bannersss


5 Hidangan Unik yang Berbahan Dasar Alpukat

Oleh:  Afina Fatharani (kontributor uniknya.com) & Tim uniknya.com

[UNIKNYA.COM]: Anda pasti mengenal alpukat. Buah dengan daging tebal berwarna hijau ini banyak sekali manfaatnya. Dari buah, kulit, biji, hingga daun alpukat memiliki kegunaan dan nilai ekonomis. Biji alpukat bisa digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya biasa digunakan sebagai bahan bakar, kulit pohon menjadi pewarna cokelat bagi industri dengan produk dari bahan kulit, dan daunnya bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit.

Beberapa kosmetik juga berbahan dasar alpukat. Bahkan jika dikonsumsi,sangat  dipastikan berguna bagi kesehatan tubuh kita. Terutama dalam hal kandungan gizi dan vitamin. Namun, banyak yang masih beranggapan alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak, bahan kandungan lemaknya melebihi durian, sehingga bisa mengakibatkan kegemukan. Karena itulah tidak sedikit yang memilih tidak mengonsumsi alpukat.

Pada kenyataannya buah yang berasal dari daratan Amerika ini memiliki kandungan yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Selain itu, alpukat mengandung kalium yang tinggi dan baik untuk pengobatan kolesterol, kadar lemak sehat yang dikandung di dalamnya meningkatkan kadar insulin, sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah.

Dengan segala manfaat tersebut, alpukat sangat disarankan dikonsumsi oleh kita. Dan jika kita ingin mengonsumsi alpukat, tetapi dalam bentuk lain, tidak ada salahnya menyantap olahan alpukat seperti yang uniknya.com rangkum berikut ini.

 

1. Pound Cake Alpukat

Pound cake merupakan kue yang paling sering kita jumpai. Pound cake pertama kali diperkenalkan di Inggris pada awal 1700-an. Nama pound sendiri diambil dari satuan ukuran. Semua bahan yang digunakan untuk membuat cake selalu ditakar dalam satuan pound. Karena sebagian besar masyarakat waktu itu masih belum bisa membaca, sementara mereka ingin membuat kue tersebut , ukuran pound inilah yang menjadi solusi dalam membuat takarannya.

Seiring perkembangan waktu, cake dibuat tidak lagi hanya dengan rasa tawar yang alami. Kini berbagai macam aroma dan rasa bisa mampir di mulut kita. Salah satunya cake dengan rasa alpukat. Jika adonan cake yang akan kita buat ditambah alpukat, maka siap-siap saja cake Anda terlihat seprti tidak mengembang. Walaupun dengan resep yang biasanya membuat cake Anda bisa terlihat indah mengembang. Semua itu karena kandungan dari alpukat yang kaya lemak, sehingga menjadi agak berat.

Walaupun terlihat seperti tidak mengembang, cake yang dimasukkan alpukat di dalamnya memiliki keunggulan lain. Selain dari rasanya, tekstur cake menjadi sangat lembut. Jika ingin rasa alpukatnya lebih dominan, dari resep membuat cake yang biasa Anda lakukan, tinggal ditambah porsi daging alpukatnya. Agar halus, bisa dengan cara diblender atau dikerok terlebih dahulu.

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

2. Sandwich Alpukat

Makanan olahan dari alpukat selanjutnya yang bisa Anda buat jika bosan mengonsumsi buah alpukat langsung, yakni sandwich alpukat. Sebenarnya cara pembuatan dari sandwich ini tidak jauh berbeda dengan sandwich umumnya. Hanya saja dari rasa akan sedikit berbeda, karena bukan ayam, ikan, atau daging asap yang ada di tengah sepasang roti, melainkan daging buah alpukat.

Sandwich alpukat mungkin sedikit asing di Indonesia, atau Negara-negara Asia lainnya. Namun, di Eropa, sandwich alpukat  sudah sangat terkenal atau biasa dibuat. Bahkan semakin hari, semakin tinggi permintaan terhadap sandwich ini. Tingginya permintaan karena memang rasa dari sandwich alpukat sangat enak, dan cocok dikonsumsi oleh mereka para vegetarian. Dan tentu saja lantaran sandwich alpukat tergolong makanan sehat.

Dalam pembuatannya pun sangat mudah. Anda tinggal menyediakan lembaran roti tawar, buah alpukat matang, lalu potong-potong daging buahnya, susu kental manis, lembaran keju, dan sedikit mayonnaise. Campurkan susu kental manis dengan mayonnaise. Selanjutnya susun roti tawar, keju lembaran, dan potongan daging buah alpukat, lalu olesi mayonnaise tadi dan tutup kembali oleh lembaran roti. Sandwich ini tinggal santap dan mungkin menjadi bekal yang pas untuk anak Anda berangkat ke sekolah.

