Menyewa apartemen saat ini menjadi pilihan utama bagi banyak orang yang ingin punya hunian nyaman dengan harga cukup murah. Namun untuk mendapatkan rumah akan sangat sulit jika tidak mengtahui cara yang benar. Tidak peduli anda baru pertama kali menyewa maupun yang sudah terbiasa menyewa pasti akan dihadapkan dengan beragam kesulitan dan karena itu, berikut beberapa tips sewa rumah dijual di Jakarta yang bisa dilakukan dengan cara pintar.

 

1.Menawar dengan lebih rendah

Sebagian dari aparteme yang disewakan memang sudah tidak dapat ditawar lagi, namun tidak sedikit yang bisa ditawar melalui negosiasi dengan para pemilik yang bersedia. Tidak mudah memang dalam melakukan negosiasi dan terkadang akhirna tidak bisa mengurangi biaya, namun anda bisa meminta pengurangan fasilitas agar biaya dapat berkurang. Dan terkadang pemilik siap untuk menekan harga yang dia pasang untuk menerima penewa yang siap tinggal dalam waktu lama.

2.Mensurvei penghuni sekitar

Tips sewa rumah yang pintar berikutnya yakni dengan mencari tahu keadaan rumah melalui survei singkat kepada penghuni sekitar. Melalui percakapan singkat dengan penghuni sekitar anda setidaknya bisa mencari tahu seperti apa keadaan dari apartemen yang dihuni.

3.Pahami perjanjian sewa

Hal ini mutlak harus dipahami sebelum memutuskan menyewa karena hal tersebut merupakan bukti otentik dalam transaksi anda. Maka dari itu anda harus memahami dengan baik isi dari perjanjian tersebut dan memastikan jika ada hal yang dirasa tidak sesuai kesepakatan.

 

4.Buat dokumentasi

Untuk dokumentasi pasti telah dilakukan sang pemilik, tapi memang tidak ada yang salah dengan membuat juga dokumentasi untuk keperluan kedepannya. Cermati keadaan rumah dan foto keadaannya seperti kerusakan maupun hal lain yang dapat membantu anda tinggal dengan nyaman.

 

5.Memahami hak yang dimilik

Setiap orang pasti mempunyai hak dan dalam menyewa pun anda punya hak tersendiri, namun tentu ada batasan yang wajib diketahui. Dan juga pahami sedikit tentang hukum yang berlaku jika memang terjadi sebuah masalah hukum karena anda melewati hak anda dan membuat kerusakan pada rumah.
Sekian beberapa tips sewa rumah yang bisa diterapkan dengan cara pintar agar mendapatkan rumah yang sesuai kebutuhan.