Memaksimalkan fungsi adalah salah satu solusi menghadapi keterbatasan ruang dalam rumah minimalis. Yah, banyak sekali furniture yang bisa kita maksimalkan fungsinya apalagi sekarang sudah banyak referensi desain yang menarik dan unik dalam mengolah furniture.

Ilustrasi

Ilustrasi

 

Jika sebelumnya furniture dan tips dekorasi rumah minimalis terasa membosankan karena konvensional atau terjebak pada pola-pola lama tetapi kini sudah banyak yang berani mengubah paradigma tersebut. Desain konvensional seolah sudah ketinggalan jaman. Bisa jadi hal ini sangat wajar karena pada jaman dahulu, ketersediaan ruang begitu memadai. Jaman orang tua kita membangun rumah dijual di bandung berbeda dengan jaman sekarang ketika kita membangun rumah minimalis. Dari namanya saja sudah jelas, minimalis berarti sangat minim tetapi tetap artistik. Minimum dalam arti ruang ketersediaan rumah terbatas dan semakin hari harga tanah semakin tinggi.

Desain konvensional jaman dahulu misalnya terlihat dalam dekorasi di dalam ruang kamar tidur anak. Awalnya begitu luas sebuah ruangan kamar tidur untuk anak. Belakangan di rumah-rumah dengan desain minimalis, ruang kamar tidur semakin terbatas. Alhasil beberapa desainer memberikan saran yang menarik dalam penataan dekorasi interior kamar tidur anak.

Ranjang tempat tidur yang awalnya hanya berdiri sendiri untuk seorang anak, jika ada anak lain seperti adik atau kakaknya, maka ranjang kamar tidur tidak akan mencukupi jika hanya mengikuti desain konvensional. Hadirlah desain-desain tempat tidur yang bisa berfungsi maksimal. Desain yang maksimal ini misalnya dibuat menjadi dua tingkat serta di kolong atau di bagian sisi atau pinggir dibuat untuk lemari dan rak untuk menyimpan mainan atau buku. Di sisi yang lain juga ada contoh desain yang menarik dengan menambahkan tempat belajar. Kreativitas ini sangat menarik karena dari satu furniture untuk kamar tidur anak, penghuni mendapatkan banyak fungsi. Ranjang tempat tidur bisa digunakan menjadi dua orang anak, lemari bisa menjadi tempat menyimpan pakaian anak, rak di bagian bawah berfungsi sebagai penyimpanan buku, dan tempat belajar anak yang bersatu di bagian lainnya. Tantangan selanjutnya adalah mencari tukang yang mampu menerjemahkan desain ini. Ada beberapa tukang kayu yang mampu dengan baik mengeksekusi tetapi ada juga yang masih kesulitan dan membutuhkan arahan yang tepat dari kita. Untuk itu, cermatlah dalam memilih tukang agar keinginan memaksimalkan ruang dan fungsi kamar tidur anak bisa terwujud.