bannersss


5 Sosok yang Menjadi Musuh Batman (Bagian II – Habis)

Oleh : Triasterina (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA] : Tak bisa dipungkiri setiap orang hebat, dalam hal ini super hero, memiliki satu atau beberapa musuh. Peran si musuh bisa jadi untuk mengacaukan apa yang sudah dianggap nyaman atau hanya ingin menandingi kemampuan super dari super hero tersebut. Belakangan ini, orang-orang di hampir seluruh dunia sedang demam Batman, The Dark Knight, seorang super hero yang dijadikan film dari saduran DC Comics karya Bob Kane dan Bill Finger. Untuk mengingatkan siapa saja yang menjadi musuh pahlawan kegelapan ini, uniknya.com akan membaginya untuk Anda.

 

1. Dr. Thomas Elliot/Hush

Dr. Thomas Elliot adalah teman masa kecil Bruce Wayne, tokoh asli Batman di luar kehidupan super hero-nya. Ia mengetahui bahwa Bruce Wayne adalah tokoh di balik topeng Batman. Thomas Elliot berasal dari keluarga yang kaya raya, dan pernah mencoba membunuh kedua orangtuanya untuk mendapatkan harta warisannya. Di masa kecilnya Thomas Elliot dan Bruce Wayne sering bermain strategi, dan ini yang dijadikan kelihaiannya dalam melumpuhkan Batman.

Pengalaman masa kecilnya, ketika ia menghabiskan waktu bersama Bruce Wayne membuatnya menjadi ancaman bagi Batman saat ia merekonstruksi wajah dan perangainya diatur sedimikian mirip dengan Batman dan pada saat itu Ia menjadi musuh terbesar bagi Batman. Tokoh Hush ini digambarkan sebagai sosok bertubuh besar dan tegap dengan perban menutupi tubu dan wajahnya.

 

[spoiler]

Dr. Thomas Elliot/Hush (Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Jonathan Crane/Scarecrow

Jonathan Crane, atau kemudian menjadi sosok Scarecrow, adalah musuh Batman yang bisa digolongkan sebagai musuh yang paling penakut. Ia seorang mantan psikriater yang kemudian berubah menjadi seseorang yang mentalnya tidak stabil. Pengetahuannya akan obat-obatan yang bisa menangulangi rasa takut dan fobianya. Awalnya Crane bekerja untuk Ra’s al Ghul dan kemudian ia bekerja sendiri dengan memunggut bayaran. Ia berhasil menciptakan obat untuk menanggulangi ketakutan seseorang dengan menimbulkan halusinasi dari ketakutan orang tersebut.

Dengan cara menyebar obat dalam bentuk asap, ia bisa menjadi musuh yang cukup kuat untuk Batman, dimana Batman akan merasakan halusinasi atas ketakutan di bawah alam sadarnya. Sosok Crane, atau Scarecrow digambarkan sebagai seorang orang-orangan pengusir burung di ladang (orang-orangan sawah), lengkap dengan topengnya yang didesain sebagaimana seorang orang-orangan sawah.

Sosok Scarecrow muncul di Batman Begins (2005) dan The Dark Knights (2008), aktor yang memainkannya adalah Cillian Murphy.

 

[spoiler]

Jonathan Crane/Scarecrow (Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Eddie Nashton/Edward Nygma A.K.A. The Riddler

Edward Nygma atau The Riddles termasuk kepada deretan musuh yang sukses mengelabui Batman. Ia sering ditemui mengenakan kostum yang dipenuhi oleh tanda tanya. Ia terkenal dengan dua kostum yaitu, jas dan celana panjang berwarna hijau dengan dilengkapi topeng berwarna ungu dan topi bowler berwarna hijau dan kostum satu lagi adalah catsuit ketat berwarna hijau dan dengan aksesoris yang sama.

