bannersss


[Spotlite] Kreasi Kertas Menakjubkan

Oleh:  Afina Fatharani (kontributor uniknya.com) & Tim uniknya.com

[UNIKNYA.COM]: Kertas merupakan salah satu produk yang disumbangkan alam kepada manusia untuk menunjang segala sisi kehidupan. Namun selama ini, kita seringkali membuang secara percuma sampah-sampah kertas yang sudah tidak terpakai. Padahal, seharusnya jika kita memanfaatkannya dengan baik, kertas-kertas itu dapat berubah menjadi suatu kerajinan tangan unik dan menarik. Sedikit kreatifitas dan imajinasi, maka kita bisa memanfaatkan kertas sebagai barang yang bermanfaat.

Prinsip dasar dari kerajinan ini adalah anyaman yang prosesnya diawali dengan membuat potongan kertas di buat sedemikian rupa, sesuai keinginan dan kegunaan. Kertas tidak saja berguna dan vital diperlukan dalam mencatatkan perjalanan sejarah manusia dari masa ke masa, tetapi juga berguna dan bernilai seni tinggi apabila ditangani tangan terampil seorang seniman. Seperti kreatifitas berbahan kertas yang telah uniknya.com rangkum berikut ini.

 

 

1. Robot Unik Terbuat Dari Kertas

Tak terbayangkan bagi banyak orang ternyata kertas bisa menjadi bahan baku robot. Namun, kenyataannya, kertas cukup aplikatif untuk digunakan. Dengan menggunakan prinsip origami, kertas bisa dipakai untuk membuat robot dengan biaya yang lebih murah. Dibuktikan dengan kehadiran sebuah robot ramah lingkungan pertama di dunia yang terbuat dari bahan kertas karton.

Ide tentang robot hijau bernama D Plus Ropop ini dicetuskan oleh perusahaan robot Eager. Ditampilkan pertama kali dalam pameran International Robot Exhibition 2009 di Tokyo.

Dengan bobot sekitar 6 kg, ukuran robot ini tergolong ringan dibanding robot pada umumnya. Jika kita perhatikan dengan seksama, keelokan dan keanggunannya lah, yang membuat robot ini terkesan unik.

Robot bisa bergerak dan berpose layaknya seorang peragawati yang sedang meragakan pakaian terbaiknya. Maka oleh itu, D Plus Ropop adalah sebuah robot modeling pertama di dunia. Cocok jika replika paras tubuh seksi ini di kenakan gaun, dan dipajang di jendela butik pakaian untuk memikat para pelanggan.

Seperti sebagian besar perusahaan robot di Jepang, sangat sulit menentukan biaya yang tepat untuk kepemilikan sebuah robot saat ini. D Plus Ropop yang memainkan peran penting dalam dunia modeling pertama di dunia, tak heran harga robot ini cukup memakan biaya tinggi. D Plus Ropop di tawarkan pada harga 43 juta rupiah, dan mereka juga menawarkan D Plus Ropop untuk disewa dengan harga 16 juta rupuah per minggunya.

 

[spoiler]

Robot Unik Terbuat Dari Kertas (sumber: blogspot.com)

 

 

 [/spoiler]

 

2. Desain Gaun Terbuat Dari Bahan Kertas Penyaring Kopi

Dalam perayaan Hari Bumi, banyak aktivis dunia menyelenggarakan acara yang bertujuan untuk menyelamatkan bumi kita yang tercinta. Salah satunya adalah acara yang baru saja digelar 24 Maret yang lalu. Perayaan lomba yang bertajuk Trashy Fashion Show ini, diselenggarakan oleh Ripey’s Believe It Or Not, sebuah museum yang berisi berbagai hal unik dari seluruh dunia. Trashy Fashion adalah kontes merancang busana berbahan daur ulang, seperti plastik, kertas, karton, botol minuman, dan masih banyak lagi. Acara ini bertujuan merangsang kreatifitas desainer, untuk mengkreasikan desain dengan penggunaan bahan yang sudah jadi sampah, untuk jadi lebih bernilai dan tetap indah dipandang mata.

Uniknya, yang memenangkan kontes untuk tahun 2012 ini ternyata adalah 2 orang anak perempuan usia 12 tahun, bernama Analise Barnard dan Amani Grant. Busana yang mereka buat berasal dari bahan kertas penyaring kopi. Busana rancangan kedua anak itu, terdiri dari sebuah gaun mini berwarna putih dengan sebelah pundak terbuka, dan dipenuhi rimpel dari kertas putih dengan sebelah pundak terbuka, dan dipenuhi rimpel dari kertas penyaring kopi bekas. Analise Barnard sebagai seorang desainer menyebutkan pakaian jenis gaun pesta kreasinya diciptakan sepenuhnya dari kertas penyaring kopi yang bertema energi tinggi.

Tak hanya itu, kertas penyaringnya juga menghiasi aksesoris berupa bando, dan hiasan sepatu. Hasil rancangan ini menjadi juara 1 pada kategori usia bawah 12 tahun. Sebagai hadiah mereka mendapatkan uang tunai sebesar 100 dollar amerika atau sekitar 900 ribu rupiah. Beruntungnya, busana rancangan mereka itu juga akan diboyong oleh pihak museum Ripley’s dengan harga yang sama, untuk dipajang dalam koleksi mereka, kreatif sekali bukan.

