Setiap rumah tangga mungkin ada yang tidak memiliki kamar mandi di dalam tempat tinggalnya. Namun, sangat jarang kita menemui keluarga tanpa ruang tamu dalam rumah minimalis. Ide membuat ruang tamu di luar rumah adalah ide yang memerlukan perhitungan. Mengingat suasana luar rumah tidak begitu terlindungi dari cuaca ekstrim.
Ruang tamu adalah ruangan khusus perjamuan tamu.
Di ruang inilah tamu yang baru dikenal atau belum akrab biasanya akan menghabiskan waktu kunjungan. Ruangan ini pula yang memberikan petunjuk kepada tamu tentang bagaiman kepribadian si pemilik rumah. Jadi, Anda harus merawat setiap hiasan di sini. Kalau perlu tampilkan suasan tertentu sebagaimana konsep ruangan lainnya. Salah satu konsep ruang tamu yang sedang banyak dipakai adalah ruang tamu modern. Berikut cara menghadirkan suasana modern di ruang tamu kita.
Pilihan Hiasan
Suasana modern akan hadir jika barang-barang di ruang tamu adalah barang modern. Tidak harus kita selalu update hiasan terbaru yang sedang ngetrend. Coba pilih saja aksesoris ruangan yang warnanya terkesan modern. Biasanya hiasan ini memiliki warna keperakan, keemasan, mengkilap, elegan, hitam serta putih bersih.
Sinar
Coba tambahkan lampu dinding di samping atas hiasan Anda yang berada di ruang tamu. Lampu dinding akan memperkuat keberadaan hiasan yang ada di sekitarnya. Ide ini akan menghadirkan kesan modern yang tersebar ke seluruh barang yang terkena pantulan sinar.
Dekorasi
Dekorasi meliputi interior ruangan seperti warna dan beberapa benda khas. Untuk warnanya, kebanyakan rumah modern memakai cat hitam, abu-abu serta putih. Dindingnya bersih tanpa sentuhan apapun. Hanya saja kita akan menambahkan beberapa barang bersifat abstrak semacam lukisan atau jam gaya abstrak. Gaya abstrak merupakan salah satu gaya yang sedang ngehits, dengannya ruang tamu kita akan semakin tampak kekinian.
Lantai
Jangan biarkan lantai anda beralaskan tanah atau hanya diplester saja. Tambahkan marmer atau keramik untuk menutupi lantai. Bila anda ingin ada suasana yang lebih hangat, masukkan juga karpet sebagai pelapis marmer atau keramik tersebut.