Ketika datang pada tempat-tempat menyenangkan untuk ditinggali, Surabaya berada di daftar teratas bagi kebanyakan penduduk Indonesia. Mengingat bahwa Surabaya merupakan kota berpenduduk kedua terbanyak di negara ini, kota ini menawarkan sejumlah tempat-tempat belanja modern dan banyak kegiatan liburan yang hanya bisa ditawarkan oleh kota-kota besar, kompetisi tinggi untuk rumah-rumah. Bagaimanapun, itu tidak berarti kota ini disediakan semata-mata untuk turis asing kaya dan sukses. Jika anda ingin sensasi dari kota besar tanpa label harga mahal, ada beberapa cara yaitu dengan menabung uang dan masih berada dimana anda inginkan. Seperti halnya dengan kota besar lain, beberapa pengorbanan harus dilakukan tetapi hal itu mungkin layak jika itu berarti anda tinggal di tempat yang lebih mahal. Berikut 6 tips bertahan di perumahan mahal di Surabaya dengan tetap mempertahankan standar hidup layak. menabung

  • Jangan Menghamburkan Uang untuk Sesuatu yang Bisa di Dapat Secara Gratis

Ada banyak layanan yang bisa anda temukan secara gratis di Indonesia, atau paling tidak buat ukuran pemotongan biaya. Contohnya, ada banyak kedai kopi atau tempat bisnis lain yang menyediakan akses Wi-Fi gratis. Ini adalah salah satu keuntungan hidup di kota besar. Meskipun anda harus membayar lebih untuk internet di daerah pedesaan, ketika datang untuk itu, anda dapat mendapatkan fasilitas ini secara gratis di kota-kota besar. Jika anda bekerja di rumah, maka ini tidak bisa dijadikan sebagai ukuran pemotongan biaya, namun jika anda menggunakan internet semata-mata hanya untuk hiburan pertimbangkan untuk membuang layanan sebagai sesuatu yang anda bayar. Sebagai tambahan, pastikan anda tidak menghamburkan uang dengan cara yang bahkan tidak anda sadari. Contohnya, jangan tinggalkan peralatan rumah tangga atau perangkat mekanik lain terpasang saat anda tidak ada di rumah. Meninggalkan TV yang terpasang sepanjang hari bisa membuat anda dikenakan biaya lebih daripada jika TV dicabut, bahkan jika itu tidak dinyalakan. Anda bisa menghemat sejumlah biaya untuk tagihan listrik dan gas anda jika anda mangambil langkah-langkah tepat untuk membatasi penggunaan.

  • Seimbangkan Ruangdengan Harga

Satu dari pengorbanan terbesar yang butuh anda lakukan untuk mampu tinggal di Surabaya jika anggaran anda terbatas yaitu mengurangi ruang. Jika anda mencari di RumahDijual untuk rumah murah di Surabaya, anda harus siap untuk menyetujui tempat yang kurang luas dari yang ideal. Bagaimanapun, ini tidak berarti anda harus tinggal di sebuah lemari. Menyusun anggaran dan rencana keuangan sebelum anda membeli atau menandatangani sewa tempat tinggal di batas kota sangatlah penting. Lalu, anda akan tahu persis rentang harga anda itu mahal atau murah, dan berapa banyak ruang yang akan anda korbankan demi tinggal di lokasi yang anda inginkan. Ada faktor-faktor lain mempengaruhi pencarian rumah, seperti berapa banyak uang yang anda simpan untuk keperluan dan taktik lainnya, tetapi memilih untuk sesuatu yang nyaman daripada luas akan memperluas pilihan anda.

  • Pilih Lokasi dengan Bijaksana

Ketika ada banyak tempat dan lingkungan permukiman yang mengagumkan di Surabaya, sangatlah bijaksana untuk tidak memilih tempat yang paling indah, tetapi yang paling tepat. Contohnya, berada dekat dengan transportasi umum dan jalan raya sangatlah ideal. Menurut  Tempo.Co, pemerintah Jepang telah mmeperlihatkan ketertarikannya pada proyek revitalisasi kereta api antara Jakarta dan Surabaya. Meskipun belum ada konfirmasi, fakta adanya peningkatan jumlah perhatian dan potensi investasi asing yang ditempatkan di tempat-tempat kunci seperti Surabaya dapat menjadi indikator peningkatan masa depan. Hal ini juga meningkatkan keinginan dari sudut real estate. Apakah anda berencana untuk membeli atau menyewa, apa yang ada di luar pintu sama pentingnya dengan apa yang ada di dalam. Anda juga dapat menyisihkan uang untuk transportasi jika anda menggunakan kereta daripada membutuhkan sebuah mobil. Ada banyak pilihan bisa berarti penghematan besar jika anda memilih lokasi yang tepat yang harus selalu menjadi pertimbangan.

