5 Penemuan Hewan Misterius

Oleh: Agung B.

[UNIKNYA.COM]: Beberapa waktu lalu seorang ilmuwan Jepang menemukan beberapa jenis hewan aneh. Temuan Takeshi Yamada yang sudah melakukan perjalanan mengelilingi dunia itu memang menggegerkan dunia ilmu pengetahuan. Di antara hewan aneh yang menggemparkan itu adalah monyet vampire. Dari namanya, keberlangsungan hidup monyet ini tentunya sangat bergantung pada kemampuannya menghisap darah mahluk lain. Ternyata temuan misterius tak hanya dialami oleh Takeshi Yamada saja. Berikut uniknya.com merangkum 5 penemuan hewan misterius:

 

1.   Ikan Tanpa Wajah Bermata Empat

Pada awal april 2013 lalu, seekor ikan misterius ditemukan di Karachi, Pakistan. Ikan tanpa wajah yang memiliki empat mata di badan itu mengegerkan seluruh warga. Bahkan banyak yang mengaitkan temuan ikan aneh itu dengan klenis. Ikan itu dianggap bisa membawa sial, bukan hanya kepada seluruh warga setempat namun juga bagi negara Pakistan secara keseluruhan. Warga menyebut ikan aneh tersebut akan membawa bencana politik bagi warga pakistan yang akan menghadapi pemilihan umum pada Mei mendatang.

Seperti dilansir tribune.com, warga yang melihat ikan tersebut merasa heran dan aneh dengan bentuknya. Mereka mengaku belum pernah melihat ikan tersebut sebelumnya. Mereka juga tidak tahu termasuk golongan dan jenis apa ikan tersebut. Bentuk ikan itu tidak seperti ikan pada umumnya. Empat mata ikan tersebut terdapat dalam tubuhnya yang berbentuk pipih melebar alias tanpa kepala. Uniknya, ikan ini seperti memiliki dua ekor.

(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Ikan Tanpa Wajah Bermata Empat(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

 2. Hiu Berkepala Dua

Seorang nelayan di Florida, Amerika Serikat, dikagetkan dengan temuannya pada saat memancing di perairan lepas Florida. Saat itu, kail pancingnya disantap bayi ikan hiu berkepala dua. Temuan ikan aneh tersebut kemudian diserahkan nelayan kepada ilmuwan yang kemudian menerbitkan hasil penelitianya di Journal of Fish Biology. Seorang peneliti bernama Michael Wagner yang berasal dari Michigan State University, pada 27 Maret lalu mengatakan, hasil scan MRI menunjukan jika ikan tersebut memiliki dua kepala terpisah (bifurkasi aksial atau deformitas).

Secara teknis, kondisi ikan berkepala dua disebut bifurkasi aksial atau deformitas akibat dari embrio yang mulai terpecah menjadi dua organisme terpisah atau kembar. Namun proses yang terjadi selanjutnya tidak lengkap. Menurut Wagner, ini merupakan mutasi yang sangat langka terjadi di seluruh binatang yang berbeda, termasuk manusia. Janin berkepala dua kemungkinan tidak akan hidup untuk waktu yang lama di alam liar. Bila ada seekor predator, maka aka dengan mudah menangkap ikan ini yang konsentrasi gerakanya terpecah dua.

 Hiu Berkepala Dua(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Hiu Berkepala Dua(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

 

3. Ikan Tanpa Mata dan Sisik

Temuan hewan misterius lainnya adalah ikan langka yang kemungkinan spesies baru di wilayah Ha Long Bay, Provinsi Quang Ninh, Vietnam pada awal 2012 lalu. Ikan yang tak memiliki mata dan sisik ini, tepatnya ditemukan di Van Gio Island, bagian dari ekosistem karst yang terdapat di ha long bah. Lebar wilayah Van Gioisland ini hanya 400M. Danau air tawar di dalam gua tempat ikan ini ditemukan, jaraknya hanya 200M dari lautan. Temuan ini tentu saja disambut gembira oleh ilmuwan flora fauna internasional karena menambah daftar hewan yang ada di dunia ini.

