Masih ingat pesan “kejahatan muncul bukan karena ada niat dari pelakunya, tapi karena adanya kesempatan. Waspadalah, waspadalah!” pesan tersebut adalah upaya untuk mengingatkan banyak orang selalu waspada agar tidak tertimpa kesialan menjadi korban kejahatan.

Ilustrasi

Ilustrasi

Hingga kapan pun, kejahatan bisa saja terjadi. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan cara berhati-hati. Kejahatan bisa menimpa siapa saja, bahkan rumah sekalipun.

Ada banyak rumah yang kerap menjadi sasaran pencurian. Maka dari itu, kita tidak boleh memancing pencuri untuk mendatangi rumah. Jika perlu, rumah haruslah didesain sedemikian rupa agar nantinya tidak ada pencuri yang dapat masuk.

Ketika membangun rumah, kita haruslah sadar akan apa yang dapat membuat pencuri kesulitan sehingga tidak akan mencuri rumah. dengan begitu, risiko rumah kemalingan juga akan berkurang.

Maka dari itu, ketahuilah tipe rumah yang sering didatangi pencuri berikut. Jangan sampai, rumah Anda menjadi salah satunya.

Memiliki Pagar Tinggi

Banyak rumah dijual di Jakarta Selatan yang dilengkapi dengan pagar-pagar tinggi. Rumah mewah tersebut seakan menjadi model bahwa dengan semakin tinggi pagar yang ada, maka pencuri akan lebih sulit untuk memasuki rumah.

Padahal hal sebaliknya yang akan terjadi. Pencuri akan lebih menyukai rumah dengan pagar tinggi karena biasanya, saat pencuri telah masuk rumah, orang dari luar rumah tidak akan mengetahui apa yang terjadi di dalam rumah. seakan rumah baik-baik saja.

Jika Anda kekeh ingin memiliki rumah dengan pagar tinggi, perhitungkan tinggi pagar dengan seksama. Selain itu, akan lebih baik jika Anda memasang alarm dan CCTV.

Selalu Membuka Pintu

Usahakan untuk menutup pintu rumah Anda. jangan biarkan terus terbuka jika memang sedang tidak ada tamu. Walaupun Anda sudah mengunci pagar, patikan agar pintu rumah tidak juga ikut terbuka. Dengan pintu terbuka pencuri akan lebih mudah untuk masuk ke dalam rumah.

Pencuri dapat masuk ke dalam ruang tamu dan mencuri barang berharga. Jika Anda ingin membiarkan udara masuk dengan pintu terbuka, maka sebaiknya Anda memasang realis pintu.

Rumah Kosong Siang Hari

Pencurian tidaklah selalu terjadi di malam hari. Hal ini juga bisa terjadi di siang hari. Biasanya, pencuri bisa mengincar rumah yang biasa ditinggalkan penghuninya. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur agar selalu ada orang di rumah. tidak hanya itu, sebaiknya Anda mengatur penjadwalan lampu agar dapat mati dan nyala secara otomatis.