5 Mobil Patroli Polisi Superkeren

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]:  Kepolisian Amerika Serikat dan Kanada digembar-gemborkan memiliki petugas patroli terhebat di dunia. Selain dengan metode pelatihan yang terarah, kedisiplinan tinggi, juga spesifikasi mobil patroli yang digunakan pun terbilang canggih. Tak heran jika petugas polisi AS dan Kanada berani beradu kecepatan dan ketangguhan dengan para pembalap liar ataupun pencuri mobil di jalan raya. Berikut uniknya.com merangkum 5 mobil patroli polisi terkeran:

1. Lamborghini Gallardo LP560-4  (Italia)

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Lamborghini Gallardo LP560-4 memiliki body ramping serta bobot yang ringan, kombinasi tersebut memanjakan petugas patroli untuk mengelilingi sudut Kota Bologna dan Roma. Bukan itu saja mobil patroli ini mampu dipacu hingga mencapai 323 Km/jam, 552 tenaga kuda. Selain kecepatan secara ekonomis Lamborghini Gallardo LP560-4 sangat irit bahan bakar, terlebih digunakan di jalan raya kota.

2. Porsche 911Carera (Jerman)

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Tidak salah jika Kepolisian Jerman memilih Porsche 991 Carera sebagai mobil patroli. Dengan kecepatan puncak 241 Km/jam serta 350 tenaga kuda tidak ada alasan untuk membiarkan para pelanggar lalu lintas lolos begitu saja. Uniknya, mobil polisi satu ini hanya digunakan khusus untuk berpatroli ataupun melakukan aksi pengejaran saja. Porsche 991 Carera hanya memiliki dua kursi penumpang, itu berarti tidak ada tempat untuk penjahat di dalamnya. Dari riwayat pembuatannya Porsche 991 dirancang sebagai mobil reli ataupun balap oleh Porsche Ag, Stuttgart, Jerman.

3. Mitsubishi Evolution X (Inggris)

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Kepolisian Inggris merupakan yang beruntung ketika mendapatkan mobil produksi Mitsubishi Lancer Evo terbaru. Mitsubishi Evolution X resmi menjadi mobil patroli polisi Inggris, meski Kepolisian South Yorkshire, Unit Kejahatan Jalanan (Road Crime Unit), telah menggunakan Mitsubishi Evo generasi sebelumnya. Mitsubishi Evolution X mampu dipacu hingga 228 Km/jam dengan kekuatan 291 tenaga kuda. Meski bukan yang tercepat namun ideal untuk digunakan menjaga keamanan di Inggris.

4. Mazda RX-8 (Jepang)

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Dalam sejarahnya Kepolisian Jepang  jarang berganti mobil patroli namun tetap memilih mobil yang keren. Mulai dari Honda (Acura) NSX, Nissan Skyline GT-R dan Mitsubishi GTO (300GT) hingga terakhir mereka menggunakan Mazda RX-8. Generasi selanjutnya dari RX-7 tersebut dapat dipacu hingga 234 Km/jam dengan 290 tenaga kuda. Dengan mengendarai mobil patroli Mazda RX-8, kepolisian Jepang mampu menjelajahi setiap sudut kota hingga jalan pedesaan.

5. Porsche Cayenne (Rusia)

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Sumber:wordpress.com,uniknya.com

Porsche Cayenne merupakan mobil mewah dengan lima kursi yang dibuat pada tahun 2002 oleh Porsche, Jerman. Cayenne menggunakan mesin V8, teknologi  pertama yang pernah diterapkan Porsche sejak tahun 1995.  Tidak hanya polisi Jerman, Kepolisian Rusia pun menggunakan Porsche seri Cayenne sebagai kendaraan untuk berpatroli. Porsche Cayenne memiliki kecepatan puncak 142Km/jam dengan 300 tenaga kuda, dianggap cukup untuk menjelajahi sudut-sudut kota di Rusia(**)

Sumber: complex.com, uniknya.com, September 2013

*Artikel ini pernah terbit di Surat Kabar Pikiran Rakyat, Halaman Otokir, terbit setiap Jumat.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com