bannersss


5 Alat Musik Tradisional India (Bagian – I)

Oleh: Izzaniskala
[UNIKNYA.COM]: Setiap negara memiliki keragaman budayanya masing-masing, termasuk di dalam seni musik. India, negeri epos para dewa, brahmana dan ksatria pun demikian. Negeri yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, memiliki peradaban musik sangat unik, terlihat dari bentuk dan bunyinya yang menarik. Musik selain mengajak orang disekitarnya untuk menari juga dapat menjadi media spiritual yang menghubungkan jiwa manusia dengan Sang Penciptanya. Mungkin itulah kenapa orang-orang India sangat menikmati musik dan menarikannya dengan baik. Berikut uniknya.com merangkum 5 alat musik tradisional India:

 

1. Bansuri

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Bansuri(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Bambu merupakan tanaman yang mudah ditemui di daratan Asia, sehingga tidak heran apabila banyak alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Di India, suling yang dikenal dengan nama bansuri menjadi alat yang hampir mendominasi komposisi musik tradisional India. Pandit Pannalal Ghosh, Hari Prasad Chauria merupakan beberapa peniup bansuri yang popular di India.

 

2. Tampura

Tampura(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Tampura(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Sobat unik mungkin sepintas alat musik tradisional ini mirip dengan sitar, namun tampura atau tanpura memiliki karakter suara dan penggunaan yang berbeda. Tampura merupakan alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Fungsinya sebagai alat musik pengiring membuat para pemainnya harus teliti dan konsentrasi. Karena suara tampura sangat unik maka sentuhan dan petikannya pun harus dijaga. Harmonisasi yang dihasilkannya sanggup untuk menghipnosis penyanyi dan pendengarnya hingga larut dalam alunan musik.

 

3. Tabla

 Tabla(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Tabla(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Nah alat musik tradisional India yang satu ini sangat popular bahkan di dunia, banyak musisi dunia yang memasukan bebunyian tabla di dalam album-album mereka, sebut saja the Beatles untuk lagu ‘Inner Light’ dalam single album ‘Lady Madonna’. Alat tradisional yang memiliki bentuk seperti gendang Sunda atau Jawa, memiliki bunyi yang unik sehingga mampu mengajak para pendengarnya untuk menari terlebih dipadukan bersama suara tampura dan sitar. Salah satu musisi tabla India yang mendunia adala Zakir Hussain dan Anoushka Shankar.

 

4. Sarangi

Sarangi(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Sarangi(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Alat musik tradisional India yang satu ini dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan piyul layaknya biola dan cello. Sarangi merupakan alat musik yang identik dengan musik rakyat Rajasthani. Seperti gitar namun lebing cembung (memiliki tiga ruang), memiliki tiga senar melodi dan 35 senar simpatetis. Salah satu maestro sarangai adalah Ustad Sultan Khan, Ikram Khan dan Ram Narayan

 

5. Sarod

Sarod(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Sarod(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Sarod berasal dari bahasa Persia yang artinya ‘melodi’ atau ‘suara yang indah,’ keberadaanya sangat penting dalam khazanah musik Hindustan (India). Cara memainkan sarod hampir sama dengan tampura dan sitar, dipetik. Salah satu maestro sarod yang popular adalah Amjad Ali Khan dan keluarganya. Suara sarod sangat indah, dalam dan introspektif.(**)

Sumber: indiat10.com, uniknya.com, Juni 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com