Bagi ibu yang ingin tetap bisa jaga anak namun ingin pula membantu suami menambah penghasilan, ada opsi lain yang bisa dilakoni. Ya, usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang sesuai dengan namanya dapat ditekuni tanpa harus keluar rumah.

Asalkan kreatif dan mau memanfaatkan sarana yang ada, siapa saja bisa berbisnis – termasuk para ibu rumah tangga. Apakah secara offline ataupun bisnis online pilih metode yang Anda suka.

usaha rumahan untuk ibu rumah tangga

usaha kerajinan tangan

Tak sedikit pula bisnis-bisnis ini sungguh mudah dimulai, apalagi modalnya yang tidak banyak. Bahkan, bisa dibilang ada yang tak bermodal sama sekali. Berikut beberapa rekomendasi menarik seputar usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda coba sembari menjaga anak-anak.

Rekomendasi Menarik Usaha Rumahan untuk Para Ibu

Kerajinan tangan

Crafting / handmade adalah salah satu produk yang cukup menjual – apalagi kalau si pembuat memiliki banyak ide dan bisa mewujudkannya. Anda dapat mencoba beragam hal, mulai dari rangkaian bunga, tas mini, aksesoris, taplak meja, hiasan dan sebagainya. Kerajinan ini dapat Anda buat di sela-sela waktu senggang mengurus anak dan kebutuhan rumah tangga. Setelahnya, Anda dapat menjual produk tersebut kepada teman-teman ataupun via daring, seperti Instagram ataupun media sosial lainnya.

Usaha makanan

Bisnis ini bisa Anda lakoni secara offline maupun online. Anda dapat menawarkan katering kepada tetangga, teman dan promosi dari mulut ke mulut. Mulai dari mereka terlebih dahulu. Jika responnya bagus maka Anda pun bisa mencoba pasar yang lebih luas. Tak hanya katering, usaha makanan bisa mencakup olahan kue basah, kue kering ataupun minuman serta produk-produk olahan lainnya yang Anda bisa.

Menawarkan kursus

Jika Anda dulu mengenyam pendidikan cukup tinggi, mengapa tak memanfaatkan kemampuan akademis Anda tersebut untuk menambah penghasilan? Faktanya, kemampuan akademis tersebut masih sangat berguna meski Anda berstatus ibu rumah tangga. Tak hanya membantu anak-anak Anda sendiri, Anda pun dapat menawarkan kursus atau les kepada anak-anak lainnya. Les untuk tingkat SD, SMP atau bahkan SMA.

Selain bidang akademik, kalau Anda punya keahlian lainnya juga bisa ditawarkan. Seperti misalnya, menjadi guru piano, gitar dan sebagainya. Selain itu, kursus memasak pun dapat jadi opsi menarik yang dapat Anda tawarkan kepada ibu-ibu atau anak-anak muda.

Spa rumahan

Spa tak harus selalu di mall ataupun tempat mahal lainnya. Anda dapat membuka usaha rumahan ini dengan tenaga sendiri ataupun orang lain.

Blogger / Influencer

Ya! Menjadi blogger atau influencer di Internet sekarang tengah ramai dan naik daun, khususnya di kalangan ibu-ibu muda. Waktu luang bisa dimanfaatkan untuk menuliskan kesukaan Anda ataupun yang menurut Anda akan disukai oleh banyak orang. Jika punya kemampuan menulis, mengapa tak coba profesi satu ini? Memang butuh waktu untuk bisa mendapatkan tawaran job dari profesi satu ini. Semua usaha juga mesti tekun, bukan? Bukan hanya jadi blogger saja. Oleh karena itu, tetaplah aktif di blog dan media sosial lainnya. Jadilah orang yang disukai oleh orang lain.

Para ibu, sudah pernah coba usaha rumahan yang mana? Ntah sudah salah satu atau belum sama sekali, mari coba untuk memulai sebuah usaha lagi. Dengan ketekunan dan kerja keras, niscaya Anda dapat membantu suami untuk menambah penghasilan namun juga tetap bisa merawat anak dan suami sebaik mungkin.