bannersss


5 Keunikan Negara Andorra

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

[UNIKNYA.COM]: Merujuk pada laman wikipedia, definisi negara yaitu suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya bai politik, militer, ekonomi – sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahannya yang berada di wilayah tersebut. Selain itu memiliki sistem yang berlaku bagi semua individu dan beridi secara independen. Sedangkan syarat primer dari sebuah negara adalah memiliki rakyat, wilayah dan pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan  syarat sekunder, mendapat pengakuan dari negara lain. Berikut uniknya.com merangkum 5 keunikan negara Andorra:

 

1.  Negara ‘ter’ di Dunia

Keunikan Andorra yang pertama yakni sebagai negara tertua sekaligus terkecil di dunia. Negara   kepangeranan yang terletak di timur bantaran Sungai Pirenea perbatasan dengan Perancis dan Spanyol ini sudah berdiri sejak 1278. Karel Agung sebagai pendiri Perancis dan Jerman yang juga merupakan pendiri Eropa, merupakan kaisar pertama di Barat sejak runtuhnya kekaisaran Romawi memberikan piagam untuk orang Andorra, sebagai pengganti perang melawan bangsa Moor. Dan sejak saat itu tidak ada satu negara pun yang berani menjajah atau menduduki Andorra.

Bisa jadi negara-negara besar di Barat tidak mau menjajah Andorra karena kawasannya yang sangat kecil yakni hanya 468 kilometer persegi. Bahkan wilayah kotanya hanya seluas 31,6 Km2 dan total penduduk Andorra hanya mencapai kurang dari 300.000 jiwa. Namun walaupun sebagai negara terkecil. Andorra cukup berani menyatakan perang terhadap Jerman pada 1914 dan bergabung dengan perang besar. Meski demikian Andorra tidak memiliki pasukan milier/tentara, sejak 1931 kelompok tentara digantikan oleh polisi nasional yang terdiri dari 240 orang lelaki Andorra. Untuk itu mereka membutuhkan bantuan dari dua negara tetangga yang mengapitnya yakni Perancis dan Spanyol, sebagai benteng pertahanan. Kemudian Pasukan Nato pun turut menjagai kedamaian dan kenyamanan Andorra.

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Negara ‘ter’ di Dunia(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com