 

[spoiler]

 

Desain Gaun Terbuat Dari Bahan Kertas Penyaring Kopi (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Pesawat Kertas Terbesar di Dunia

Membuat pesawat kertas dengan pola origami, pasti sudah menjadi pengalaman saat-saat ceria masa kecil kita. Namun untuk pesawat yang satu ini bukan hanya di buat oleh anak-anak saja. Sebuah tim Pima Ait and Space Museum yang sedang mengerjakan proyek di Arizona, Amerika Serikat, telah berhasil membuat sebuah pesawat kertas terbesar di dunia.

Pesawat kertas ini memiliki panjang 45 kaki dan memiliki lebar sayap sepanjang 25 kaki. Sebagaimana pesawat kertas pada umumnya, pesawat jumbo ini juga diterbangkan. Namun, dibutuhkan bantuan helikopter untuk menariknya ke langit. Tak puas dengan penciptaan pesawat kertas, tim ini kemudian mencoba untuk menerbangkannya. Tak kurang lebih dari 4.000 kaki pesawat kertas tersebut ditarik ke langit oleh helikopter tersebut. Alhasil pesawat kertas mampu terbang sekitar 98 mil per jam sebelum kembali ke bumi. Saat melayang di langit, pesawat kertas itu hanya mampu mengambang di udara selama kurang lebih enam detik sebelum mendarat ke bumi.

Uniknya, pembuatan pesawat ini juga melibatkan seorang bocah berusia 12 tahun asal Tucson, Arturo Valdenegro. Ia memberi ide tersebut setelah memenangkan kontes menerbangkan pesawat kertas dalam waktu paling lama. Sebagai penghargaan, Arturo diabadikan sebagai nama pesawat kertas raksasa tersebut yaitu Arturo’s Desert Eagle

Proyek ini sendiri memang diperuntukkan untuk memantik anak muda, dan menginspirasi kaum muda Amerika Serikat lainnya untuk memacu semangat terbang mereka. Memang terkesan sepele, hanya dari sebuah kertas saja mampu terbang, makan teknologi penerbangan tersebut sejatinya sangat canggih. Generasi muda digoda dan dipacu semangatnya untuk lebih giat lagi tentang teknologi penerbangan.

 

[spoiler]

Pesawat Kertas Terbesar di Dunia (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

4.  Rekor Pesawat Kertas Dengan Penerbangan Terjauh

Bagi kita membuat pesawat terbang dari kertas, mungkin hanya sebuah kegiatan untuk menghabiskan waktu saja. Tapi bagi sebagian orang di luar sana, ini adalah sebuah hobi yang di jalani amat serius. Februari lalu, pria kelahiran San Rafael, California, bernama Joe Ayoob, membuat satu rekor dunia yang unik, yaitu menerbangkan pesawat kertas terjauh. Pesawat terbang kertas yang biasa dibuat anak-anak itu, memiliki bentuk yang sama seperti hal nya juga pesawat kertas yang biasa kita buat.

Namun hebatnya, Joe Ayoob yang juga mantan pemain American Football ini, membuat perolehan catatan tersendiri sebagai rekor penerbangan terjauh. Pesawat kertas yang dibuat oleh pria berumur 27 tahun tersebut, diterbangkan di sebuah hangar Mccellan Air Force Base, Sacramento, California, pada tanggal 26 Februari yang lalu. Pesawat kertasnya berhasil terbang sejauh 266 kaki 10 inchi atau sekitar 69.1 meter.

Rekor sejauh itu memang belum dikonfirmasi oleh Guinness World Record. Karena pada saat prestasi itu dibuat, tak ada perwakilan Guinness Record yang menyaksikannya. Namun jika itu sudah dikonfirmasi, Joe sudah dipastikan berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat Stephen Krieger di Washington pada 6 September 2003. Saat itu Stephen berhasil meluncurkan pesawat dari kertas sejauh 207 kaki dan 4 inchi atau sekitar 63,1 meter, kurang dari 20 kaki dari rekor yang dibuat oleh Joe.

Setelah berhasil memastikan rekor dunia, sontak Ayoob langsung memeluk sahabatnya Jhon Collins, serta para penonton dan kerabat dekat untuk merayakan keberhasilan ini dengan penuh kegembiraan. Pesawat kertas yang terbuat dari kertas ukuran A4 dan sepotong kecil selotip yang diterbangan oleh Joe, dirancang oleh John Collins, seorang ahli perancang pesawat terbang yang sudah berkiprah selama bertahun-tahun. Beberapa orang mungkin akan berpikir, apa yang menarik dari kegiatan ini, namun penghargaaan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Jhon.

 

[spoiler]

Joe Ayoob (sumber: blogspot.com)

 

 

[/spoiler]

 

Pemirsa baru saja kita saksikan beragam kreasi kertas yang menakjubkan. Nah, dengan sedikit sentuhan kreatif saja, anda dapat melihat pemanfaatan kertas atau koran menjadi benda-benda seni. Menuangkan kreatifitas tersebut, juga bermanfaat untuk melestarikan bumi yang kita pijak ini. Yuk mari kita manfaatkan bahan-bahan kertas.

Sumber: Berbagai sumber, Uniknya.com, Juni 2012

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

One Response to [Spotlite] Kreasi Kertas Menakjubkan

  1. Ternyata banyak inovasi dan sisi kreatif dari kertas ya :)
    Unik juga kalo dijadika kesenian origami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com