UNIKNYA.COM: Penyebab gagal ginjal ternyata tidak saja disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak umum, bahkan penyakit yang cukup umum ini jadi pemicunya. Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu apa itu gagal ginjal. Gagal ginjal kronis disebut pula sebagai Chronic Kidney Disease merupakan kondisi fungsi organ ginjal yang mengalami penurunan. Di stadium lanjut, penderita biasanya mengalami sesak napas, mudah kelelahan, mual dan pembengkakan kaki atau tangan serta terdapat darah dalam urin. Jika dibiarkan, fungsi-fungsi ginjal yang seharusnya tidak dapat berjalan dengan baik.

Ilustrasi (web)

Beberapa contoh fungsi ginjal, antara lain:

-         Menjaga kadar bahan kimia dalam tubuh agar jantung dan otot dapat bekerja dengan baik.

-         Membantu untuk mengatur tekanan darah.

-         Produksi zat seperti vitamin D supaya kesehatan tulang terjaga.

-         Produksi hormon glikoprotein yang dapat membantu merangsang penyediaan sel-sel darah merah.

Statistik penyakit gagal ginjal ini sendiri mencapai 10% jiwa penduduk dunia. Indonesia masuk dalam daftar 10 teratas di Asia. Jadi, bisa dibayangkan seberapa besar persentase terkena gagal ginjal kronis? Untuk itu, salah satu langkah yang bisa Anda pastikan adalah menyediakan asuransi kesehatan yang meng-cover penyakit kritis seperti gagal ginjal. Dengan begitu, Anda setidaknya lega bisa memperoleh penanganan yang tepat.

 

Penyebab Gagal Ginjal Dimulai dari Penyakit-penyakit ini

Masuk ke topik, sudah tahukah Anda bahwa beberapa penyakit ini menjadi pemicu gagal ginjal kronik, di antaranya:

  1. Penyakit Diabetes

Glukosa dalam darah yang terlalu tinggi bisa memengaruhi kerja ginjal untuk melakukan penyaringan kotoran di dalam darah. Glukosa dapat merusak sistem kerja penyaringan ginjal. Maka dari itu, para diabetes dianjurkan untuk tetap mempertahankan kadar glukosa tetap seimbang. Caranya tentu saja dengan jaga pola makan sehat dan konsumsi obat diabetes Anda. Pengidap diabetes tipe 1 sebelum 50 tahun diperkira dapat diderita 1-2 dari 5 orang penderita diabetes 1. Sementara 1 dari 3 penderita diabetes tipe 2 dapat mengalami gagal ginjal.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat menghambat kerja ginjal untuk melakukan penyaringan. Tekanan darah sendiri merupakan ukuran tekanan saat jantung melakukan pemompaan darah ke pembuluh arteri. Nah, dengan tekanan darah yang berlebihan, kondisi ginjal tentu jadi rusak karena menekan pembuluh darah kecil yang ada dalam organ tersebut.

Memang tidak hanya kedua penyakit ini saja yang jadi penyebab gagal ginjal kroni tetapi dapat pula disebabkan oleh pemicu lainnya. Beberapa kondisi lain tersebut, antara lain adalah:

-         Penyakit turunan seperti gangguan ginjal polisistik dimana kedua ginjal berukuran tidak normal.

-         Infeksi dan peradangan pada ginjal.

-         Penyumbatan yang disebabkan oleh batu ginjal ataupun gangguan prostat.

-         Kegagalan pertumbuhan organ ginjal ketika masih dalam kandungan.

-         Penyakit lupus yang dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan-jaringan dalam tubuh, termasuk ginjal.

-         Penggunaan obat-obatan tertentu dalam waktu rutin seperti ibuprofen dan aspirin.

Yang pasti, semakin tua usia maka kemungkinan terkena gagal ginjal semakin tinggi pula. Hal ini tentu jadi perhatian penting bagi kita. Memang, siapa yang menginginkan untuk meninggalkan orang yang dicintai? Namun, tidak dapat dielakkan, bukan? Untuk itu, di samping, asuransi untuk kesehatan, Anda bisa pula menyiapkan asuransi jiwa yang memberi pertanggungan cukup besar bagi yang ditinggalkan. Dengan begitu, mereka yang ditinggalkan, apakah anak-anak, setidaknya bisa menjalani hari-hari berikutnya. Tentu saja sebisa mungkin jaga diri untuk tidak memicu penyebab gagal ginjal kronik yang mematikan ini.