Anda sudah pernah mencoba es cincau? Rasanya yang segar dan tekstur cincaunya yang kenyal, membuat penggemar cincau tidak pernah bosan, bahkan hingga saat ini. Selain cincau adalah jajanan tradisional Indonesia yang sering sekali dijual di kalangan anak-anak sekolah, namun tidak sedikit pula yang menyukai cincau karena memang rasanya enak dan juga bisa menjadi obat pribadi untuk kita, salah satunya untuk mengurangi  panas dalam karena sifat cincau yang menyegarkan. Jika mencari cincau disekitaran kafe yang cukup highclass, mungkin membeli minuman cincau bisa membayar menggunakan Kartu Kredit  ya.

Lezatnya Cincau (web)

Lezatnya Cincau (web)

Menurut Brainly[dot]co[dot]id cincau (Xiancao) adalah gel yang mirip agar-agar yang berasal dari perendaman daun atau tumbuhan tertentu dalam air. gel ini terbentuk karena tumbuhan daun yang direndam itu mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. kata “cincau” itu sendiri berasal dari bahasa Hokkian Sienchau (xiancao) bahasa ini terkenal di kalangan bangsa Tionghoa di Asia tenggara. Sementara arti cincau itu sendiri adalah nama tumbuhan gel ini. Sejak dulu cincau ini terkenal karena olahanya menjadi minuman yang disukai hampir banyak orang, khususnya di Indonesia. Sajian cincau yang paling terkenal adalah cincau hijau dengan gula merah atau gula yang menggunakan pewarna merah. Sajian cincau seperti itu masih dapat dijumpai sekalipun di kota besar hingga saat ini. Bahkan beberapa diantaranya sudah dimodifikasi menjadi sajian cincau yang lebih menarik dan tetap enak pastinya. Selain menjadi minuman sekaligus makanan yang menyehatkan, cincau juga dipercaya sebagai obat.

Cincau dapat digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi. Selain itu, menurut Direktorat Gizi Departemen kesehatan, Cincau mengandung 6,23 gram serat setiap per 100 gram. Itu berarti jika cincau dikonsumsi dengan buah-buahan dan sayuran lainya, dapat memenuhi kebutuhan serat harian kita sebesar 30 gram. Alasan ini lah mengapa cincau dipercaya dapat mengobati tekanan darah tinggi, memerangi penyakit jantung koroner. Cincau juga mengandung kalori sebesar 122 kalori dan protein sebesar 6 gram.

Di zaman modern ini, banyak pengusaha yang kreatif di bidang kuliner, mencoba memodifikasi berbagai olahan makanan dan minuman tradisional, menjadi makanan yang modern dengan citra rasa tradisional. Begitu juga dengan cincau. Sekarang ini cincau banyak dijadikan sebagai olahan minuman dengan dicampur bahan lainya, sehingga menjadikan sajian cincau lebih variatif.

Sekarang, anda akan menemui banyak olahan minuman cincau yang dicampur dengan bahan lain yang menjadikan olahan tersebut lebih menggugah selera kita. Seperti apa olahan cincau yang lebih variatif ini, berikut uraianya:

  1.  Es Cappucino dengan Cincau Hitam dan Saus Coklat

Bahan dasar yang digunakan untuk campuran es cincau ini adalah cincau hitam. Cincau hitam yang telah jadi, bisa dipotong dadu, atau diserut dengan alat khusus sehingga berbentuk bundaran kecil. Kemudian anda membuat minuman cappuccino yang biasanya sudah tersedia instant, tinggal seduh saja. Campurkan kedua bahan, kemudian masukan es dan terakhir hiasi dengan susu cair cokelat.

  1. Es Cincau Soda gembira

Minuman ini juga masih ada campuran cincaunya. Namun toping lainya juga tidak kalah lengkap. Nata de coco, buah nanas, es batu dan juga minuman soda dengan rasa lime adalah campuran yang diperlukan untuk membuat minuman ini. Campurkan keseluruhan bahan dan Es Cincau soda gembira pun tinggal disajikan.

  1. Pudding Cincau gula merah

Ini bukan jenis minuman cincau, seperti 2 jenis minuman cincau diatas. Ini jenis desert yang terdiri dari campuran cincau. Kemudian bahan lainya adalah santan, garam, agar-agar bubuk putih, gula pasir, selasih yang telah direndam dengan air panas. Bahan ini dibuat seperti halnya anda ketika membuat agar-agar. Jangan lupa campurkan cincau dibagian akhirnya.

  1. Soya Cincau Cinnamon

Olahan cincau berikutnya adalah Soya Cincau Cinnamon. Untuk membuat minuman ini sangat mudah, cincau hitam terlebih dulu di potong kotak-kotak kecil (dadu), kemudian siapkan kayu manis, gula pasir dan kayu manis bubuk. Campurkan bahan tersebut, dan hidangkan. Jangan lupa tambahkan es batu ya, untuk kesegaran yang lebih baik.

  1. Es Teller

Olahan cincau yang satu ini, rasanya sudah tidak terlalu asing ya ditelinga kita. Es teller banyak ditemui di lokasi jajanan sekitar kota. Jika anda ingin membuatnya sendiri, tentu sangat mudah. Cukup siapkan serutan kelapa, santan kara, gula pasir, susu kental manis putih, potongan buah melon atau buah lain sesuai selera anda, nata de coco dan jelly. Campurkan keseluruhan bahan, tambahkan es batu. Es teller siap disajikan. Cincau yang menyegarkan dan menyehatkan ternyata dapat diolah menjadi berbagai macam olahan minuman dan makanan yang lebih enak dan sehat tentunya. Anda juga bisa membuat olahan ini di rumah. Untuk anda yang tinggal disekitar Jabodetabek, dan anda memiliki Kartu Kredit CIMB Niaga, segera kunjungi outlet black ball karena ada diskon 20% hingga 20 juni 2016. Siapa tahu disana ada dessert dan minuman cincau yang lebih variatif lagi. Selamat mencoba.