5 Candi Luar Biasa di Komplek Angkor Wat (Bagian I)

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Angkor Wat merupakan kompleks candi  yang terletak di antara Danau Tonle Sap dan Pegunungan Kulen di Kamboja. Sobat Unik di dalam komplek Candi Angkor Wat ini terdapat beberapa ibukota dari Kerajaan Khmer yang masih tersisa dan memperlihatkan keindahannya di masa lalu. Angkor sendiri mejadi wilayah kekuasaan Kerajaan Khmer sejak abad ke-9 hingga abad ke-15. Namun setelah Kerajaan Khmer jatuh, Komplek Candi Angkor Wat pun diabaikan yang kemudian tertutup oleh pepohonan dan menjadi hutan. 5 candi luar biasa di komplek:

 

1. Candi Angkor Wat

(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

Candi Angkor Wat(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

 

Angkor Wat (Kota Candi) merupakan salah satu yang terbesar dan indah di antara semua candi di kawasan Angkor. Angkor Wat berdiri megah di atas lahan seluas hampir 200 Ha, dengan dikelilingi reservoir dan pepohonan tinggi nan rindang. Angkor Wat pun memiliki kuil utama dan menara menjulang setinggi 213 meter, konsep pembangunan candi dan kuil yang mencoba mereflesikan pegunungan candi. Berdasarkan keterangan sejarah Angkor Wat ada instalasi candi yang merepresetasikan Gunung Meru, rumah para dewa di agama Hindu. Di akhir abad ke -13, sempat terjadi peralihan fungsi dari candi Hindu menjadi candi Budha Theravada bahkan hingga jatuhnya Kerajaan Khmer di abad ke-15.

Sobat unik Angkor Wat dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryaman II di awal abad ke-12 dan menjadi ciri masa kegemilangan Kerajaan Khmer. Salah satu reliefnya yang paling spektakular adalah penggambaran mitos Hindu ‘Samudra Manthan’ atau pusaran di samudera susu. Sebuah legenda Hindu yang memperlihatkan para dewa yang mengaduk-ngaduk samudera untuk mendapatkan inti keabadian hidup.

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com