5 Makanan ‘Super’ Pelindung Manusia

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Pola makan sehat dan asupan gizi yang benar tentunya akan menunjang aktifitas kita sehari-hari, dan semua metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan baik. Tanah pertiwi yang kita tinggali telah menyediakan kita dengan berbagai tetumbuhan dan makanan hijau yang sehat,sehingga banyak pilihan untuk kita mendapatkan nutrisi dan gizi yang sehat. Jadi kenapa kita tidak memanfaatkannya dan memilih hidup sehat. Berikut Uniknya.com merangkum 5 makanan sehat berdaya sembuh tinggi:

 

1. Bayam

 

[spoiler]

Bayam (sumber : blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sayuran kesukaan Popeye si Pelaut, bayam hijau, memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Setiap daunnya mengandung vitamin yang cukup lengkap yakni, A. C, E K, B6, mangan, kalsium, selenium, riboflavin, zat besi, niasin dan zinc. Bayam tidak hanya memiliki zat dan nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan kanker kulit dan payudara, namun juga mengandung asam lemak omega-3. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Sains Manchester, bayam juga membantu tubuh kita dalam memperlambat proses penuaan. Tidak heran jika bayam banyak dianjurkan oleh para ahli diet untuk dikonsumsi sebagai makanan penurun berat badan, karena tidak mengandung kolesterol.

 

2. Wortel

 

[spoiler]

Wortel (sumber : blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sayuran berwarna oranye yang satu ini memiliki rasa manis dan renyah, wortel merupakan salah satu makanan yang mampu menambah daya tahan (imunitas) tubuh kita terhadap berbagai serangan penyakit. Satu gelas sari atau jus wortel, mengandung 52 kalori dan sedikit mengandung lemak serta bebas kolesterol. Wortel ini kaya akan anti-oksidan polin falcarinol, sehingga wortel memiliki zat yang hebat untuk menghancurkan sel pra-kanker di dalam tubuh manusia. Wortel pun kaya akan kandungan asam pantothenis, mangan, betakaroten, serat diet, vitamin (B6,K, C) dan tembaga, sehingga dapat membantu pertumbuhan tubu manusia. Wortel mampu memerangi dan mengalahkan berbagai zat pemicu kanker, seperti kanker paru-paru, kulit dan mulut. Ada beberapa cara mengonsumsi wortel ini, dimakan langsung, dijus, ataupun disajikan dalam bentuk sup.

 

3. Kale

 

[spoiler]

Kale (sumber : wordpress.com)

[/spoiler]

 

Kale merupakan sayuran yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga dapat menjadi salah satu terapi detoksifikasi bagi manusia. Tidak hanya memiliki resiko rendah dalam memicu sel kanker, namun juga mampu menurun kandungan kolesterol di dalam tubuh manusia. Sayuran ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan program diet, karena sama halnya dengan wortel, kale mengandung vitamin (A,C,K, B6), tembaga, kalsium, mangan, dan potassium. Di dalam metode pengobatan China, kale juga banyak digunakan sebagai obat untuk mencegah terjadinya radang paru-paru. Jika kita mengonsumsi kale 2-3 kali sehari akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari kandungan kale ini.

 

4. Buah Cherry

 

[spoiler]

Cherry (sumber : blogspot.com)

[/spoiler]

 

Cherry merupakan buah ‘super’ yang wajib dikonsumsi oleh para pelaku program diet, karena mengandung serat dan vitamin C yang tinggi. Cherry merupakan mengandung banyak fitonutrisi (zat kimia aktif pada tanaman yang berperan dalam memberikan warna, rasa, pertahanan alami terhadap penyakit), bebas dari sodium dan lemak. Saat ini, para ilmuwan telah menemukan kandungan melatonin di dalam buah cherry, sehingga dapat dijadikan makanan yang dapat menunda penuaan serta mengurangi resiko terkena serangan jantung dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis dan encok. Waw! Hebat bukan? Selain rasanya yang manis juga dapat menjadi pencegah sekaligus pencegah tubuh kita dari penyakit dan kanker.

 

5. Brokoli

 

[spoiler]

Brokoli (sumber : wordpress.com)

[/spoiler]

 

Brokoli adalah sebuah senjata alami yang dapat memerangi kanker dan mengurangi resiko kelahiran bayi cacat. Makanan super ini tidak hanya mendorong kekebalan tubuh dan membantu pertumbuhan sel dan pembangunan tulang. Brokoli merupakan sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin (E,A,C,K,B6), potasium, mangan, zat besi dan kalsium. Satu hal lagi, brokoli dapat mencegah tumbuhnya tumor di dalam tubuh manusia.

 

Tambahan:

 

1. Buah Jambu

 

[spoiler]

Jambu (sumber : blogspot.com)

[/spoiler]

 

Buah jambu merupakan tanaman yang berasal dari wilayah tropis, rasanya manis dan sangat ideal untuk dijadikan teman diet. Jambu pun dikenal sebagai penyembuh gangguan sembelit, dan sangat efektif dalam mencegah terjadinya kanker serta gangguan jantung. Bukan itu saja, jambu dapat mencegah berbagai penyakit kulit. Bagi kaum pria, dipercaya dengan mengonsumsi jambu akan menjaga kesuburan spermanya. Dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi, serat diet dan mineral, buah jambu pun digunakan untuk mengobati penyakit diare, demam dan dalam pengobatan tradisional digunakan sebagai penyembuh penyakit diabetes dan deman berdarah.

 

2. Buah Kiwi

 

[spoiler]

Buah Kiwi (sumber : wordpress.com)

[/spoiler]

 

Buah yang satu ini pun tidak kalah bermanfaatnya dengan bebuahan dan sayur-mayur yang telah disebutkan di atas tadi. Kiwi mengandung banyak unsur serat diet dan merupakan pilihan yang baik bagi para penderita diabetes. Kiwi pun dapat mencegah kita dari gangguan batuk-batuk. Buah kiwi mengandung vitamin C dan K yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai makanan pencegah penyakit asma dan kanker usus besar. Satu lagi, buah kiwi dapat mencegah kita dari berbagai gangguan penyakit mata. (**)

Sumber: environmentalgrafitti.com, uniknya.com, Agustus 2012.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com