bannersss


5 Fakta Menarik Tentang Planet Saturnus

Oleh : Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: Planet Saturnus terkenal dengan sistem cincin yang luar biasa indah yang mudah terlihat bahkan di teleskop kecil. Namun, di luar cincin yang indah, sebagian orang belum mengetahui beberapa hal menarik tentang planet ini. Berikut adalah beberapa fakta yang paling menarik tentang planet saturnus:

 

1. Saturnus Bukan Satu-satunya Planet Dengan Cincin

 

[spoiler]

Saturnus Bukan Satu-satunya Planet Dengan Cincin (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Sebagian besar orang menganggap bahwa planet yang bercincin hanya planet saturnus, namun beberapa planet juga mempunyi cincin, sperti Jupiter, Uranus dan Neptunus yang memiliki sistem cincin kecil, namun cincin mereka tidak terlihat dari bumi bahkan dengan teleskop terbesar.

 

2. Pioneer 11 Adalah Satelit Pertama Yang Mengunjungi Saturnus.

 

[spoiler]

Pioneer 11 Adalah Satelit Pertama Yang Mengunjungi Saturnus. (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Pioneer 11 diluncurkan pada tahun 1973, terbang mencapai Saturnus pada tahun 1979, menjadikan pioner 11 sebagai satelit pertama yang mengambil foto cincin planet saturnus. Pioneer 11 masih berfungsi dengan baik sampai saat ini tetapi sinyal menjadi sangat lemah karena fungsi sistem pengisiannya telah berkurang.

 

3. Saturnus Adalah Planet Paling Berangin

 

[spoiler]

Saturnus Adalah Planet Paling Berangin (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Angin di planet ini bisa mencapai 1.100 mph, beberapa ratus mil per jam lebih cepat dari pada angin di planet Jupiter. Bandingkan dengan tornado terkuat dibumi yang hanya berkecepatan 300 mph.

 

4. Saturnus Mempunyai Bulan yang Mempunyai Atmosfer

 

[spoiler]

Saturnus Mempunyai Bulan yang Mempunyai Atmosfer (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Bulan terbesar di sekitar Saturnus adalah Titan, dan itu adalah satu-satunya bulan di tata surya yang memiliki atmosfer yang signifikan. Pada tahun 2010, ada 53 satelit yang mengorbit planet bercincin ini. Hanya beberapa dari mereka yang terlihat dalam teleskop di bumi. Sembilan dari mereka ditemukan hanya dalam beberapa tahun terakhir tapi belum bernama.

 

5.Tekanan Atmosfer di Saturnus 100 kali lebih kuat dari bumi

 

[spoiler]

Tekanan Atmosfer di Saturnus 100 kali lebih kuat dari bumi (Sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

Tekanan atmosfer Saturnus 100 kali lebih kuat daripada bumi kita. Tekanan ini begitu kuat sehingga gas apapun dapat dihancurkan dan menjadi cair. Tekanan ini juga dapat menghancurkan pesawat ruang angkasa yang mendekat. Hal ini menunjukkan bahwa tidak mungkin ada kehidupan disana.(**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Agustus 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com