[Spotlite] Keindahan dan Kesucian DaratanTibet

Oleh:  Afina Fatharani (kontributor uniknya.com) & Tim uniknya.com

 [UNIKNYA.COM: Tibet, orang-orang menyebutnya puncak dunia, karena keberadaannya di Pegunungan Himalaya yang merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia. Negara ini, sebenarnya provinsi dari Republik Rakyat Cina, namun menjadi daerah otonomi khusus oleh Pemerintah Cina. Tibet berbatasan langsung dengan Nepal, Bhutan, dan India, serta Xianjing, Qinghai, dan Sichuan di Cina. Mayoritas penduduk negara dengan Ibu Kotanya Lhasa ini beragama Budha. Sebelum dibuka oleh Cina, Tibet merupakan daerah yang menyimpan banyak misteri bagi para petualang, karena terapat beberapa tempat yang hanya bisa di masuki orang-orang tertentu saja.

Cerita singkat dari Tibet tersebut, hanya sedikit dari dongeng menarik dan unik dari keberadaan puncak dunia tersebut. Masih ada cerita yang mungkin saja belum begitu akrab di telinga pemirsa, seperti yang dirangkum uniknya.com berikut ini:

 

1. Himalaya

Himalaya merupakan barisan pegunungan yang menjadi pemisah anak benua india dari dataran Tibet. Di barisan pegunungan inilah warga Tibet hidup, dengan segala keunikannya, karena Himalaya merupakan salah satu deretan pegunungan yang tertinggi dan sulit menaklukan alamnya. Terutama cuaca yang sering berubah dengan cepat menjadi ekstrem.

 Ada delapan belas puncak gunung di Barisaha Himalaya dengan rata-rata ketinggian mencapai 7000 meter hingga 8000 meter. Kawasan yang menjadi tempat tinggal warga asli Tibet yang bejumlah kurang lebih 2 juta penduduk, memiliki jumlah oksigen 40% lebih rendah dari jumlah oksigen di permukaan laut. Menurut para peneliti, jumlah oksigen tersebut tidak baik bagi manusia untuk bisa bertahan hidup.

 Namun sebuah hasil penelitian menyebutkan, etnik Tibet yang tinggal di Himalaya mengalami evolusi lebih cepat dibanding manusia lainnya, sehingga kekebalan tubuh mereka bisa dengan cepat menyesuaikan dengan kondisi ekstrem Pegunungan Himalaya. Kekebalan tubuh yang berevolusi menjadi lebih kuat terjadi dengan cepat.

 

[spoiler]

Himalaya (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Biara

Karena sebagian besar warga Tibet memeluk agama Buddha, maka banyak berdiri biara-biara tempat beribadah. Biara tersebut berdiri di berbagai tempat seperti Ibu Kota Lhasa, Kathmandhu, dan tempat lainnya. Biara merupakan pusat para biksu Buddha menjalankan aktivitasnya. Dan yang utama dari biara-biara tersebut yakni sebagai tempat kegiatan spiritual umat Buddha dengan cara meditasi.

 Bagi para wisatawan yang datang ke Himalaya, biara-biara ini menjadi salah satu pemandangan yang mengagumkan. Dari biara-biara tersebut, para wisatawan bisa mengenal dan mengetahui bagaimana kehidupan para rahib. Namun tidak semua wisatawan bisa memasuki biara-biara tersebut.

 Pada waktu-waktu tertentu, dan didampingi para biksu, wisatawan bisa masuk dan berinteraksi dengan para biksu. Beberapa biara yang bisa didatangi pada waktu-waktu tertentu seperti Biara Kirti, Biara Labrang, dan beberapa biara lainnya. Namun ada biara yang selalu menjadi pusat perhatian karena keindahan bangunannya, yakni Biara Thikse di Ladakh.

 

[spoiler]

Biara (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

3. Dalai Lama

Pemimpin Negara yang juga pemimpin spiritual Tibet disebut Dalai Lama. Dalai mengandung arti lautan dalam bahasa Mongol, dan Lama berasal dari kata bla ma bahasa Tibet yang berarti guru. Gelar ini pertama di anugerahkan para penguasa Mongol, Althan Khan. Seperti hal nya seorang raja atau presiden, Dalai Lama merupakan pengendali pemerintahan di Tibet. Kendali Dalai Lama di Tibet berlangsung sejak abad ke- 13 sampai abad 19-an, sebelum invasi dari tentara Republik Rakyat Cina terjadi pada 1949 dan mengambil alih kendali pada 1959.

Namun dalam invasi tersebut, Tibet yang dipimpin Dalai Lama ke-5 berhasil melarikan diri ke Ladakh, India. Hingga kini Tibet sudah dipimpin 14 Dalai Lama. Dari setiap generasi, yang disebut Inkarnasi, para Dalai Lama mengharapkan adanya otonomi bukan kemerdekaan bagi Tibet dan Pemerintahan Cina.

 

[spoiler]

Dalai Lama (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

4. Wisata Unik Tibet

Selain keindahan letak geografis yang berada di kawasan Pegunungan Himalaya, dan nuansa spiritual yang kental di tanah Tibet, yang menarik bagi para pendatang yakni berwisata dengan menggembala yak, binatang khas Tibet yang hidup di Dataran Himalaya.

Kita bisa memberi menggembala yak, memberi makan hingga memerah susu dari hewan yang bertubuh besar seperti sapi, namun memiliki bulu yang lebat dan tanduk yang panjang. Walaupun terlihat cukup buas, namun yak sangat jinak.

Selain menjadi teman baru bagi para wiastawan, yak juga biasa dijadikan pengangkut barang para petualang yang ingin mencapai salah satu puncak yang ada di pegunungan Himalaya. Para pendaki gunung bisa menyewa yak ditemani para pemiliknya hingga tempat tujuan.

 

[spoiler]

Wisata Unik Tibet (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

 

[/spoiler]

Itulah beberapa hal menarik yang berkaitan dengan Tibet yang belum sepenuhnya diketahui. Namun yang pasti, keberadaan Tibet merupakan salah satu kekayaan dunia yang bisa kita nikmati dibalik berbagai konfliknya.

 

Sumber: Berbagai sumber, Uniknya.com, Juni 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com