Apakah anda pernah merasa bosan dengan arsitektur rumah anda yang terlihat standar dan kurang indah dipandang mata? Tentunya, sebagai orang modern, kita ingin selalu mengikuti kemajuan yang terjadi di bidang arsitektur, walaupun tidak harus mengeluarkan terlalu banyak budget untuk mendekorasi rumah kita, namun jika sedikitnya kita tahu mengenai perkembangan dunia arsitektur, terutama arsitektur rumah tinggal, sedikit demi sedikit kita akan bisa mendekorasinya.

Hal yang terkadang terjadi adalah orang-orang yang tinggal di kota besar, seperti Jakarta , memutuskan bahwa Rumah dijual di Jakarta milik mereka benar-benar mereka jual agar mereka bisa pindah ke rumah baru yang arsitekturnya lebih bagus dari rumah sebelumnya.  Rumah yang nyaman dan memiliki seni arsitektur yang bagus, rupanya sudah menjadi gaya hidup saat ini.

Anda bisa lihat, saat ini di beberapa stasiun TV local di Indonesia, hadir tayangan yang membahas seputar arsitektur rumah yang bisa menjadi inspirasi dekorasi rumah kita. Beberapa nama artis juga sering kali dijadikan inspirasi karena arsitektur rumahnya yang bagus, unik dan juga rapi. Acara tersebut juga tidak hanya mereview mengenai rumah-rumah yang memiliki arsitektur unik, namun bahan-bahan bangunan yang menjadikan arsitektur tersebut menjadi begitu indah, juga direview.

Rumah-rumah yang cukup banyak dijumpai saat ini, memiliki arsitektur yang tidak rumit, dan terkesan minimalis. Unsure-unsur alam seperti batuan, tumbuhan, air dijadikan sebagai pelengkap arsitektur zaman sekarang ini, untuk menambah kesan natural pada tempat tinggal kita. Jika anda memiliki budget yang cukup besar, tidak menutup kemungkinan untuk membuat kolam renang di rumah kita, sebagai unsur alam pelengkap arsitektur rumah tinggal kita yang menyegarkan.

Arsitektur yang unik, perpaduan unsur alam yang serasi, tentunya akan lebih cantik lagi dengan berbagai pernak-pernik yang berkaitan dengan arsitektur itu sendiri. Misalnya anda memilih rumah tinggal dengan arsitektur minimalis, maka anda bisa melengkapi pernak-pernik minimalis yang sudah banyak disediakan di Living plaza terdekat di sekitar kota anda. Begitu juga dengan gaya arsitektur yang lainya.

Jika anda sedang berniat untuk melakukan perubahan pada beberapa bagian rumah anda, anda bisa memulainya dengan mengetahui, trend apa yang sedang banyak digunakan oleh orang-orang saat ini terhadap arsitektur rumahnya. Model rumah dengan jendela yang lebar, warna cat yang minimalis, pernak-pernik yang juga minimalis, bisa saja menjadi salah satu gaya arsitektur anda yang cocok untuk wajah baru rumah anda.

Berikut ini, akan dijelaskan mengenai gaya arsitektur apa yang banyak digunakan di Indonesia, sebagai dasar membangun hunian yang bagus dan nyaman, sperti apa gaya arsitekturnya, berikut penjelasanya:

 

 

  • Gaya  Mediterania

 

Gaya bangunan dengan konsep ini berkiblat pada konsep bangunan kerjaan eropa di tahun 80’an. Film-film kolosal barat sering memperlihatkan tipe bangunan mediterania ini. Bangunanya memiliki pilar-pilar yang besar juga memiliki hiasan dinding dengan motif kerajaan. Konsep mediterania ini cocok untuk anda yang ingin memperlihatkan sisi mewah dari rumah anda.  Warna seperti coklat,merah bata, kuning adalah warna bangunan kerajaan yang mewah.

 

  • Gaya  Oriental

 

Gaya arsitektur ini erat dengan elemen-elemen yang menarik. Terlihat pada ukiran-ukiran kayu di dinding, penempatan ornamen cirri khas oriental seperti Gucci, lukisan hingga warna cat yang identik dengan konsep oriental seperti merah dan kuning. Kayu-kayu banyak digunakan pada gaya arsitektur ini, seperti kayu rosewood, kayu cedar, batu, bamboo, anyaman rotan dan sutera.

 

  • Gaya  Kontemporer

 

Gaya arsitektur ini, termasuk yang banyak diminati dan digunakan sekarang ini. Konsep ini memaknai gaya tahun 20-40an. Kontemporer  merupakan gaya modern juga yang lebih variasi, inovatif, dan lebih berani memadukan unsur-unsurnya. Bahan yang sering digunakan adalah kayu, batu bata, dinding batu serta semen. Gaya arsitektur ini banyak ditemui pada bangunan pasar, restaurant, kantor, villa dan lain sebagainya.

 

  • Gaya Minimalis

 

Gaya arsitektur ini juga sangat populer di Indonesia. Gambar khas interior minimalis adalah bentu-bentuk persegi, kubus, geometris dan lain sebagainya. Konsep ini fokus pada estetika dan kemewahan bangunan. Cocok untuk pembangungan di lahan yang terbatas.

 

  • Gaya Modern

 

Gaya arsitektur ini sangat modern tentunya, dan memiliki karakter yang simple, bersih, stylish menyesuaikan dengan konsep yang ada di zaman modern ini. Rumah yang memiliki jendela yang lebar dan tinggi termasuk rumah dengan gaya modern ini. Bentuk asimetris yang ditemui pada bagian rumah juga merupakan gaya modern.

Gaya arsitektur yang favorit di Indonesia ini tidak hanya dijadikan sebagai konsep bangunan rumah tinggal saja, namun konsep perkantoran, rumah makan, gedung budaya, apartement juga mengiblat pada konsep di atas. Tidak perlu lagi ada Rumah dijual Jakarta milik anda, karena anda hanya perlu melakukan dekorasi terhadap rumah tinggal anda dengan referensi diatas. Semoga bermanfaat.