Setelah acara penetapan sebagai cupcake terbesar di dunia, cupcake dipotong kecil menjadi 4000 cup kecil dan dibagikan kepada para penonton acara pemecahan rekor ini di dalam mall.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

4.   Cupcake Khusus Anjing

Keunikan selanjutnya, yakni dinamai pupcakes, yakni cupcake khusus anjing yang dibuat dengan resep yang dijamin aman. Bahan yang digunakan tepung bebas gluten, selai kacang rendah lemak, pisang, krim keju rendah lemak, dan biskuit khusus anjing. Pupcakes dibuat oleh seorang ahli cake, Laura Draper, dan dijual di toko The Airfairy Cake Boutique yang berada di Didsbury, Manchester.

Ide pembuatan pupcakes berawal dari rasa kasihan Draper dengan banyaknya anjing yang hanya melihat tuannya makan cupcakes, sementara si anjing tidak bisa ikut menikmatinya. Draper pun mengajak temannya untuk membuat cupcakes khusus untuk anjing, serta mencari banyak informasi mengenai makanan anjing yang sehat.

Tak ingin menambah angka obesitas pada anijng, draper membuat pupcakes yang bebas gula dan rendah lemak. Karena menggunakan resep vegan, pupcakes juga lezat dan aman dikonsumsi oleh manusia. Tentu saja harus menyingkirkan biscuit anjing diatasnya, jika ingin kita konsumsi.

Setelah mendapat sambutan positif dari pelanggannya, draper berangan-angan mengembangkan penjualan pupcakes. Terutama dalam membuat pupcakes dengan ukuran lebih besar yang dikhususkan untuk anjing-anjing berukuran besar juga.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

5.   ATM Cupcake

Keunikan terakhir, yakni mesin ATM cupcake. Biasanya ATM adalah mesin untuk mengambil uang, tidak dengan ATM yang berada di toko roti Sprinkles. ATM ini ternyata khusus bagi Anda yang ingin membeli cupcake melalui mesin, jika Anda bosan mengantre saat membeli di toko.

ATM cupcake yang dibuat sprinkles tersebut beroperasi 24 jam, dengan 8 rasa cupcake yang dapat dikeluarkan dari mesin ini. Dua di antaranya cupcakes has Beverly Hills, yakni rasa gula kayu manis dan cokelat kelapa. Harga dari masing-masing cupcakes adalah 38 ribu rupiah. Rasa cupcakes seperti chai latte, ginger lemon atau chocolate coconut yang dikemas dalam tampilan kontemporer menjadi sangat diminati penggemar cupcakes.

Saat ini ATM cupcakes baru tersedia di beberapa kota besar di Amerika saja, seperti Chicago, Dallas, Houston,New York, Paulo Alto, dan Washington DC. Untuk mendapatkan sekotak cupcakes melalui ATM ini juga menjadi tidak mudah, karena Anda harus berasabar mengantre. Menurut pengelola sprinkles yang juga merupaka toko kue favorit Oprah Winfrey, bukan tidak mungkin kalau mesin ATM cupcakes ini dibuat dan dipasarkan global, karena tingginya minat pembeli yang menggunakan ATM cupcakes. Bahkan pihak sprinkles juga tengah merancang membuat ATM es krim.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

Bagaimana pemirsa, cukup unik bukan?. Tidak hanya unik, tayangan tadi membuat kita menjadi semakin tergoda untuk segera menikmati sepotong cupcake. Jangan tunggu waktu, jika sudah ingin menyantapnya, bergegas membeli ke toko terdekat. Atau jika memiliki waktu luang, ada baiknya Anda membaut sendiri dengan kreasi dan ide orisinil Anda.

Sumber: Dari berbagai sumber, Uniknya.com, Juli 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com