bannersss


5 Daya Tarik yang Tersisa Dari Peradaban Inca (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Machu Picchu Merupakan simbol Kerajaan Inca yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inca. Situs ini sempat terlupakan oleh duniainternasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing. Berikut uniknya.com, merangkum 5 daya tarik yang tersisa dari peradaban Inca di Peru:

 

1. Machu Picchu

 

[spoiler]

Machu Picchu (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Machu Picchu merupakan salah satu peninggalan peradaban Suku Inca yang paling indah dan sangat mengesankan di dunia. Kawasan ini ditemukan oleh seorang sejarawan Hawaii Hiram pada 1911, di sebuah lembah bernama Urubamba. Beberapa menyebut Machu Picchu sebagai “Kota Inca yang Hilang” karena sangat tertutup apabila dilihat dari bawah permukaannya. Kawasan Machu Picchu dikelilingi oleh permukaan tanah yang bertingkat-tingkat khas kawasan pertanian dan diairi oleh air alami. Meskipun para penduduk lokal Peru telah mengetahui keberadaan Machu Picchu ini, namun secara luas dikenal oleh warga dunia ketika disebarkan oleh Hiram pada 1911. Machu Picchu adalah kawasan wisata yang wajib dikunjungi di Peru.

 

2. Ollantaytambo

 

[spoiler]

Ollantaytambo (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

Selama kekuasan Kerajaan Inca, Ollantaytambo merupakan kawasan elite yang masuk ke dalam wilayah kerajaan Pachacuti yang telah menaklukan kawasan tersebut. Mereka kemudian membangun kota dan tempat-tempat beribadah ataupun melakukan upacara lainnya. Di saat bersama bangsa Spanyol memasuki kawasan Peru dan melakukan pendudukan, kawasan ini digunakan sebagai tempat pertahanan masyarakat Inca saat itu. Saat ini reruntuhan Ollantaytambo merupakan daya tarik pariwisata yang menjadi gerbang pembuka menuju jejak masyarakat Inca selanjutnya.

 

3. Choquequirao

[spoiler]

Choquequirao (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Berlokasi di antara perbatasan Cuzco dan Apurimac, Choquequirao (Ayunan Emas) ini terletak di ketinggian 3.085m di atas permukaan tanah. Reruntuhan peradaban Inca yang satu ini berupa konfigurasi tangga, yang terdiri dari 180 teras. Meski demikian, gayanya sangat berbeda dengan Machu Picchu, Choquequirao memiliki area yang lebih besar. Para wisatawan dapat mengunjungi kawasan ini dengan menggunakan kuda ataupun berjalan kaki.

 

4. Pisac

 

[spoiler]

Pisac (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pisac, sebuah kata yang berasal dari bahasa Quechua yang berarti “ayam hutan”. Merupakan sebuah tradisi lokal yang mendirikan bangunan dengan bentuk menyerupai ayam ataupun unggas lainnya. Di kawasan Pisac ini terdapat, benteng militer, kuil keagamaan, rumah pribadi, Lembah Suci yang terletak di antara Gunungan Salkantay. Berdasarkan sebuah dugaan, Pisac merupakan salah satu alat pertahanan masyarakat Inca, dari pihak asing yang mencoba memasuki Lembah Suci dari bagian selatan. Selain untuk mengawasi rute lainnya menuju kawasan Kerajaan Inca yang berbatasan dengan hutan rimba.

 

5. Sacsayhuaman

 

[spoiler]

Sacsayhuaman (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sacsayhuamán merupakan komplek benteng Inca yang terletak di atas Kota Cusco. Kota Cusco sendiri memiliki desain yang menakjubkan, yakni berbentuk puma –binatang yang menjadi simbol Dinasti Inca. Bagian perut puma berarti plaza utama, sementara Sungai Tullumayo menyimbolkan bagian ekor dari puma, sementara bagian kepala disimbolkan oleh Bukit Sacsayhuaman. Ada tiga tembok paralel yang dibangun di dalam komplek Sacsayhuaman dengan ketinggian yang berbeda-beda demikian pula dengan batu yang menyusunnya. Dan bagian gigi puma disimbolkan oleh banguan benteng yang didirikan secara zigzag. Berdasarkan sebuah cerita, bahkan sehelai kertas pun tidak dapat menembus kerapatan benteng tersebut. (**)

 

One Response to 5 Daya Tarik yang Tersisa Dari Peradaban Inca (Bagian I)

  1. keren juga sih kalo inget semua bangunan itu dibuat di masa lalu
    makanya jadi tanda tanya
    haruskah kita menganggap nenek moyang kita itu primitif..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com