Mencari dan menemukan arah yang tepat, tentu mnejadi sebuah hal yang sangat penting dalam sebuah perjalanan. Hal ini bahkan akan sangat menentukan sukses atau tidaknya perjalanan yang akan anda lakukan tersebut, sebab selalu ada kemungkinan untuk tersesat atau bahkan “hilang” jika tidak menguasai arah / tujuan yang akan dituju.

gps mobil

Zaman dahulu, penentuan arah ini banyak dilakukan dengan menggunakan berbagai macam hal, misalnya dengan melihat: petunjuk arah angin, letak bintang atau planet lainnya di langit, dan berbagai hal lainnya yang dianggap sinkron dengan kebutuhan arah tersebut. Namun hal tersebut tentu akan memiliki kemungkinan ketidak akuratan yang cukup tinggi. Atau, bahkan meski perhitungan ini akurat di tangan beberapa orang, tetap saja pengguaannya akan sangat terbatas dan tidak praktis. Jika merujuk kepada perbintangan, maka hal tersebut hanya bisa dilihat di malam hari saja dengan mata telanjang. Sedangkan jika merujuk kepada arah angin, bisa saja terjadi perubahan di luar perkiraan. Hal-hal seperti inilah yang membuat penentuan arah menjadi tidak akurat dan selalu berpotensi untuk memiliki kesalahan dalam penentuannya.

Baca juga: PESONA ALAM NEGERI TETANGGA YANG WAJIB ANDA CICIPI

Kesalahan dalam menentukan arah bisa saja berakibat sangat fatal, bukan hanya membuat tersesat saja, tetapi hal ini juga bisa membuat berbagai macam kecelakaan terjadi. Coba bayangkan, bagaimana jika sebuah pesawat tidak bisa menemukan landasan pacu yang akan digunakan untuk mendarat, bisa jadi sebuah kecelakaan besar akan menimpa pasawat tersebut beserta seluruh penumpang yang berada di dalamnya. Ini hanya sebuah contoh kecil saja, sebab di dalam kehidupan kita ada banyak sekali aktifitas dan juga orang-orang yang membutuhkan petunjuk arah yang akurat.

Namun selama bertahun-tahun belakangan ini, pesatnya perkembangan teknologi dan informasi telah memungkinkan kita untuk menggunakan sebuah peralatan modern yang bisa mangatasi berbagai masalah tersebut. Sistem Global Positioning System atau yang akrab dikenal dengan sebutan GPS adalah sebuah navigasi satelit yang bisa diandalkan dalam memenuhi berbagai informasi terkait dengan posisi / letak suatu objek yang terdapat di permukaan bumi. GPS memungkinkan kita untuk menemukan sesuatu dengan cepat, sebab sinyal ini bisa terhubung dengan mudah dan cukup merata di seluruh bumi ini. Pengguaan GPS yang pada awalnya hanya pada berbagai kebutuhan yang besar saja, saat telah dimungkinkan untuk berbagai kebutuhan yang lebih kecil atau personal, sebab sistem ini bisa dengan mudah digunakan pada berbagai perangkat, seperti smartphone.

Penggunaannya yang luas dan mudah ini tentu menjadi sebuah hal yang mengembirakan, di mana anda sendiri bahkan bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan dan juga aktifitas pribadi anda. GPS bukan lagi hanya sekedar navigasi yang dibutuhkan oleh sekalompok ilmuwan saja, namun ada banyak orang yang memanfaatkan teknologi tersebut sebagai sebuah sistem pendukung di dalam bisnis yang mereka geluti.

Misalnya: penggunaan GPS Mobil yanga ada di dalam sebuah mobil / kendaraan lainnya yang banyak direntalkan (disewakan). Hal ini tentu akan sangat membantu para pebisnis untuk bisa menjalankan bisnisnya dengan lebih aman dan tenang, di mana setiap mobil / kendaraan yang disewakan olehnya akan dipasangi sistem tersebut di dalamnya. Dengan pemasangan GPS tersebut, maka pemilik rental tidak perlu merasa khawatir akan keberadaan mobil miliknya, sebab dia bia memantaunya selama 24 jam penuh melalui sinyal yang terpancar dari mobil tersebut dengan sangat mudah. Jika mobil tersebut dibawa kabur oleh penyewa, maka pemiliknya bisa dengan mudah melacak keberadannya.