5 Organisasi Radikal di Dunia (Bagian I)

Oleh: Rudi Riono

[UNIKNYA.COM]:Radikalisme adalah sebuah paham atau aliran yangg menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis dan tidak segan segan untuk melakukan segala cara untuk bisa mewujudkan ambisinya. Banyak organisasi yang memiliki organisasi yang berfaham Radikalisme yang memicu tindak terorisme, yang mengakibatkan rakyat tidak berdosa menjadi korban. Berikut Uniknya merangkum 5 Organisasi Radikal di Dunia (Bagian I) :

 

1. Abu Nidalorganization (ANO)

Organisasi Internasional yang didirikan oleh Sabri al-Banna (alias Abu Nidal)pada tahun 1974. Terdiri dari berbagai komite fungsional , termasuk politik, militer, dan keuangan.Pada bulan November 2002, Abu Nidal tewas di Baghdad kepemimpinan baru organisasi tidak jelas. hingga kepemimpinan baru pada 1997.

Tercatat organisasi ini sudah menyerang hampir 20 negara, yang menewaskan atau melukai hampir 900 orang. Target utama mereka adalah Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Israel, moderat Palestina, PLO, dan berbagai negara Arab. Serangan serangan yang pernah dilakukan diantaranya bandara Roma dan Wina pada bulan Desember 1985, Sinagoga Neve Shalom di Istanbul dan Pan Am Penerbangan 73 pada bulan September 1986,dilanjutkan  serangan kapal di Yunani pada bulan Juli 1988. Serta melakukan deretan membunuh seperti pembunuhan wakil kepala PLO Abu Iyad dan PLO kepala keamanan Abu Hul di Tunis pada bulan Januari 1991.

[spoiler]

Abu Nidalorganization (ANO) (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

2. Abu Sayyaf

ASG adalah organisasi radikal muslim yang beroperasi di Filipina selatan. Beberapa pemimpin ASG diduga merupakan  perjuang di Afghanistan saat invasi Soviet  yang pendukung ajaran Islam radikal. Kelompok ini memisahkan diri dari Front Nasional Pembebasan di bawah kepemimpinan Abdurajak Abubakar Janjalani, yang tewas dalam bentrokan dengan polisi Filipina pada Desember 1998.Yang kemudian digantikan oleh Adiknya, Khadaffy Janjalani, menggantikan dia sebagai pemimpin nominal kelompok.

ASG ini bergerak dalam penculikan untuk tebusan, pengeboman, pemenggalan kepala, pembunuhan, dan pemerasan. Tujuannya kelompok ini adalah untuk mempromosikan sebuah negara Islam di barat Mindanao dan Kepulauan Sulu, daerah di Filipina selatan  yang mayoritas penduduknya adalah umat Islam. Aksi yang pernah dilakukan diantaranya  serangan di kota Ipil di Mindanao pada April 1995. Pada bulan April 2000, serta menculik 21 orang, termasuk sepuluh wisatawan Barat, dari sebuah resor di Malaysia.Pada bulan Mei 2001, ASG menculik tiga warga AS dan 17 warga Filipina dari resor wisata di Palawan, Filipina. Beberapa sandera, termasuk warga negara AS Guillermo Sobero, dibunuh. Pada bulan Februari 2004, faksi Khadaffy Janjalani juga melakukan aksi pengeboman di Superferry ,Teluk Manila, yang menewaskan 132 orang. Pada bulan Maret 2004, pihak berwenang Filipina menangkap seorang sel ASG yang pernah melakukan aksi pengeboman, termasuk Kedutaan Besar AS di Manila. ASG juga mengaku bertanggung jawab atas pemboman tahun 2005 Hari Valentine di Manila, Davao City, dan General Santos City, yang menewaskan 8 orang  dan melukai lebih dari 150 orang. Kekuatan Diperkirakan ada 200 hingga 500 anggota.

 

[spoiler]

Abu Sayyaf (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Brigade Martir al-Aqsa

Brigade Martir al-Aqsa terdiri dari nomor tak dikenal sel kecil yang terkait dengan organisasi Fatah Palestina. Al-Aqsa muncul pada awal tahun 2000 yang sasaran utamanya adalah  Israel dengan tujuan mendorong militer Israel dan pemukim dari Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem, dan pembentukan negara Palestina.

Al-Aqsa telah melakukan penembakan dan operasi bunuh diri terhadap warga sipil dan personel militer di Israel dan wilayah Palestina, serangan roket dan mortir terhadap Israel dan permukiman Israel dari Jalur Gaza, dan pembunuhan warga Palestina yang dicurigai bekerja sama dengan Israel. Pada bulan Januari 2002, al-Aqsha adalah kelompok organisasi radikal Palestina pertama yang menggunakan perempuan sebagai seorang pembom bunuh diri.

 

[spoiler]

Brigade Martir al-Aqsa (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

4. Ansar al-Sunna

Ansar al-Sunna (AS) adalah sebuah kelompok teroris Salafi yang mencakup tujuan mengusir Koalisi pimpinan AS dari Irak, mendirikan negara Islam merdeka di Irak, dan menciptakan negara Islam di wilayah ini. Kelompok ini telah berganti nama beberapa kali selama bertahun-tahun dan terakhir dikenal sebagai Ansar al-Islam. AS pertama kali diumumkan pada musim gugur 2003, ketika sebuah pernyataan telah diposting ke Internet memanggil semua ekstrimis di Irak untuk bersatu di bawah nama baru.Kelompok ini kemudian diposting ke Internet semua klaim serangan dengan nama SA.

AS terus melakukan serangan terhadap berbagai sasaran termasuk pasukan Koalisi, Pemerintah Irak dan pasukan keamanan Irak, dan tokoh Kurdi dan Syiah. AS mengklaim tanggung jawab atas berbagai serangan di Irak , termasuk pemboman bunuh diri simultan dari Uni Patriotik Kurdistan dan Demokratis Kurdistan kantor Partai di Irbil pada Februari 2004, pengeboman fasilitas makan militer AS di Mosul pada  Desember 2004, dan penculikan dan pembunuhan.

[spoiler]

Ansar al-Sunna (sumber:blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

5. Armed Islamic Group (GIA)

Sebuah kelompok ekstremis Islam, GIA bertujuan untuk menggulingkan rezim Aljazair sekuler dan menggantinya dengan negara Islam. GIA mulai aktivitas kekerasan pada tahun 1992 setelah pemerintah militer yang ditangguhkan pemilu legislatif mengantisipasi kemenangan besar oleh Front Keselamatan Islam, partai oposisi terbesar Islam. Pertama yang ditunjuk pada bulan Oktober 1997.

GIA telah terlibat dalam serangan terhadap warga sipil dan pekerja pemerintah. Mulai tahun 1992, GIA melakukan kampanye teroris pembantaian sipil, memusnahkan seluruh desa di daerah operasinya, dan membunuh puluhan ribuan orang Aljazair. Sejak mengumumkan kampanye melawan asing yang tinggal di Aljazair pada tahun 1992, GIA telah menewaskan lebih dari 100 orang asing. Banyak anggota GIA telah bergabung kelompok-kelompok Islam lain atau tewas bahkan ditangkap oleh Pemerintah Aljazair. Serangan paling terakhir GIA tercatat di bulan Agustus, 2001.

 

[spoiler]

Armed Islamic Group (GIA) (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

 

Sumber: wikipedia.org ,uniknya.com ,September 2012

 

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com