Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang mau tak mau harus dipenuhi, selain sandang dan pangan. Rumah dapat berfungsi sebagai tempat untuk menikmati kehidupan yang nyaman, tempat beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga dan tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalam masyarakat. Karenanya, tidak sedikit orang yang bersusah payah membangun sebuah hunian sesuai keinginan dan impian mereka.

Demi mewujudkan impian tersebut, tak sedikit dari mereka yang membuat rumah dengan desain yang unik, lain daripada yang lain. Adapun dari mereka yang memutuskan untuk tinggal di suatu tempat huni yang mustahil untuk ditinggali, seperti di atas sungai ataupun di dalam gua.

Bagi kita yang hidup dan tinggal seperti individu pada umumnya, pasti akan terkejut melihat rumah unik dan tak lazim yang dibuat oleh sederet orang berikut ini :

1. Rumah Tersempit di Dunia

Mungkin hanya ada di Jakarta deretan rumah dibangun berhimpit satu sama lain di gang-gang sempit. Namun jangan salah, di Polandia ada sebuah rumah yang mampu menandingi sempitnya rumah di sebuah gang.

Rumah yang dimiliki oleh Etgar Keret ini disebut-sebut sebagai rumah tersempit di dunia. Rumah berjuluk Keret House ini lebarnya hanya sekitar empat kaki, atau setara 1,2 meter saja.

Rumah tersempit di dunia (web)

Rumah tersempit di dunia (web)

Kendati sempit, namun bangunan kecil ini dinilai layak dijadikan sebagai rumah tinggal. Cat putih bersih terawat membuat rumah tersempit ini cukup nyaman untuk ditinggali. Karena hanya memiliki lebar yang hanya bisa dimasuki oleh satu orang, maka rumah ini pun hanya memiliki sebuah kamar yang sangat kecil dengan kasur yang hanya untuk didiami oleh satu orang saja.

Etgar yang berprofesi sebagai penulis mengatakan, tak perlu banyak ruang untuk menjalani hidup dalam kesendirian.

2. Rumah Unik dari Kontainer

Siapa bilang box kontainer usang tidak bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal. Di tangan seorang arsitek asal Kota New York, Amerika Serikat, box kontainer berhasil disulap menjadi sebuah tempat tinggal.

Dengan biaya yang jauh lebih terjangkau, David Boyle beserta istrinya Michele Bertomen berhasil merancang konsep rumah pribadi berbahan kontainer. Boyle memutuskan untuk membeli sebidang tanah ukuran 40 kaki persegi dan membeli enam kontainer. Dengan modal sebesar US$1.500 atau sekitar Rp20 juta, Boyle berhasil membuat rumah kontainer berlantai tiga.

Jangan salah, meski terbuat dari kontainer, namun rumah minimalis ala Boyle ini terlihat sangat nyaman untuk ditinggali.

Rumah Unik dari Kontainer (web)

Rumah Unik dari Kontainer (web)

 

3. Rumah di Atas Sungai

Mendirikan rumah di atas sungai dan tinggal jauh dari pemukiman warga merupakan impian bagi Frank Wright. Pria asal Amerika Serikat itu berhasil membuat rumah impian yang dibangun menyebrangi sungai Three Rivers, di California, atau tepatnya berada di dekat pintu masuk Taman Nasional Sequoia.

Rumah yang dinamai Kaweah Falls ini tak hanya nyaman untuk ditinggali, disini Anda juga dimanjakan oleh pesona alam terbuka dan satwa liar yang kerap ditemukan berada di sekitar rumah itu.

Tak hanya itu, memasuki rumah ini Anda akan menemukan fitur interior dengan  pemandangan lantai berkaca sungai. Adapun jembatan di atas perairan ini yang mengarah ke dek pribadi di mana Anda dapat duduk dan mendengarkan suara gemercik air yang menabrak batuan sungai, sungguh menenangkan.

Fall House

Rumah di Atas Sungai (web)

4. Rumah Terbalik di Jerman

Bagaimana ya rasanya jika kita tinggal di sebuah rumah yang didesain secara terbalik. Ya, rumah terbalik ini berada di Jerman dan dibuka sebagai atraksi hiburan bagi para turis.

Dinamakan “Die Welt steht Kopf” atau “dunia berdiri di atas kepala”, rumah terbalik ini didesain oleh duo arsitektur  Klaudiusz Golos dan Sebastian Mikiciuk yang berasal dari Polandia.

Saat mengeksplorasi interior rumah ini para pengunjung akan dibuat kehilangan orientasi, seakan Anda melayang di atas langit-langit rumah. Dan uniknya, rumah ini dibangun di atas rangka baja karena beban berat yang harus ditanggung atap yang menempel di atas permukaan tanah.

 

rumah terbalik

Rumah Terbalik di Jerman (web)

 

5. Gua Rumah Impian

Pengusaha kaya asal Australia, Angelo Mastropietro berhasil mewujudkan impiannya untuk hidup menjadi manusia gua layaknya Flintstones.  Angelo rela menghabiskan uang sebesar Rp3,1 milyar untuk menyulap sebuah gua di Inggris menjadi rumah impiannya.

Gua berusia ratusan tahun yang berada di Wyre Forest, Worcestershire, Inggris ini sengaja dipilih oleh Angelo karena dikelilingi oleh suasana alam yang menyejukkan.  Dengan anggaran yang cukup besar, dia pun bekerja mengubah gua tersebut dengan menyingkirkan hampir 80 ton bebatuan. Setelah menghabiskan 1.000 jam renovasi,akhirnya dirinya berhasil mengubah gua tua itu menjadi sebuah rumah impian yang nyaman untuk ditinggali.

Gua Rumah Impian (web)

Gua Rumah Impian (web)

Gua tua itu kini beralih bak rumah modern dengan fasilitas seperti shower, alat masak otomatis, WiFi, air mengalir, dan penghangat lantai.

Itulah beberapa  rumah impian unik dan tak lazim ditinggali dari berbagai penjuru dunia. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk tinggal atau membangun rumah dengan desain nyeleneh seperti yang sudah kita simak tadi? Nah, bagi Anda yang kini sedang mencari hunian layak berharga murah di kawasan Jakarta, cek saja Jual Rumah Murah di Jakarta ya.