bannersss


5 Keunikan di Negara ‘Viking’ Swedia

Oleh: Bintang Mian

[UNIKNYA.COM]:  Swedia merupakan salah satu negara termiskin di Eropa pada abak ke-19. Namun pemerintah Swedia berhasil menggali potensi alamnya untuk bangkit menjadi salah satu negara yang bisa terlepas dari kemiskinan. Pemanafaatan bijih besi dan kayu sebagai devisa negara cukup ampuh. Dan yang paling baik adalah pemanfaatan keindahan alam untuk mendatangkan wisatawan berjalan dengan sukses, hingga sektor pariwisata menjadi andalan Swedia dalam devisa negara.

 

1. Kota Klasik Stockholm

Seperti kota-kota tua di Eropa lainnya, Stockholm merupakan perpaduan beberapa gaya, antara nuansa klasik dan modern tertata yang tertata dengan baik. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik yang dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk menarik pendapatan negara dari kedatangan wisatawan. Di kota berusia 382 tahun tersebut kita bisa menjumpai istana. Jembatan dan seni arsitektur yang indah, seperti abad pertengahan. Menara balai kota yang mengagumkan dan museum yang menyimpan pelajaran tentang sejarah negara Skandinavia ini.

Suksesnya pemerintah Swedia memperoleh devisa tertinggi dari pariwisata ini bisa tergambar di Stockholm. Di kota ini biaya hidup sangat mahal, terutama bagi para wisatawan. Bisa  dibayangkan betapa mahalnya Kota Stockholm, untuk bepergian di kota ini hanya ada dua sarana transportasi yakni taksi dan limousin. Dan kendaraan yang digunakan untuk taksi adalah Mercedez dan BMW.

(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

 

2. Banyak Anak Banyak Rezeki

Ungkapan hidup banyak anak banyak rezeki ternyata bukan hanya milik nenek moyang kita dulu. Di Swedia ternyata ungkapan tersebut pun berlaku saat ini. Setiap keluarga tidak merasa takut memiliki banyak anak, meski akan semakin membengkak pula pengeluaran sehari-hari dalam rumah tangga. Para orangtua tidak khawatir karena di Swedia negara memberikan tunjangan pada semua anak yang dilahirkan sebagai warga negara Swedia. Baik penduduk asli ataupun imigran yang statusnya sudah menjadi warga negara.

Tunjangan anak mencapai 1125 Kronor (mata uang Swedia) atau setara dengan hampir 1,5 juta Rupiah setiap bulannya. Tunjangan tersebut di luar tunjangan tempat tinggal, kesehatan, anak cacat, ibu cuti melahirkan, suami yang cuti untuk mengasuh anak, orang tua dan beberapa tunjangan lainnya. Namun uniknya tradisi orangtua di Swedia juga cukup bagus, semua tunjangan bagi anak-anaknya tidak pernah mereka pergunakan. Karena mereka pun mendapat tunjangan dalam bentuk lainnya. Mereka baru memberikannya ketika perayaan melewati usia 18 tahun, semua tunjangan bebas dipergunakan sang anak.

(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

Banyak Anak Banyak Rezeki(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

 

 

3. Negara Anti Korupsi

Swedia merupakan salah satu negara yang anti korupsi. Berdasarkan Transparansi Internasional yang setiap tahunnya menerbitkan indeks persepsi korupsi, Swedia ditempatkan sebagai negara anti korupsi ketiga di bawah Selandia Baru, Finlandia dan Denmark yang memiliki nilai sama di urutan kedua.

Tolok ukur Swedia sebagai negara anti korupsi bisa dilihat langsung mulai dari fasilitas umum yang ada di setiap tempat. Bahkan hingga keberadaan toilet umum berbayar pun, terbebas dari korupsi, karena untuk menggunakan fasilitas umum tersebut harus membayar di mesin otomatis. Uang dari pembayaran tersebut langsung dikelola pemerintah untuk perawatan. Bahkan masyarakat di Swedia sangat rajin melapor pada pihak berwajib jika tetangga mereka melakukan pelanggaran yang bisa mengganggu ketertiban umum

(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

Negara Anti Korupsi(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

 

 

4. Hotel Bawah Tanah

Sebagai negara yang menjadikan pariwisata sebagai sumber pendapatan tertinggi, sudah pasti fasilitas penunjang akan sangat diperhatikan oleh pemerintah Swedia. Salah satunya adalah Hotel Silvermine Chamber. Hotel yang terletak di Kota Sala, 120 Km dari Stockholm ini cukup unik karena berada dibangun di bawah tanah. Wisatawan yang menginap di hotel ini akan tidur di kedalaman 155 meter di bawah tanah.

Meski dingin dan sedikit gelap, namun para wisatawan sangat menyukai bermalam di hotel yang berada di kawasan pertambangan Silvermine Chamber tersebut. Alasannya memiliki sensasi lain dibanding hotel lainnya. Fasilitas yang ditawarkan tetap istimewa seperti bar dan restoran, ruang rapat, akses internet, dan penitipan hewan peliharaan. Dan yang cukup unik, karena sinyal telepon selular tidak bisa masuk, sehingga komunikasi antara tamu dengan pihak hotel menggunakan radio. Namun untuk merasakan sensasi tidur di bawah tanah ini.anda akan meronggoh kocek lebih dalam yakni antara 1,5 juta hingga 3 juta rupiah.

(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

Hotel Bawah Tanah(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

 

5. Museum Vasa Musset

Dan yang tak kalah unik adalah koleksi yang dimiliki Museum Vasa Musset. Di museum yang terletak di Stockholm ini menyimpan dokumentasi sejarah tenggelamnya sebuah kapal pada 10 Agustus 1696. Kapal tersebut merupakan milik bangsa Viking, para petualan ulung. Bangkai  kapal Viking tersebut lalu diangkat ke permukaan dan dijadikan benda bersejarah dan dipajang di museum berlantai tujuh tersebut.

Setiap lantai di museum ini menyediakan keterangan sendiri, ada ruang untuk memutar film terjadinya kapal hingga tenggelam. Cerita suasana di dalam kapal sebelum tenggelam, lengkap dengan sepatu dan ikat pinggang khasnya. Koleksi yang ada merupakan gambaran seperti para perompak di dalam film Pirates of Caribeean. Berkunjung ke museum ini akan memastikan bahwa kehebatan bangsa viking bukan hanya cerita.tapi sebuah kenyataan dari hebatnya para petualang sejati tersebut..

(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

Museum Vasa Musset(sumber:uniknya.com,blogspot.com)

 

Sumber: Dari berbagai hal, uniknya.com, Mei 2013

 ** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com