bannersss


Kelahiran 14 Februari (Nie Er)

[UNIKNYA.COM] Nie Er (聂耳, lahir 14 Februari 1912 – meninggal 17 Juli 1935 pada umur 23 tahun) adalah seorang komponis Tiongkok yang menggubah lagu kebangsaan Republik Rakyat Cina, Barisan Para Sukarelawan (义勇军进行曲).

Tahun 1927, ia lulus dari SMP itu dan melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Normal Yunnan 1. Di sana ia mengikuti kegiatan ‘klub pembaca’ dan bersama teman-temannya mengorganisasikan kelompok ‘perkumpulan musik 99’ yang sering tampil di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Selama masa ini pula ia belajar bermain biola dan piano.

 

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Nie Er(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

Maret 1931, Nie bergabung dengan Perkumpulan Musik dan Drama Mingyue yang dikepalai oleh Li Jinhui sebagai pemain biola. Juli 1932, ia menerbitkan tulisannya yang diberi judul ‘Risalah Pendek Tentang Lagu dan Tarian Tiongkok’ yang isinya mengkritik Li Jinhui. Hal ini mengakibatkan dirinya diusir dari perkumpulan itu.

November 1932, ia bergabung dengan Studio Film Lianhua dan kelompok musik ‘Perkumpulan Sahabat Soviet’. Selain itu ia juga mengorganisasi kelompok riset musik kontemporer Tiongkok dan berpartisipasi dalam Uni Dramawan Sayap Kiri. Tahun 1933, ia bergabung dengan Partai Komunis Tiongkok.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Nie Er(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

April 1934, ia bekerja di perusahaan rekaman Baidai di bagian musik. Pada tahun yang sama ia mendirikan Orkestra Nasional Baidai (juga dikenal dengan nama Orkestra Nasional Sensen). Tahun ini adalah masa-masa paling produktif Nie. Pada awal 1935, ia menciptakan karyanya yang paling terkenal yang kelak dijadikan lagu kebangsaan yaitu Barisan Para Sukarelawan.

Januari 1935, Nie menjadi direktur departemen musik Studio Lianhua II. Ia meninggal pada bulan Juli tahun itu juga karena tenggelam ketika berenang di Jepang.

Selama hidupnya Nie menghasilkan 37 karya yang semuanya dibuat pada dua tahun terakhir kehidupannya. Sebagian besar diantaranya merefleksikan kehidupan dan perjuangan kelas pekerja. Ia sering bekerjasama dengan penulis lirik, Tian Han.

Sumber : Wikipedia.org, uniknya.com, Februari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com