bannersss


5 Serangga Terbesar di Bumi (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Banyak serangga yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya yaitu sebagai organisme pembusuk dan pengurai termasuk limbah, sebagai objek estetika dan wisata, bermanfaan pada proses penyerbukan maupun sebagai musuh alami hama tanaman, pakan hewan yang bernilai ekonomi tinggi. Dalam benak kita biasanya serangga-serangga tersebut pastinya berukuran kecil. Tapi tahukah, sebenarnya banyak serangga yang memiliki ukuran “luar biasa” dihabitat alam sana. Penasaran? Simak artikel berikut:

 

1. Kumbang Titan

Kumbang Titan (Titanus giganteus) adalah kumbang yang dikenal terpanjang di hutan hujan Amazon dan salah satu spesies serangga terpanjang di dunia. Kumbang titan adalah satu-satunya anggota dari genus sendiri. Hal ini diketahui dari hutan hujan Venezuela, Kolombia, Ekuador, Peru, Guianas, dan Brazil. Ada cara unik menangkap kumbang ini, dengan menggunakan lampu uap merkuri, dimana hanya pejantan yang tertarik. Dewasa dapat tumbuh hingga 6,5 ​​inci panjangnya. Rahangnya dapat mematahkan pensil dan memotong daging manusia.

 [spoiler]

Kumbang Titan (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Kumbang Dung

Kumbang Dung adalah kumbang yang sering kita temukan pada kotoran. Kumbang ini mengumpulkan banyak kotoran, lantas menjadikannya bola bulat, yang digunakan sebagai sumber makanan atau sarang. Kumbang Dung lainnya, dikenal mengubur kotoran mana pun yang mereka temukan. Mereka sering tertarik dengan kotoran burung hantu. Kumbang kotoran hidup di habitat yang berbeda, termasuk padang pasir, lahan pertanian, hutan, dan padang rumput. Mereka tidak menyukai cuaca sangat dingin atau kering. Mereka ditemukan di semua benua kecuali Antartika.

 [spoiler]

Kumbang Dung (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Kumbang Air Raksasa

Kumbang Air Raksasa adalah salah satu serangga terbesar di AS dan Kanada. Ukuran panjangnya sekitar 1,5 inci. Beberapa spesies tumbuh hingga 4 inci. Biasanya tertarik dengan lampu jalan dan lampu teras rumah. Kumbang air raksasa perlahan-lahan bergerak di air, terutama di mana ada vegetasi muncul seperti cattails. Mereka biasanya terlihat diantara permukaan air, dan tongkat tabung pernapasan pendek mereka keluar dari air untuk untuk bernapas sambil menunggu mangsa.

 [spoiler]

Kumbang Air Raksasa (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Kupu-kupu Rama-rama (Ngengat Atlas)

Di Indonesia disebut Kupu-kupu Rama-rama atau bisa juga Ngengat Atlas (Attacus atlas) adalah ngengat saturniid besar yang ditemukan di hutan tropis dan subtropis Asia Tenggara, dan umum di seluruh kepulauan Melayu. Ngengat atlas dianggap ngengat terbesar di dunia dalam total luas permukaan sayap. Rentang sayap mereka juga di antara yang terbesar, dari 25-30 cm. Betina yang lumayan besar dan lebih berat. Tubuh mereka yang berbulu dan tidak proporsional lebih kecil dibandingkan dengan sayap mereka. Sedangkan pejantan dibedakan dari betina dengan ukuran yang lebih kecil, sayap lebih runcing, dan lebih besar. Mereka bertahan hidup sepenuhnya pada cadangan lemak pada saat mereka masih menjadi ulat.

 [spoiler]

Kupu-kupu Rama-rama (Ngengat Atlas) (sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Laba-laba Goliath Bird-eater

Goliath Bird-eater Spider dianggap laba-laba terbesar kedua di dunia (termasuk rentang kaki). Laba-laba ini mendapatkan namanya dari laporan sekelompok penjelajah dari era Victoria, yang menyaksikan salah satunya yang sedang memakan seekor burung kolibri.(**)

[spoiler]

Laba-laba Goliath Bird-eater(sumber:blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: coloredwall.com, uniknya.com, September 2012

 

4 Responses to 5 Serangga Terbesar di Bumi (Bagian II – Habis)

  1. wah jarang jarang liat semua ni sob serangganya..

  2. Pingback: Cerita Bijak | lazionews.info | lazionews.info | lazionews.info

  3. Pingback: Liburan Panjang, Pangandaran Diserbu Wisatawan | makanenak.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com