Mengeringkan pakaian di dalam kamar kost adalah hal yang pasti akan dialami oleh anak kost. Meski pemilik kost menyediakan tempat jemuran, namun dengan banyaknya penghuni kost, sering terjadi tempat jemuran penuh sehingga kamu gak kebagian tempat buat jemur baju basah, apalagi pas musim penghujan. Idealnya, baju memang dijemur di luar ruangan dan harus terkena sinar matahari. Tapi, di tempat terbatas seperti rumah kost, mau gak mau kamu harus mencari cara agar baju basah kamu tetap kering meski dijemur di dalam kamar kost saja. Nah, tips mengeringkan pakaian di dalam kamar kost ini bisa membantumu saat tempat jemuran di kost sudah penuh.

mamikos

 

Keringkan Menggunakan Kipas Angin

Kipas angin bisa menjadi dewa penolong kamu untuk mengeringkan pakaian. Anak-anak kost biasanya pasti punya kipas angin untuk melawan rasa gerah di dalam kamar kost. Kipas angin ini bisa digunakan untuk membantu mempercepat proses pengeringan pakaian. Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah memeras pakaian basah hingga sekering mungkin. Setelah itu, gantung pakaian dengan hanger dan gantungkan pada pintu atau paku di tembok. Nyalakan kipas angin dan arahkan ke baju yang sedang digantung. Kalau kamu takut air dari baju basah menetes ke lantai, alasi lantai di bawah baju basah dengan plastik atau terpal. Jika baju yang dikeringkan lebih dari satu, perhatikan jarak tiap-tiap pakaian. Jangan diletakkan saling berdekatan dan bertumpuk.

Keringkan dengan Hairdryer

Hair dryer atau pengering rambut jelas fungsi utamanya adalah untuk mengeringkan rambut. Namun, di tangan anak kost, fungsi alat ini bisa berubah menjadi mesin pengering pakaian dadakan. Apalagi di tangan anak-anak kos Jakarta Barat yang notabenenya adalah daerah padat dan jarang ada tempat kost dengan area jemuran luas. Bagaimana caranya menggunakan hair dryer sebagai pengering pakaian? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeras pakaian sekering meungkin. Setelah itu, bentangkan pakaian menggunakan hanger dan gunakan hair dryer untuk mengeringkan baju. Arahkan hair dryer secara merata ke seluruh bagian baju termasuk pada lipatan saku dan kerah yang pasti lebih tebal.

Keringkan dengan Setrika

Cara yang terakhir ini merupakan cara paling klasik yang sudah cukup lama dilakukan oleh anak-anak kost yang harus mengeringkan pakaian di dalam kamar. Setrika memang ampuh menghasilkan panas dan mengeringkan cucian. Namun, mengeringkan pakaian dengan setrika cukup riskan, jadi harus dilakukan secara hati-hati. Cara paling aman adalah dengan mengeringkan pakaian terlebih dahulu dengan cara diperas. Jadi, saat disetrika, pakaian sudah tak begitu basah kena air. Setelah pakaian lembab, bukan basah lagi, setrika pakaian tersebut hingga kering. Pada bagian pakaian yang lebih tebal, tekan dengan setrika lebih lama agar air lebih cepat menguap dan pakaian akan lebih cepat kering. Metode ini beresiko membuat pakaian apek. Karenanya, gunakan pengharum pakaian atau softener dengan jumlah yang lebih banyak saat bilasan terakhir.

Itulah beberapa cara unik yang bisa kamu lakukan untuk mengeringkan pakaian di dalam kamar kost. Kalau memang kamu lebih sreg untuk mengeringkan pakaian di tempat jemuran, coba cari info kost Jakarta yang memiliki fasilitas tempat menjemur yang luas. Walau di Jakarta termasuk kawasan padat penduduk, tapi masih banyak kok tempat kost yang menyediakan tempat jemuran yang banyak jumlahnya dan cukup luas untuk semua penghuni kost.