bannersss


5 Fakta Menarik Tentang Hewan Kaki Seribu

Oleh: Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: Kaki seribu atau dalam bahasa inggris disebut ‘milipedes’, merupakan hewan jenis serangga dengan jumlah kaki terbanyak. Kaki seribu merupakan bagian dari keluarga Arthropoda phylum yang secara harfiah berarti kaki bersendi. Ternyata hewan kaki seribu mempunyai beberapa keunikan, berikut ini uniknya.com mengulas beberapa fakta menarik tentang kaki seribu.

 

1. Jumlah Kaki Tidak Mencapai 1000

[spoiler]

Jumlah Kaki Tidak Mencapai 1000 (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Banyak orang menyebut serangga ini dengan nama kaki seribu, mungkin karena mereka tidak dapat menghitung kaki serangga ini dan akhirnya menyebutnya kaki seribu. Peneliti mengungkapkan bahwa kaki seribu sebenarnya hanya mempunyai sekitar 750 kaki, dan itu merupakan jenis kaki seribu dengan kaki terbanyak.

 

2. Kaki Seribu Mirip Dengan Lipan

[spoiler]

Kaki Seribu Mirip Dengan Lipan (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Dilihat dari bentuknya, mungkin terdapat sedikit kesamaan antara kaki seribu dengan lipan, dengan tubuh beruas, jumlah kaki yang banyak serta mempunyai antena di kepalanya menjadikan dua serangga ini mirip satu sama lain. Namun lipan dapat bergerak lebih cepat daripada kaki seribu karena jarak dan ukuran kaki lebih panjang.

 

3. Kaki Seribu Telah Ada sejak  428 Juta Tahun yang Lalu

[spoiler]

Kaki Seribu Telah Ada sejak 428 Juta Tahun yang Lalu
(sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Ternyata kaki seribu merupakan salah satu serangga purba yang hidup di bumi hingga saat ini. Kaki seribu telah ada sejak 428 juta tahun yang lalu. Fosil kaki seribu ini ditemukan pada tahun 2004 oleh seorang sopir bus di Skotlandia. Kaki seribu purba mempunyai kaki lebih sedikit namun lebih kuat dibanding spesies yang hidup saat ini.

 

4. Melingkar Untuk Melindungi Diri

[spoiler]

Melingkar Untuk Melindungi Diri (sumber: blogspot.com)

 

[/spoiler]

 

Kaki seribu merupakan serangga dengan musuh yang banyak termasuk serangga lainnya seperti semut, kumbang dan belalang. Selain dari jenis serangga lan, hewan unggas dan manusia juga menjadi musuh hewan ini, untuk itu kaki seribu dibekali dengan kemampuan untuk melindungi diri dengan cara melingkarkan tubuhnya agar organ vital seerti kepala perut dan kaki tertutup oleh kulit tebalnya.

 

5. Kaki Seribu Afrika adalah yang Terbesar

[spoiler]

Kaki Seribu Afrika adalah yang Terbesar
(sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Walaupun kaki seribu merupakan serangga yang berukuran kecil, namun kaki seribu yang berhabitat di hutan Afrika mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar hingga 25 cm. Spesies kaki seribu di Afrika ini menjadi spesies serangga terbesar dengan banyak kaki yang masih hidup di bumi. Kakis seribu jenis ini hanya dapat ditemui di hutan Afrika, namun jumlahnya saat ini terancam karena habitat yang rusak.(**)

 

Sumber: Berbagai sumber, uniknya.com, November 2012

 

 

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com