bannersss


5 Ngarai Terbesar di Dunia (Bagian I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Sepertinya tidak ada yang mampu mengilustrasikan kekuatan dan intuisi air yang memahat dan mengikis kerasnya permukaan bumi hingga menjadi sebuah tebing atau ngarai (canyon). Meskipun membutuhkan waktu lama bagi aliran sungai untuk mendapatkan lukisan ngarai yang indah di muka bumi, hal tersebut merupakan bukti dari kekuatan sang Pencipta melalui semesta. Sungai dengan sendirinya secara perlahan mengukir, mengikis lapisan bebatuan hingga membentuk ngarai yang indah, kita yang hidup di masa kini hanya tinggal menikmati hasil karyanya. Panjang dan dalam adalah pahatan alam yang luar biasa akan sebuah ngarai. Berikut uniknya.com merangkum 5 ngarai terbesar di dunia:

1. Tara River Canyon (Montenegro)

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

Ngarai yang pertama ini terletak di Montenegro, dikenal dengan Tara River Canyon ini merupakan daya tarik alam yang luar biasa di kawasan Negara Balkan. Dikabarkan Tara River Canyon memiliki kedalam 1.300 meter di atas permukaan laut, dan merupakan sungai lembah terpanjang di kawasan Eropa. Bahkan ketika Anda berada dipuncak lembah, suara gemuruh air masih dapat terdengar dengan jelas, bagaimana tidak? Tara River Canyon memiliki 42 air terjun sepanjang aliran sungainya (82 km).

Tara River Canyon yang terletak di Taman Nasional Durmitor ini merupakan kawasan yang dilindungi dan dijadikan sistus warisan dunia oleh UNESCO World Heritage.

2. Blyde River Canyon (Afrika Selatan)

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

Blyde River Canyon sebuat mahakarya alam yang terdap di kawasan Afrika Selata, bukan yang terbesar melainkan yang terhijau di antara ngarai lainnya. Dengan kedalaman 762 m dan sungai sepanjang 26 km yang ditumbuhi oleh vegetasi hijau, menjadikan kawasan Blyde River Canyon sebagai salah satu yang tersejuk di antara kawasan lainnya di Afrika Utara. Wilayah terdalam dari ngarai terletak di kawasan Gunung Mariepskop, yakni mencapai 1.372 m dari puncak gunung.

Kita di puncak Blyde River Canyon pun disuguhkan berbagai pemandangan indah yang akan terlihat hingga perbatasan Negara Mozambik. Bukan itu saja kekayaan flora dan fauna di kawasan tersebut pun seakan menghipnotis kita untuk berlama-lama di atas ngarai.

3. Copper Canyon (Meksiko)

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

Copper Canyon merupakan salah satu ngarai terbaik di Meksiko, terutama di kompleks ngarai Cihuahua (terdapat enam ngarai).  Dalam bahasa Spanyol ngarai ini dikenal dengan sebutan Barranca del Cobre, disebut demikian karena memiliki tebing-tebing yang dilapisi permukaan berwarna-warni. Dikabarkan bahwa Copper Canyon ini dibentuk oleh enam aliran sungai yang melaluinya hingga ke Laut Cortez (bagian terbesar dari Rio Fuerte)

Bagian terdalam dari ngarainya berada di kawasan Barranca de Urique yakni sedalam 1.879 m. Meski memiliki kehidupan liar yang sangat kaya, namun beberapa satwa dan vegetasi liar yang terdapat di kawasan tersebut dinyatakan terancam punah akibat banyaknya perambahan hutan.

4. Cotahuasi Canyon (Peru)

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

Ngarai yang berikutnya terletak di Peru, dikenal dengan Cotahuasi Canyon yang memiliki kedalama 3.535 m dari puncak tertingginya. Ngarai tersebut terletak di antara dua pegunungan, yakni Coropuna dan Solimana yang dipisahkan oleh Sungai Cotahuasi. Sehingga tidak salah apabila Cotahuasi Canyon terlihat begitu indah, layaknya pahatan alam.

5. Colca Canyon (Peru)

[spoiler]

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

Masih dari kawasan Peru, ngarai yang satu ini dikenal dengan Colca Canyon, memiliki kedalaman 4.160m  dan secara geografis terletak di kawasan Peru bagian selatan. Karena kedalamannya, Colca Canyon disebutkan sebagai ngarai terdalam di dunia, berdasarkan kan keterangan kedalamannya dua kali lipat Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat.

Colca Canyon bukan sekedar ngarai, melainkan juga sebagai rumah bagi  burung Andean Condor (burung nazar asli Amerika Selatan), serta beberapa fauna dan mamalia lainnya yang khas. Berdasarkan sebuah keterangan para arkeolog, Colca Canyon terbentuk 6.000 tahun yang lalu. Keindahan ngarai ini dilengkapi dengan sumber air panas yang berasal dari Geyser Infiernilo. (**)

Sumber: environmentalgraffiti.com, uniknya.com, Desember 2012.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com