bannersss


5 Kumbang yang Luar Biasa (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Species kumbang atau ngengat, mungkin memiliki reputasi keberadaan yang jauh lebih tua di bandingkan manusia. Berbagai macam kumbang dan ngengat, tersebar luas di berbagai benua. Tingkah dan polahnyapun bermacam-macam, mulai dari kategori berbahaya, Indah dan lain sebagainya. Berikut 5 kumbang-kumbang  yang luar biasa:

 

 

1. Ngengat Lymantrid (Dasychira pudibunda)

Ngengat Lymantrid (Calliteara pudibunda) tersebar luas di hutan Denmark (Fagus sylvatica). Spesies ini memiliki satu generasi di Denmark, dengan ngengat abu-abu kusam terbang selama bulan Juni. Setiap betina bisa bertelur 300-400 telur. Ketika telur menjadi ulat, ulat-ulat kecil tersebut  memiliki bulu yang sangat lebat dan dapat mudah ditiup oleh angin. Pada akhir musim gugur, ulat berkembang biak hingga sekitar 5 cm panjangnya dan berwarna sangat indah.

[spoiler]

Ngengat Lymantrid (Dasychira pudibunda) (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Setan Flower Mantis (Idolomantis Diabolica)

Idolomantis Diabolica kadang-kadang dikenal sebagai “Raja dari semua mantids” untuk alasan yang jelas: keindahannya, ukurannya dan kelangkaannya, dan merupakan salah satu spesies terbesar dari berdoa mantis yang tubuhnya meniru bunga.

[spoiler]

Setan Flower Mantis (Idolomantis Diabolica) (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Damselfly (Ischnura heterosticta)

Damselfly adalah nama umum untuk salah satu serangga predaceous terdiri subordo Zygoptera dari urutan Odonata. Kumbang ini ditandai dengan tubuh memanjang, mata multifaset besar yang secara luas dipisahkan, dan dua pasang sayap transparan yang kuat, yang pada saat istirahat biasanya dilipat bersama-sama di atas perut atau sedikit terbuka di atas perut. Mereka umumnya terbang bersama-sama saat kawin. Bagi manusia, mereka sangat populer dalam seni dan budaya di berbagai negara. Seringkali warna mencolok, dan perilaku kawin yang unik menambah keindahan alam disekitarnya.

[spoiler]

Damselfly (Ischnura heterosticta) (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Cecropia Moth (Hyalophora cecropia)

Juga dikenal sebagai “Ngengat Robin”, ngengat Cecropia adalah ngengat terbesar yang ditemukan di Amerika Utara, yang sering mencapai lebar sayap enam inci. Mereka melintasi bagian timur dari dua-pertiga benua ke daerah Pegunungan Rocky. Mereka adalah anggota dari keluarga Saturniidae, atau ngengat sutra raksasa. Betinanya dengan lebar sayap 130 mm atau lebih telah berhasil didokumentasikan. Larva ngengat ini sering ditemukan pada pohon Maple, tetapi mereka juga dikenal memakan Wild Cherry dan pohon Birch di antara banyak lainnya.

[spoiler]

Cecropia Moth (Hyalophora cecropia) (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

5. Calleta Silkmoth (Eupackardia Calleta)

Calleta Silkmoth (Eupackardia Calleta) adalah ngengat dari keluarga Saturniidae. Ditemukan di Meksiko, Guatemala dan bagian selatan Amerika Serikat. Ngenat ini satu-satunya spesies dalam genus Eupackardia. Larvanya terutama memakan spesies Fraxinus, Leucophyllum frutescens, Sapium biloculare dan Fouquieria splendens.(**)

[spoiler]

Calleta Silkmoth (Eupackardia Calleta) (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: oddee.com, uniknya.com, November 2012

[/spoiler]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com