Edward, pada masa kecilnya mempunyai isu penganiayaan dari kedua orang tuanya. Setelah Edward mendapatkan nilai yang tinggi dalam tes yang penting di sekolah, ayahnya tidak bisa menerima bahwa anaknya pandai dan menunduh bahwa anaknya telah menyontek pekerjaan hasil orang lain, lalu Edward dipukuli oleh ayahnya karena hal yang dianggap tidak terpuji ini. Perlakuan ayahnya yang menyebabkan Edward menyembunyikan kebenaran dan membuktikan inosensnya. Hal ini menyebabkan ia terobsesi dengan teka-teki. Kegilaannya pada sebuah teka-teki yang membuatnya menjadikan keahliannya akan teka-teki sebagai alat kejahatan untuk menghancurkan kota Gotham.

The Riddler muncul dua kali dalam film Batman, yaitu Batman di tahun 1966 diperankan oleh Frank Gorshin. Pemunculan The Riddler kedua diperankan oleh aktor komedi watak, Jim Carey pada film Batman Forever di tahun 1995.

 

[spoiler]

Eddie Nashton/Edward Nygma A.K.A. The Riddler (Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Harvey Dent/Two Face

Jika Batman terkenal dengan istilah The Dark Knight, Harvey Dent dikenal sebagai The White Knight. Ia adalah seorang kepala jaksa di kota Gotham. Harvey Dent menjadi pujaan para penduduk kota Gotham karena berhasil memenjarakan mafia ternama, Sal Maroni. Dalam personaliti lainnya Harvey Dent adalah Two-face, musuh Batman yang memiliki setengah wajah yang buruk karena cedera. Ada dua versi bagaimana Harvey Dent bisa mendapatkan luka di wajahnya, karen siraman air keras dari Sal Maroni dan kecelakaan yang didapat dari ledakan yang mematikan Rachel dan mencederai setengah tubuh dan wajahnya.

Yang dikenal dari Two-face adalah ia selalu membuat keputusan menggunakan koin. Ia melihat batman sebagai musuh karena ia selalu memotong pengadilan dengan menggunakan jalan pintas hukumannya sendiri, hukuman ksatria malam, tanpa ada pengadilan. Two-face memiliki rasa penasarlah dan obsesi untuk mengalahkan Batman. Begitu pula saat batman berhasil melumpuhkannya, Batman menjadi tersangka utama yang membunuh Harvey Dent atau Two-face. Dalam film Batman, Harvey Dent diperankan oleh Tommy Lee Jones dalam Batman Forever dan Aaron Eckhart dalam The Dark Knight.

 

[spoiler]

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. The Joker

Joker, merupakan musuh terbesar Batman. Beberapa dokter yang pernah memeriksanya mempunyai kesimpulan yang berbeda, mulai dari Obsessive Compulsive Disorder, Multiple Personality Disorder dan Schizophrenia. Lalu daftarnya tidak sampai itu saja, singkat kata Joker merupakan penjahat yang keji tanpa berpikir panjang ia dapat menghilangkan nyawa orang dengan gampang dan tanpa berpikir panjang, seperti dijadikan kepuasan sendiri saat berhasil melakukannya.

Joker berpenampilan seperti seorang jester namun lebih menakutkan lagi, malah terlihat seperti badut yang menyeramkan. Ia dan Batman sangat bertolak belakang, jika Batman dikenal sebagai ksatria kegelapan dan sangat serius, Joker tampil dengan penuh keceriaan (dalam arti kegilaannya). Lalu Batman menghindar untuk tidak membunuh, sedangkan Joker bisa membunuh di setiap kesempatan. Dan pada akhirnya hanya Joker yang bisa membuat Batman melanggar aturannya sendiri, untuk tidak membunuh orang.

Joker pernah diperankan oleh Jack Nicholson dalam fim Batman di tahun 1989 dan terakhir akting heath Ledger semepat memukau penggemar Batman di seluaruh dunia dalam The Dark Knight.(**)

 

[spoiler]

The Joker (Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari Berbagai sumber, uniknya.com 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com