Hari Ini 28 November : Fretilin Memproklamasikan Kemerdekaan Timor Timur Atas Portugal

[UNIKNYA.COM] Pada 28 Nopember 1975, ketika matahari telah tergelincir ke barat, partai Fretilin memproklamirkan kemerdekaan Timor Timur. Reuters memberitakan, proklamasi itu ditandai penurunan bendera Portugal di alun-alun Dili, disusul pengibaran bendera Fretilin, mengheningkan cipta, dan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua Fretilin FX do Amaral. Portugal langsung bereaksi. Hari itu juga, sebagaimana dilaporkan Dubes RI di Lisabon Ben Mang Reng Say, Portugal menyatakan turut mendukung proklamasi Fretilin. Alasan Lisabon konon lantaran “tidak tercapai kata sepakat soal tempat perundingan”.

 

Proklamasi kemerdekaan Timor Leste pada 28 Nopember 1975 (sumber : wordpress.com)

 

Momen proklamasi itu bisa ditarik melintasi benua, ke pergolakan politik di Portugal pada 1974. Rezim Salazar jatuh oleh gerakan politik para perwira di bawah komando Jenderal Spinola. “Revolusi Bunga” berlangsung. Spinola mengupayakan dekolonisasi di Angola, Mozambik, dan Timor Timur. Lisabon menjanjikan referendum pada Maret 1975. Tapi, suhu politik telanjur panas. Konflik tak tertahankan. Fretilin akhirnya berinisiatif. Sebagai tanggapan atas proklamasi tersebut, para anggota dari empat partai politik lain mendeklarasikan integrasi Timor Timur ke dalam Indonesia dengan menandatangani “Deklarasi Balibo” pada 30 November 1975.

Peristiwa ini yang membuat Indonesia memiliki alasan untuk masuk ke Timor Timur. Pada 7 Desember 1975, Operasi Seroja dimulai. Indonesia mengerahkan pasukan dari darat, laut, dan udara. Dunia internasional heboh. Selama bertahun-tahun, Indonesia menjadi obyek pergunjingan, termasuk di Perserikatan Bangsa-bangsa, setelah Timor Timur dimasukkan sebagai salah satu propinsi. Portugal selalu berusaha meloloskan resolusi Dewan Keamanan PBB tentang Timor Timur. Timor Timur akhirnya lepas dari Indonesia pada 1999 setelah melalui jajak pendapat yang juga diwarnai konflik berdarah. Kaum pro-kemerdekaan menang. Dan, Timor Timur berubah nama menjadi Timor Leste. (**)

Sumber : dari berbagai sumber, uniknya.com, November 2012

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com