bannersss


5 Sensasi Negara Paraguay

Oleh: Bintang Mian

[UNIKNYA.COM]: Jantung Amerika adalah julukan Paraguay, mungkin karena secara geografis letaknya tepat di tengah-tengah kawasan Amerika Selatan. Berbagai penafsiran mengenai nama Paraguay menjadi sebuah sensasi. Ada yang menyebut Paraguay adalah ‘air yang mengalir ke samudera’. Ada pula yang menyebutkan Paraguay dengan ‘sungai yang ramai’. Paraguay merupakan salah satu negara di Amerika latin yang berada dalam penguasaan spanyol sejak abad ke-16. Baru pada abad ke-18 (1811), Paraguay memperoleh kemerdekaan dari Spanyol. Berikut uniknya.com merangkum 5 sensasi negara Paraguay:

 

1. Presiden Pertama Menolak Gaji

Sobat unik namun ternyata selain Ahmadinejad dan Jose Mujica, masih ada pemimpin sederhana lainnya seperti presiden Paraguay, Fernando Lugo Mendez. Bahkan lugo yang menjabat sebagai presiden Paraguay pada 2008 hingga 2012, tak pernah menerima gajinya sebagai presiden sejak pelantikannya pada 16 Agustus 2008. Lugo juga merupakan uskup pertama yang bisa menjadi seorang presiden setelah mendapat cuti dari vatikan.

Ujian besar setelah pelantikan lugo adalah hilangnya bahan bakar minyak, terutama bensin dan gas di Paraguay. Namun lugo tidak menyerah terhadap kelangkaan bbm akibat para kapitalis yang dipengaruhi Amerika serikat tersebut. Presiden yang seharusnya menerima gaji sebeser 37 juta Rupiah tersebut tetap berjalan, dengan didukung penuh rakyatnya yang sebagian besar merupakan rakyat miskin. Kepemimpinan Lugo berakhir pada 2012 lalu dan digantikan presiden terpilih, Fredico Franco.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Fernando Lugo Mendez(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

 

2. Guaira Falls

Negara yang tergolong miskin di dunia ini, memiliki keindahan alam yang menjadi daya tarik kelas satu di dunia, yakni Air Terjun Guaira. Air terjun yang terbentuk dari Sungai Parana tersebut sebenarnya berada di antara dua negara yakni, Paraguay dan Brasil. Namun karena akses menuju air terjun terbesar di dunia tersebut lebih mudah dijangkau dari Paraguay, maka lebih dikenal milik negara berpenduduk 6 juta lebih tersebut.

Air terjun guaira menjadi yang terbesar karena volume air mencapai 1.750.000 meter kubik per detik,  mengalahkan Air terjun Niagara yang hanya mencapai 70.000 meter kubik per detik. Air terjun terbentuk pada titik dimana sungai parana terpaksa melalui ngarai sempit dari Pegunungan Maracaju, termasuk Rio de Janeiro dan Sao Paolo dengan pasokan air mencapai 19%, Sedangkan pasokan sisanya berasal dari perairan Paraguay. Kawasan Guaira ini juga dibangun bendungan terbesar di dunia, Itaipu.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Guaira Falls(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

 

3. Melarang Hewan Tampil di Sirkus

Paraguay juga menjadi salah satu negara yang menentang ekploitasi hewan yang digunakan untuk pertunjukkan sirkus. Pemerintah Paraguay secara resmi mengeluarkan kebijakan tersebut pada juni 2012 silam, sebagai bentuk perlindungan terhadap hewan liar yang sebagian besar sudah terancam punah seperti gajah, harimau, macan, hingga simpanse, beruang dan hewan liar lainnya. Bahkan secara resmi Kementrian Lingkungan Hidup Paraguay menyebutkan bahwa hewan liar harus dilindungi keberadaannya dan tidak lagi bisa dimanfaatkan dalam pertunjukkan hiburan, termasuk hewan yang sudah jinak.

Aktivis pembela hewan di Paraguay, melakukan dukungan lebih luas lagi dengan meluncurkan kampanye melarang penggunaan gerobak sampah yang ditarik oleh kuda. Para aktivis meminta kuda penarik gerobak diganti dengan sepeda motor. Di Amerika Latin, Paraguay bukan negara pertama yang menentang eksploitasi hewan melalui pertunjukkan sirkus. Pada 2009 silam, Bolivia menjadi negara yang melarang hewan liar dan jinak dipergunakan dalam sirkus.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Melarang Hewan Tampil di Sirkus(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

 

4. Suku Asli

Paraguay juga memiliki suku asli yang mendiami kawasan tersebut yakni Suku Ache. Pada  awalnya Suku Ache bisa dihidup dengan layak dan berdampingan dengan para pendatang dari Eropa terutama Spanyol hingga Abad ke-17, namun pada sekitar tahun 1800-an penyerangan dilakukan kelompok kulit putih dan melakukan pembantaian pada kelompok kecil Suku Ache, bahkan sebagian dari mereka dijadikan budak di kawasan perkotaan oleh para penjajah.

Peristiwa paling terkenal yang menimpa Suku Ache yakni penculikan gadis bernama Damiana Kryygi, bersama 300 orang lainnya pada 1896 yang saat itu baru berusia empat tahun. Damiana akhirnya meninggal dunia di Argentina 11 tahun setelah penculikkan berlangsung. Temuan tengkoraknya diserahkan pada para antropolog yang kemudian di bawa ke Berlin, Jerman untuk diteliti. Kemudian diserahkan pada para antropolog Amerika Serikat yang tertarik meneliti bentik fisik gadis kecil tersebut sebelum dipekerjakan sebagai pembantu di sebuah Rumah Sakit di La Plata Argentina. Akhirnya tengkorak Damiana dikembalikan pada Suku Ache dalam sbuah upacara di ibu kota Paraguay, Asuncion.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Suku Asli(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

 

 

5. Fauna asli Paraguay

Paraguay juga memiliki hewan asli salah satunya adalah hacoan, spesies marmut terbesar. Spesies ini pernah dinyatakan sudah punah, namun sekitar 1970-an hingga beberapa tahun terakhir hewan ini kembali ditemukan di wilayah Chaco, selatan pedalaman Paraguay. Chacoan merupakan hewan yang tidak dapat dijinakan. Hewan yang pertama kali dijelaskan pada 1930 ini hanya diterangkan melalui catatan fosil. Kemudian pada 1975, para peneliti cukup dikejutkan dengan penemuan seekor chacoan yang hidup di wilayah Chaco. Setelah dilakukan penelitian lebih dalam, akhirnya diketahui masih ada sekitar 3.000 ekor hewan yang bentuk fisiknya mirip babi ini.

Selain chacon, hewan endemic Paraguay yang popular lainnya adalah semut peluru. Semut ini termasuk salah satu hewan dengan gigitan paling berbahaya di dunia. semut ini hidup dalam koloni besar di pakal pohon di pedalaman. Gigitan dari semut yang ukurannya lebih besar dari semut biasanya tersebut bisa melahirkan rasa terbakar pada kulit yang terkena gigitan. Bahkan  rasa sakitnya akan bertahan hingga 24 jam lamanya.(**)

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Fauna asli Paraguay(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

 

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Mei 2013

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com