bannersss


5 Jalan Raya Tertua di Dunia (Bagian – II Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Jalanan sudah diciptakan manusia sejak zaman peradaban kuno. Sarana yang menghubungkan penduduk di satu wilayah ke wilayah lain, seperti halnya alat atau media komunikasi, jalan raya menjadi sarana pertukaran budaya,ekonomi, politik, fesyen dan bahkan keyakinan.saat ini beberapa jalan tua masih dapat dinikmati ataupun dilalui meskipun dengan suasana yang berbeda seperti yang dirangkum oleh uniknya.com berikut ini:

 

1. Persian Royal Road, Dari Turki Ke Iran

 

[spoiler]

Persian Royal Road (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Raja Darius Agung dari penguasa Persia membangun jalan raya ini untuk menghubungkan wilayah Mediterania dengan Teluk Persia. Jalan raya kuno Kerajaan Persia ini terbentang dari baratlaut Turki kemudian melintasi Mesopotamia dan Susa (Iran). Dikabarkan beberapa tokoh sejarah dan kitab pernah melintasi jalan raya tua ini, Raja Midas, Nabi Daniyal, Ratu Esther, Sejarawan Herodotus, dan si penakluk Alexander.

 

2. King’s Highway, Mesir hingga Syria

 

[spoiler]

King’s Highway (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Jalan raya yang satu ini merupakan salah satu jalur perdagangan terbesar di dalam sejarah Timur Tengah, keberadaan tercatat di dalam kisah-kisah di kitab suci. Membentang dari Mesir melintasi Gurun Sinai hingga Teluk Aqaba dan berakhir di utara Syria. Jalanan ini banyak dilalui oleh para peziarah yang ingin berkunjung ke Pegunungan Nebo, Jordan, sebuah tempat ketika Nabi Musa melihat Tanah yang Dijanjikan, untuk kali pertama.

 

3. Via Egnatia, Dari Albania ke Turki

 

[spoiler]

Via Egnatia (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Bangsa Romawi, Yunani, Byzantines (Turki), Krusader, Venesian, Ottoman, dan Austria telah menggunakan jalan kuno indah ini untuk dapat melintasi pegunungan di dataran Balkan. Via Egnatia dibangun oleh Gubernur Egnatius di abad ke -1 Masehi untuk menghubungkan Laut Aegea dengan Bosporus. Dan bayangkan saja setelah Selama lebih dari 2.000 tahun, itu adalah jalan raya yang ramai dan digunakan oleh tentara, tentara salib, pengkhotbah, bandit, pedagang dan petani, pemungut cukai dan karavan baik yang diseret oleh juda maupun keledai, jalan tua ini masih meyisakan kehadirannya di era modern.

 

4. Amber Road, Dari Rusia hingga Italia

 

[spoiler]

Amber Road (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Dari sejak pertama kali digunakan, jalan ini telah memiliki julukan yang indah –emas dari utara, karena merupakan jalur perdagangan yang melintasi wilayah daratan Baltik dengan Adriatik. Saat ini, jalur ini merupakan yang sangat menantang untuk dilintasi oleh para wisatawan, petualang dan peziarah, membentang dari bagian timur St. Petersburg hingga bagian pusat Eropa hingga ke Venice. Jalanan ini menyajikan keindahan kota-kota besar dan kaya seperti Scarbantia (Sopron, Hungaria) dan Savaria (Szombathely, Hungaria), Poetovium (Ptuj), Celeia (Celje) dan Emona (Ljubljana, Slovenia) makmur.

 

5. Via Augusta, Spanyol

 

[spoiler]

Via Augusta (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Namanya diambil dari salah satu kaisar Romawi, Kaisar Augustus. Jalan kuno yang satu ini membentang dari Cadiz di utara Andalusia hingga Coll de Panissars di Catalonia hingga Pyrenees. Via Augusta juga melintasi jalanan Via Domitia dan beberapa jalan lainnya yang semuanya berakhir di Roma. Bangsa Romawi merupakan petualang sekaligus arsitektur yang handal, karena mereka membuat jalan dengan teknik yang canggih di zamannya sehingga dapat bertahan lama. Bahkan meskipun telah ditutupi asapal, tetap saja beberapa bagian tetap terlihat dan dapat dikenali. (**)

 

Sumber: nationalgeographic.com, uniknya.com, Agustus 2012.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com