 

[spoiler]

[/spoiler]

 

3. Sushi Alpukat

Makanan yang satu ini juga dijamin akan menggugah Anda untuk menyantapnya. Terutama di siang hari saat Anda istirahat dari pekerjaan dan harus kembali mengisi energi Anda dengan makanan berat. Ya, sushi alpukat bisa menjadi alternative makanan saat waktu istirahat bekerja. Sangat pas dikonsumsi karena memang sushi alpukat termasuk makanan berat.

Makanan ini tentu saja jika Anda sedang merasa bosan dengan nasi, atau makanan berat lainnya. Sayangnya sushi alpukat belum terlalu banyak yang menjualnya. Mungkin hanya restoran-restoran tertentu saja yang menjajakannya. Selain rasa dan teksturnya yang lembut, penampilan sushi yang satu ini sangat menggoda selera.

Jadi, jika Anda penasaran dengan makanan olahan dari alpukat ini, Anda harus membuatnya sendiri. Beruntung untuk membuat sushi alpukat cukup mudah. Selain bahan-bahan yang biasa disajikan dan terdapat dalam sushi, seperti daging ayam, atau ikan dan sayuran. Anda biasa menambahkan baby buncis dan wortel, saus soya, kecap jahe penelup ala Jepang yang terbuat dari campuran Kikkoman, cuka beras, dan irisan jahe, dan tentu irisan buah alpukat yang akan disimpan baik di dalam maupun di atas sushi tersebut.

Jika sudah masak dan tersedia, Anda tinggal menyantapnya. Dijamin makan siang Anda akan lebih menyenangkan, dan menjalani aktivitas pekerjaan bisa kembali dengan semangat tinggi.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

4. Salad Alpukat

Selanjutnya makanan olahan dari alpukat jika dikonsumsi secara langsung, yakni salad alpukat. Seperti salad lainnya, salad alpukat disantap menjadi makanan pembuka. Dan paling pas saat akan makan siang, agar selera makan Anda menjadi lebih tinggi. Tapi syaratnya  menyantap salad alpukat hanya dalam porsi kecil saja, agar perut Anda tidak kenyang karena makan salad ini.

Sebenarnya sangat mudah mendapatkan salad alpukat ini. Biasanya restoran atau rumah makan siap saji selalu menyediakan menu salad bagi para pelanggannya. Namun, jika Anda menyantapnya di rumah, terutama di hari libur saat berkumpul bersama anggota keluarga, tidak ada salahnya jika Anda membuat sendiri.

Caranya tidak terlalu sulit. Pertama, siapkan bahan-bahannya, yang sebagian besar berupa buah-buahan dan sayuran. Yang utama tentu saja buah alpukat yang diambil dagingnya. Potong buah-buahan berbentuk segi empat kecil seperti dadu, dan iris sayuran salada bokor, dan kucai, dengan ukuran tidak terlalu kecil. Potong paprika hijau, lantas siapkan mayonnaise.

Jika semua bahan sudah siap, ambil mangkuk ukuran sedang, ambil potongan buah-buahan dan sayuran, dan siram dengan mayonaise secara merata. Salad alpukat sebagai makanan pembuka pun siap dihidangkan dan disantap ramai-ramai.

 

[spoiler]

 

[/spoiler]

 

5. Kerupuk Alpukat

Makanan olahan terakhir dari alpukat, yakni kerupuk alpukat. Penganan baru ini dikembangkan usaha kecil menengah di Lampung. Berawal dari melimpahnya hasil perkebunan dan untuk menghindari alpukat terbuang lantaran buruk. Akhirnya inovasi memanfaatkan alpukat menjadi penganan lain ditemukan, yakni dibuat menjadi kerupuk.

Cara pembuatan kerupuk alpukat terbilang cukup mudah dengan meramu bahan berupa tepung, alpukat, serta bumbu lain menjadi bahan pokok pembuatan kerupuk. Namun, untuk masalah rasa, kerupuk alpukat lebih pas jika dibuat dengan rasa gurih manis, sehingga alpukat yang pas dijadikan bahan dasar adalah alpukat mentega, karena tekstur daging buah yang tebal dan rasa gurih dan manis yang khas.

Dari segi bentuk, alpukat hadir seperti kerupuk lainnya tanpa banyak variasi. Namun, yang membedakannya, yaitu rasa. Dan tentu saja kehadiran kerupuk alpukat telah menambah kaya khasanah kuliner di Indonesia. (**)

 

[spoiler]

Kerupuk Alpukat (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, Uniknya.com, Juli 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com