5 Daya Tarik Kota Johannesburg

Oleh: Agung B

[UNIKNYA.COM]: Selain cape town yang menjadi ibu kota Afrika selatan, kota Johannesburg juga merupakan salah satu kota terpenting. Seiring dengan perkembangannya, Johannesburg menjadi daerah pertambangan utama, dan menjadi pusat jalur kereta api seluruh Afrika selatan. Kini johannesbur menikmati kekayan budaya dari keragaman penduduk, berjumlah 1,6 juta jiwa yang berasal dari penduduk asli Afrika, Eropa, Asia dan Yahudi. Berikut uniknya.com merangkunya kedalam lima video :

1.   Museum Apartheid

Yang tak boleh dilupakan ketika telah mendatangi kota Johannesburg adalah Museum Apartheid. Museum ini menyimpan secara detail mengenai sejarah hitam pemisahan ras kulit hitam dan kulit putih di Afrika selatan pada masa silam. Di museum ini banyak juga dikisahkan sisi kelam penduduk asli Afrika Selatan, yang justru terpinggirkan oleh pendatang, yang sebagian besar dari Eropa. Museum ini memiliki luas 6000 meter persegi yang dibangun di atas areal seluas tujuh hektar. Selain museum juga dibangun arena rekreasi alam berupa danau buatan.

Setelah cukup lama berkeliling di museum tersebut, pengunjung akan merasa seolah-olah berada di sebuah perkampungan pada tahun 1970 hingga 1980-an,  tempat praktek apartheid sedang merajalela. Di museum ini sangat lengkap dan detail menampilkan foto-foto serta teks mengenai sejarah apatheid. Dan di beberapa sudut museum juga dilengkapi foto-foto dalam ukuran raksasa. Dan dokumen paling berharga adalah wawancara mantan presiden Afrika selatan, nelson mandela dengan salah satau stasiun televisi.

 

Museum apartheid (blogspot.com, uniknya.com)

Museum apartheid (blogspot.com, uniknya.com)

2.   Gold Reef City Theme Park

Gold reef city theme park dibuat dengan konsep demam emas. Ketika kita pertama kali datang, sudah disambut para staf di taman ini yang mengenakan kostum penambang emas di tahun 1880-an. Bahkan bangunan yang ada di taman ini juga dirancang secara khusus untuk menyerupai bangunan di periode yang sama. Di taman terdapat sebuah museum yang didedikasikan untuk tambang emas. Pengunjung akan mengetahui bagaimana emas asli ditambang saat itu secara tradisional.

Selain itu ada atraksi lainnya di gold reef city, diantara anaconda, river rapids, jozi express, tower of terror dan golden loop. Namun beberapa atraksi ini terbilang berbahaya bagi anak-anak. Atau hanya dikhususkan orang dewasa.

Gold Reef City Theme Park (blogspot.com, uniknya.com)

Gold Reef City Theme Park (blogspot.com, uniknya.com)

 

3.   Peternakan Hewan Buas

Di pusat peternakan hewan luar yang berada di Bukit Magaliesberg, ini beberapa hewan khusus yang diternakan antara lain, cheetah, buaya Afrika, dan ular-ular langka. Dengan adanya pusat peternakan ini, hewan-hewan yang terancam punah ini bisa dijaga kelestariannya. Selain hewan liar, juga terdapat hewan yang sebenarnya masih cukup banyak, namun hewan ini termasuk endemik Afrika, seperti spesies burung nasar, burung hantu dan anjing liar.

Kini di penangkaran yang didirikan pada tahun 1971 tersebut, populasi cheetah yang sebelumnya diperkirakan tinggal 700 ekor, sudah bertambah hampir dua kali lipat. Untuk cheetah yang sudah dewasa, beberapa diantaranya dilepas kembali ke alam liar yang diperkirakan sudah punah. Tujuannya agar kembali melestarikan cheetah di berbagai kawasan. Selain itu untuk tetap mengasah naluri alamiahnya sebagai hewan rimba.

Peternakan Hewan Buas (blogspot.com, uniknya.com)

Peternakan Hewan Buas (blogspot.com, uniknya.com)

 

4.   West wits, Tambah Emas Bawah Tanah

Karena terkenal sebagai kota emas, kurang lengkap rasanya ketika berada di Johannesburg tidak mendatangi tambang emas. Salah satu tambang emas yang bisa didatangi berada di sebelah barat west wits Johannesburg dengan nama tautona. Tambah emas ini dikelola sebuah perusahaan bernama Anglogold Ashanti. Tambang emas ini merupakan tambang emas bawah tanah terdalam di dunia.

Di tambang emas tautona ini ada dua lokasi penting yang sebagai penghasil emas, yaitu mponeng dan savuka. Dari dua lokasi ini yang terbaru adalah mponeng yang mulai beroperasi pada 1981, dan penggalian pertama selesai pada tahun 1986, dan mulai bisa menghasilkan setelah penggalian selesai pada tahun 1993. Walaupun lokasi ini dikelola oleh perusahaan swasta yang dikerjasamakan degan pemerintah, namun masyarakat umum bisa melihat lokasi penambangan ini.

Namun kegiatan penambangan di kawasan tautona sedang diteliti ulang, karena tingkat kedalaman penambangan yang tidak terjangkau sinar matahari dikhawatirkan bisa membahayakan pekerja. Untuk itu, tim peneliti tengah melakukan kajian apakah kadar tanah, dan air di kawasan tersebut berbahaya atau tidak. Selain ilmuwan dari Afrika selatan, tim ahli dari princeton university di new jersey dilibatkan dalam penelitian tersebut.

west wits Johannesburg (blogspot.com, uniknya.com)

west wits Johannesburg (blogspot.com, uniknya.com)

5.   Kota emas yang menyeramkan

Julukan Johannesburg sebagai kota emas, memang sangat mengagumkan, selain kekayaan emas yang terkandung di dalamnya, juga alamnya cukup indah. Sayangnya semua keindahan itu tidak dibarengi dengan keramahan penduduk asli di Johanesburg. Kota ini ternyata merupakan salah satu kawasan yang memiliki tingkat kriminal tertinggi di Afrika selatan.

Salah satu kawasan yang tingkat kriminalnya tergolong mengkhawatirkan adalah Hillbrow. Kawasan ini bahkan dijuluki Brooklyn-nya di Afrika selatan. Dari beberapa catatan, sedikitnya dalam sehari bisa terjadi 50 kali perampokan di kawasan Hillbrow. Sebagian besar menimpa pendatang atau turis yang sedang melancong di Johannesburg. Perang antar kelompok masih kerap terjadi di hillbrow. Lebih parahnya, senjata api sangat mudah didapat di Johannesburg.

Namun salah satu pemicu tingginya tingkat kriminalitas di Johannesburg, lantaran timpangnya status sosial antara penduduk pribumi dengan orang-orang kulit putih. Sebagian besar penduduk asli hanya sebagai pekerja kasar. Sementara penduduk kulit putih, berada di tingkat perekonomian atas, dengan kawasan pemukiman khusus.

001

Kota emas yang menyeramkan (blogpot.com, uniknya.com)

Itulah beberapa hal menarik dari kota terbesar di Afrika selatan, Johannesburg.

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com