Kebutuhan kepemilikan rumah kian meningkat sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk. Namun, untuk memiliki hunian yang layak saat ini tak semudah yang diperkirakan. Harga tanah yang semakin melambung membuat para developer memasang harga ‘selangit’ kepada masyarakat yang ingin memiliki hunian di sebuah kompleks perumahan.

Tak heran jika kebutuhan dasar yang satu ini cukup sulit untuk dipenuhi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Untuk itu, pemerintah saat ini menghadirkan program perumahan bersubsidi demi memberikan kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki hunian yang layak.

Mekanismenya pemerintah memberikan subsidi berupa Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) berupa bantuan uang muka (DP – down payment) sebesar Rp 4 juta, DP 1% khusus untuk pengajuan KPR bersubsidi melalui BTN, bunga KPR rendah sebesar 5% per tahun flat, dan jangka waktu kredit yang maksimal hingga 20 tahun. Apalagi banyak sekali sekarang Rumah Dijual Jakarta makin kompetitive harganya.

Meski persyaratan semakin mudah, bukan berarti setiap permohonan KPR bersubsidi yang diajukan selalu lolos verifikasi dan mendapat persetujuan dari bank. Seperti pada pengajuan kredit pada umumnya, bank juga memiliki pertimbangan tertentu dalam menyetujui permohonan KPR bersubsidi.

Berikut adalah sejumlah jurus yang harus Anda ketahui agar rumah subsidi menjadi milik Anda:

1. Menghitung Pendapatan

Jika Anda ingin memiliki rumah bersubsidi, Anda harus memiliki penghasilan maksimal Rp4 juta, sesuai dengan peraturan pemerintah. Jika penghasilan Anda melebihi ketentuan tersebut, sudah dipastikan kesempatan memiliki rumah subsidi tak akan terealisasi.

Namun jika Anda memiliki penghasilan di bawah Rp4 juta, Anda pun harus menghitung penghasilan dan pilihan angsuran dengan cermat. Pasalnya, pemerintah akan mulai menghitung berdasaran 3x angsuran plus biaya hidup.

2. Kredit Mobil

Calon pemilik rumah subsidi tidak diperkenankan memiliki angsuran kredit mobil. Namun Anda masih bisa memperoleh rumah subsidi asalkan Anda pernah membeli mobil secara tunai.

3. Kredit Motor

Bagaimana dengan kredit motor? Jangan khawatir, Anda masih punya kemungkinan mendapatkan rumah bersubsidi asalkan Anda tidak punya sejarah buruk atas tunggakan cicilan motor. Pihak Bank bisa mengetahui status tunggakan tersebut. Jika sudah begitu, sang pemohon rumah bersubsidi pun sudah dipastikan ditolak.

4. Cicilan Rumah

Pemohon rumah bersubsidi sudah dipastikan ditolak jika mereka memiliki tunggakan cicilan rumah. Penting untuk diketahui bahwa program rumah subsidi ini hanya ditunjukan bagi mereka yang belum pernah mengajukan kredit rumah, baik rumah subsidi maupun rumah nonsubsidi.

5. Pastikan Jarak Rumah dengan Lokasi Kerja

Pastikan jarak calon pemilik rumah subsidi tidak terlalu jauh dengan lokasi tempat bekerja. Jika terlalu jauh, maka Anda dinilai bakal sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Anda pun dipastikan kalah bersaing dengan mereka yang lebih membutuhkan tempat tinggal segera.

Jadi pastikan radius rumah dan lokasi bekerja tidak terlalu jauh, atau paling tidak jarak tempuhnya tak melebihi dari dua jam.

6. Status Pekerjaan

Mengingat angsuran kredit rumah subsidi yang relatif panjang, maka lebih baik status pekerjaan Anda ialah sebagai karyawan tetap, bukan karyawan kontrak. Untuk program rumah subsidi ini Anda harus berstatus karyawan tetap setidaknya selama 2 tahun.

7. Kartu Kredit

Pastikan Anda tidak memiliki riwayat buruk sebagai pemegang kartu kredit. Bank Indonesia memiliki catatan semua orang yang pernah menerima kredit. Daftar tersebut merekam sejarah pelunasan kredit dan diurut secara ranking.

Jika Anda termasuk ranking terbawah atau terburuk, Anda pun masuk dalam daftar Blacklist oleh bank. Jika sudah begitu, maka lupakan keinginan Anda memiliki rumah subsidi.

Itulah beberapa jurus jitu bagi Anda yang ingin memiliki hunian impian bersubsidi.  Jika Anda lolos dan merasa mampu memenuhi sejumlah persyaratan tersebut, maka rumah impian pun akan segera Anda miliki. Nah, bagi Anda yang kini sedang mencari hunian layak berharga murah di kawasan Jakarta, cek saja Rumah  Jual di Jakarta.