Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Satoshi Araki, seorang seniman asal Tokyo, Jepang, berhasil menciptakan diorama miniatur kota yang sangat realistis seperti kendaraan, mobil, lingkungan sekitar, dan banyak benda lain dari kehidupan sehari-hari. Dengan keterampilannya, ia dapat membuat pemandangan kekacauan kota dalam skala kecil yang dipengaruhi oleh kerusakan kota, polusi, ataupun peperangan.

Benda-benda minatur yang rumit dan kompleks itu sebagian besar dibuat menggunakan papan styrofoam. Satoshi dengan terampil memotong papan styrofoam itu untuk membuat bentuk dan ukuran yang diinginkan, lalu mengecatnya dan merekatkannya menggunakan lem.

Seperti yang dilansir laman Odditycentral, ia menjelaskan dalam blognya bahwa ia menggunakan Google Image Search untuk menarik gambar dan menjadikannya sebagai referensi visual. Lihat saja hasilnya, benda-benda miniatur yang ia buat begitu mirip hingga ke detail terkecil.

Beberapa karya terkenal Satoshi ialah pemandangan tempat pembuangan yang dipenuhi sampah, kendaraan dan bangunan yang ditinggalkan, miniatur sudut kota Bhagdad setelah pengeboman, miniatur fiksi Gotham City, hingga replika vespa tua berkarat yang begitu nyata. (**)

Sumber : Odditycentral.com, uniknya.com