  • Perhatikan Pasar dengan Baik

Ketika tidak semua orang bisa menjadi guru pasar real estate, anda pastinya harus memperhatikan apa yang sedang terjadi dengan pasar properti secara umum. Seperti dilansir oleh Collier’s, dikarenakan peningkatan apartemen baru di Surabaya, angka permintaan di paruh kedua 2015 meningkat bahkan diatas nilai pasar dengan 4 persen dari periode sebelumnya. Melihat naik turunnya sektor real estate di daerah itu mungkin membantu anda memutuskan kapan waktu terbaik untuk mencari sewa atau membeli. Jika anda bisa menunggu, akan ada waktu saat harga sedang turun dimana anda akan siap untuk menyerang. Ketika menunggu tidaklah mungkin untuk setiap orang, kesabaran bisa menjadi sebuah keuntungan untuk pencarian rumah anda. Kemungkinan lain yaitu menyewa seorang agen real estate yang sudah ahli dalam fluktuasi ini. Saat banyak daftar properti akan anda temukan secara online seperti menggunakan agen real estate, anda juga bisa menyewa satu untuk diri anda untuk menemukan tempat tinggal yang belum pernah anda dengar. Meskipun ini bisa menjadi mahal dalam waktu yang singkat, jika bisa membantu anda menyisihkan uang di kemudian hari serta menjamin sebuah rumah untuk anda yang dikelola dengan baik oleh pengembang atau pemilik dengan reputasi baik, maka itu bermanfaat.

  • Pertimbangkan Tinggal dengan Teman Sekamar

Pilihan ini lebih cocok jika anda tidak membawa keluarga anda pindah ke sebuah rumah di Surabaya, tapi ini mungkin juga. Menemukan seseorang yang bisa berbagi sewa merupakan langkah hebat jika tinggal di sebuha kota besar. Ini merupakan keadaan yang sering terjadi dimanapun anda berada, dari Surabaya sampai New York. Mencoba berbagi sebuah rumah tidak hanya baik untuk dompet anda tapi juga baik untuk kehidupan sosial anda. Ada sebuah kesempatan besar untuk bertemu dengan orang baru dan punya teman baru dengan cara yang tidak biasa, kebanyakan anda akan berhubungan dengan orang yang bersemangat hidup dalam batas-batas kota. Jika anda dapat menemukan seorang teman sekamar dengan kehidupan yang menyenangkan, ini adalah salah satu cara terbaik untuk hidup dimanapun anda inginkan namun dengan biaya yang terjangkau. Ini bahkan lebih baik jika anda menjadi teman jangka panjang dengan teman sekamar anda, karena jika sudah waktunya anda menemukan tempat tinggal baru, anda sudah memiliki rekan di samping anda yang siap membantu.

  • Masak Makanan Anda Sendiri

Ini kelihatan mudah, namun satu dari aspek yang paling menggiurkan tinggal di kota adalah makan diluar. Mengingat beragam restauran makanan lezat dan pilihan bersantap kelas dunia yang ditawarkan di kota-kota besar, akan sulit untuk menahan godaannya. Maka dari itu, sebuah kompromi yang baik yaitu makan diluar pada acara tertentu saja tapi selalu membuat makanan sendiri di lain waktu. Jangan memesan makan siang ketika anda bisa membuatnya sendiri dan bawalah ke tempat kerja. Ini adalah aturan yang bagus yang bisa menyimpan lebih banyak uang dari yang bahkan anda bayangkan sampai bertambahnya tabungan di akhir bulan. Surabaya merupakan kota besar dan tempat yang sangat diinginkan untuk tinggal, tapi ada beberapa cara untuk menyiasati label harganya. Dengan beberapa taktik dan tips mudah, anda dapat berhemat dan mengubah rute tabungan anda untuk rumah murah di tempat yang pastinya anda inginkan.