Olahraga lari merupakan salah satu aktivitas yang paling mudah dan murah buat dilakukan setiap hari. Rutinitas lari sangat cocok untuk dilakukan sendiri maupun bersama teman atau keluarga. Tidak heran kalau banyak orang yang memilih olahraga atletik ini sebagai sebuah rutinitas yang menyenangkan. Masalahnya, hanya perlu modal niat dan sepatu yang nyaman, kamu sudah bisa mulai lari sebagai rutinitas. Nah, buat kamu yang masih angin-anginan buat menjadikan lari sebagai rutinitas, cobalah beberapa tips menyenangkan ini.

ed9af172-f64c-480e-9f31-e50dadb2287c

1. Lari Bareng Teman
Sudah niat mau mulai rutinitas lari pagi, tapi malasnya enggak ada obat, deh. Ya, itu sih, kamu saja yang beralasan. Tidak ada salahnya loh, cari partner untuk lari bareng walaupun kamu mungkin lebih suka lari sendiri. Ya, untuk memulai saja sih, setidaknya kamu punya orang yang bakal memaksa kamu untuk beranjak ambil sepatu dan memulai lagi rutinitas larimu. Nantinya, kalau sudah merasa tidak perlu dipaksa, toh kamu bisa mulai lari sendiri dengan ritme dan jadwal lari yang lebih kamu sukai.
2. Mengobrol Sambil Lari
Kamu enggak harus diem-dieman sama temanmu saat lari bareng, loh. Soalnya, lari sambil mengobrol bisa membantu kamu agar tidak mengalami burnout. Selain itu, mengobrol saat lari juga membantu menghilangkan tekanan untuk mengatur kecepatan tertentu. Obrolan asyik soal liburan dan cara hunting tiket terlengkap, terupdate, dan lebih seru dengan Traveloka bisa jadi topik ringan yang kamu bahas. Tanpa terasa, bisa saja kamu sudah lari lima kilometer.
3. Senyum dan Capai Target Larimu
Kalau ternyata asyik juga lari bareng teman, cobalah untuk mulai menentukan target lari yang lebih tinggi. Ya, bukan maksudnya ambisius, tapi sesekali membuat target lari dengan ikut beberapa kompetisi tidak ada salahnya kok. Nah, kalau baru pertama kali, pasti rasanya masih sulit, tipsnya sih, senyumin aja. Kalau sudah merasa capek, katanya senyum bisa membawa dampak psikologis yang positif untuk tubuh. Setidaknya, bisa mengurangi tekanan untuk mencapai garis finish.
4. Temukan Tempat Nyaman untuk Lari
Memilih tempat lari yang nyaman juga bisa mempengaruhi mood kamu, loh. Bayangkan saja lari di kompleks, tapi jalanannya kotor dan berlubang. Belum lagi kalau larinya habis hujan, paling malas kalau harus lari sambil menghindari genangan air. Syukur-syukur tidak ada mobil yang lewat dan bikin kamu kecipratan air. Nah, makanya tempat lari yang nyaman juga penting untuk bisa menjadikan rutinitas lari kamu lebih mudah untuk dilakukan.
5. Daftar Kompetisi Lari (Fun Run)
Tidak ada salahnya kok, daftar kompetisi lari atau fun run meskipun kamu pemula. Lagian, kalau kamu tidak kuat dan malah cuma bisa jalan cepat setengah perjalanan, tidak akan diusir dan dijadikan bulan-bulanan. Kamu ‘kan hanya mencoba, jadi tidak masalah kalau gagal. Ikut kompetisi lari juga bisa jadi tolok ukur sejauh apa ketahanan tubuh kamu ketimbang pelari yang lain. Ya, syukur-syukur bisa termotivasi.
Kira-kira tips mana yang menurut kamu paling menyenangkan? Kamu bisa mencoba beberapa tips tadi secara bergantian dan lihat mana yang paling efektif dan menyenangkan untuk kamu lakukan.