bannersss


5 Festival Alam di Dunia

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Sangat disayangkan saat ini kondisi alam berangsur-angsur rusak akibat ulah manusia. Bahkan kemungkinan besar, generasi selanjutnya hanya dapat melihat dan menikmati keindahan alam melalui dokumentasi buku, video dan foto. Namun berbagai upaya dilakukan oleh para pemerhati, pecinta dan aktivis lingkungan untuk mempertahankan keasrian bumi. Termasuk melalui sisi budaya baik tradisional maupun pop, seperti sebuah festival. Berikut uniknya.com merangkum 5 festival untuk menghormati alam di dunia:

 

1. Hanami (Jepang)

(Sumber:wordpress.com)

Hanami (Jepang)(Sumber:wordpress.com)

Di Jepang ada sebuah festival yang diselenggarakan untuk lebih mendekatkan antara manusia dengan alamnya, yakni Hanami. Sebuah festival tradisional yang dilakukan oleh masyarakat berbagai wilayah Jepang. Hanami sendiri memiliki arti “bunga,” dan bunga di dalam festival ini adalah cheri yang mekar. Semua masyarakat Jepang berkumpul untuk menyaksikan keindahan bunga cheri yang bermekaran.

 

2. Festival Bunga Cheri Nasional (Amerika Serikat)

2

Festival Bunga Cheri Nasional (Amerika Serikat)(Sumber:wordpress.com)

Hampir serupa dengan Festival Hanami di Jepang, masyarakat Amerika Serikat, terutama yang tinggal di Washington DC pun merayakan bunga cheri yang bermekaran di musim dingin. Uniknya, pohon-pohon cheri (berbunga sakura) tersebut merupakan hadiah yang diberikan oleh pemerintah Jepang pada 1912. Pemberian bunga tersebut merupakan simbol persahabatan yang terjalin di antara dua negara.

 

3. Momijigari (Jepang)

(Sumber:wordpress.com)

Momijigari (Jepang)(Sumber:wordpress.com)

Selain Festival hanami, masyarakat Jepang pun mengenal festival alam lainnya yakni, Momijigari yang berlangsung di musim gugur. Melalui festival momijigari masyarakat Jepang akan menikmati fenomena alam yang mengagumkan, yakni berubahnya dedaunan hijau menjadi merah. Sebutan momijigari sendiri berasal dari kata “momiji” yang berarti pohon maple atau daun merah. Sementara “kari” berarti berburu, sehingga dalam festival momijigari masyarakat beramai-ramai berburu untuk menyaksikan perubahan warna pada daun pohon maple.

 

4. Festival Alam Bristol

(Sumber:wordpress.com)

Festival Alam Bristol(Sumber:wordpress.com)

Festival alam yang satu ini diselenggarakan oleh ogranisasi Bristol Natural History Consortium, selama dua hari berturut-turut di bulan Juni, di Kota Bristol, Inggris. Melalui Festival Bristol pemerintah Inggris mengharapkan masyarakatnya menjadi lebih dekat dengan alam, dan lebih mengetahui berbagai hal mengenai lingkungan hidup. Melalui Festival Bristol ini masyarakat dapat mengikuti seminar, pemutaran film dan mempelajari sejarah yang berhubungan dengan alam dan lingkungan.

Meski sebelumnya festival ini hanya diikuti oleh masyarakat Kota Bristol dan sekitarnya, namun seiring berjalannya waktu banyak masyarakat dari berbagai kota di Inggris yang datang menghadiri. Bahkan kegiatan di dalam festival semakin beragam, dan banyak melibatkan para ilmuwan, jurnalis dan aktivis lingkungan.

 

5. Olympic Peninsula Bird Fest

(Sumber:wordpress.com)

Olympic Peninsula Bird Fest(Sumber:wordpress.com)

April adalah waktu yang tepat untuk para pecinta burung singgah di Washington, Amerika Serikat. Di bulan penuh kejutan tersebut berbagai jenis burung melangsungkan perkawinan dan beberapa bahkan mulai menetaskan telurnya. Fenemona itula yang menggagas sebuah festival burung yang dikenal dengan Olympic Peninsula Bird Fest. Festival burung ini berlangsung selama tiga hari, yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti menikmati kehidupan burung, mengunjungi kawasan penangkaran dan pameran fotografi. Olympic Peninsula Bird Fest merupakan momen yang tepat untuk mengetahui lebih jauh tentang kehidupan berbagai jenis burung di Amerika Serikat.

 

Tambahan:

1. Tsukimi

(Sumber:wordpress.com)

Tsukimi(Sumber:wordpress.com)

Bangsa Jepang memiliki cara yang unik dalam menghormati alam. Berbeda dengan Festival Hanami dan Momijigari, Tsukumi merupakan festival untuk menyambut bulan di musim gugur. Masyarakat Jepang akan berkumpul disebuah tempat dan bersama-sama menikmati bulan purnama di musim gugur, sambil menikmati hidangan khas di tempat yang telah dihias sedemikian indah. Festival Tsukimi rutin diadakan pada hari ke-15 bulan delapan dan hari ke-13 di bulan sembilan menurut kalendar Jepang.

 

2. Wild Amelia Nature Festival

(Sumber:wordpress.com)

Wild Amelia Nature Festival(Sumber:wordpress.com)

Festival alam yang satu ini diselenggarakan setiap bulan Mei di Pulau Amelia, Georgia, AS. Wild Amelia Nature Festival berlangsung selama tiga hari, melalui festival alam Amelia, para pengunjung akan memperoleh pengetahuan mengenai keragaman hayati yang ada di alam. Festival Alam Ameilia ini telah berlangsung sejak 2006.

(**)

Sumber: greenbuzz.net, uniknya.com, Mei 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com