Spesies ini dinamai Draconectes narinosus, diambil dari bahasa Yunani dan Latin. Kata deacon berarti naga, sedangkan nectes berarti perenang. Kata narinosus dalam bahasa latin berarti hidung bertulang besar. Jadi, ikan ini adalah spesies ikan naga yang punya hidung besar. Ikan ini merupakan ikan gua. Karakter tanpa mata dan sisik merupakan salah satu adaptasi untuk hidup di lingkungan gua yang gelap. Ikan ini hanya hidup di air tawar dalam gua, meski letaknya berdekatan dengan lautan.

Ikan Tanpa Mata dan Sisik(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Ikan Tanpa Mata dan Sisik(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

 

4. Hewan Misterius di Laut Antartika

Belum lama ini, para ilmuwan dikejutkan dengan temuan seekor mahluk mirip udang dan ubur-ubur raksasa yang tengah bermain-main di bawah lapisan es yang gelap lautan antartika. Secara tak sengaja kedua mahluk tersebut terlihat di bawah lapisan es sedalam lebih dari 200M. Temuan tersebut berawal ketika tim dari nasa mengirimkan kamera video untuk mendapatkan gambar lebih jelas tentang isi atau kondisi lapisan bawah es Laut Antartika. Saat melakukan pengambilan gambar, tiba-tiba seekor mahluk seperti udang melintas lalu diam di kabel kamera.

Para ilmuwan juga mengaku melihat seekor mahluk yang memiliki tentakel panjang dan mempercayai itu sebagai seekor ubur-ubur raksasa. Peneliti es nasa bernama Robert Bindschadler yang memresentasikan hasil temuan itu melalui video dalam pertemuan dengan American Geophysical Union mengatakan, pada awalnya ia dan rekan-rekan lain berasumsi tidak ada apapun di sana. Jika pun ada, itu tak lebih dari beberapa mikroba saja. Namun setelah penampakan tersebut, para peneliti yakin jika di sana ada kehidupan lain. Namun demikian, secara teknis bindshadler menjelaskan jika itu bukan seekor udang, melainkan lyssianasid amphipod atau hewan yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan udang.

Hewan Misterius di Laut Antartika(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Hewan Misterius di Laut Antartika(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

 

5. Hewan Aneh di Laut Guinea

Pada tahun 2009 lalu, masyarakat Guinea atau mungkin dunia, dikagetkan oleh temuan besar sepanjang sejarah hewan. Sebuah hewan laut bertubuh besar terdampar di salah satu Pantai Guinea. Meski pada akhirnya mati, namun para peneliti mengaku senang dengan temuan tersebut. Peneliti serta para ilmuwan masih bingung dengan hewan bertubuh besar tersebut. Karenanya mereka belum bisa memastikan jenis apa dan dari spesies mana hewan misterius itu. Menurut para peneliti, bentuknya besar dan sangat aneh. Mereka bahkan mengaku belum pernah melihat hewan seperti itu sebelumnya.

Masyarakat di sekitar pantai guinea juga merasa asing dengan hewan besar tersebut. Menurut sejumlah warga, hewan raksasa sebut dipastikan terbawa ombak besar hingga terdampar di pantai. Setelah tidak dapat kembali ke laut, hewan misterius tersebut akhirnya mati. Warga tidak menolong hewan tersebut untuk kembali ke laut karena takut dengan bentuknya yang aneh. Berbeda jika ada paus yang terdampar, kadang warga banyak yang membantunya untuk kembali ke laut. Ciri-ciri hewan misterius tersebut tubuh besarnya kenyal serta ditumbuhi buku-bulu yang sangat besar.

Hewan Aneh di Laut Guinea(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Hewan Aneh di Laut Guinea(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com